Sukses


10 Favorit Peraih Ballon d’Or 2022 Setelah Kandidat Diumumkan: Karim Benzema Terdepan

Bola.com, Jakarta - France Football telah merilis daftar 30 besar pemain calon peraih Ballon d'Or 2022. Lionel Messi tak ada dalam daftar kandidat peraih penghargaan tersebut.

Ballon d'Or edisi ke-66 tahun ini rencananya bakal dilangsungkan lebih awal dari jadwal biasanya. Ajang malam penghargaan akan dilangsungkan di bulan Oktober, sebelum Piala Dunia 2022.

Ballon d'Or adalah trofi individu paling bergengsi di level dunia. Penghargaan ini diberikan untuk pemain dengan performa terbaik sepanjang musim 2021/22.

Penilaian tersebut mengalami sedikit perubahan. Sebelumnya, performa pemain dinilai sepanjang tahun kalender, kini dinilai berdasarkan musim sebelumnya.

2 dari 5 halaman

Benzema Favorit

Dilansir dari Squawka, striker kawakan Real Madrid, Karim Benzema menjadi favorit untuk menyabet penghargaan Ballon d’Or edisi tahun ini. Sebab pemain berusia 35 tahun tersebut tampil memukau sepanjang musim lalu.

Usia bukanlah persoalan besar bagi Benzema. Ia masih sangat produktif dalam urusan mencetak gol. Benzema juga mempersembahkan gelar double winners musim lalu untuk El Real, yaitu La Liga dan Liga Champions.

Benzema menjadi topskorer La Liga dan Liga Champions. Benzema bisa mengikuti jejak Zinedine Zidane meraih Ballon d’Or pada tahun 1998.

3 dari 5 halaman

Siapa Penerus George Weah?

Hal yang cukup menarik dalam bursa pemenang Ballon d’Or kali ini adalah wakil dari Benua Afrika yang punya peluang besar. Tentu tertuju pada sosok Mohamed Salah dan Sadio Mane yang menjadi kunci kesuksesan Liverpool.

Keduanya punya kans mengikuti jejak George Weah, pemain asal Afrika yang meraih trofi Ballon d’Or pada tahun 1995 bersama AC Milan. Weah menjadi pemain Afrika pertama yang meraih penghargaan bergengsi itu,

Sementara Mohamed Salah dan Sadio Mane, keduanya memainkan peran penting dalam dorongan empat kali lipat Liverpool yang belum pernah terjadi sebelumnya, berharap untuk mengikuti jejak Weah dan menjadi pemenang kedua dari Benua Afrika.

4 dari 5 halaman

Daftar Kandidat

Cara kerja pemilihan juara Ballon d'Or sama seperti tahun-tahun sebelumnya, dimulai dari daftar panjang dan terus mengerucut hingga tiga besar. 

Berikut daftar 30 kandidat: 

Thibaut Courtois (Real Madird)

Mohamed Salah (Liverpool)

Rafael Leao (AC Milan)

Christopher Nkunku (RB Leipzig)

Joshua Kimmich (Bayern Munich)

Trent Alexander-Arnold (Liverpool)

Vinicius Jr (Real Madrid)

Bernardo Silva (Manchester City)

Luis Diaz (Liverpool)

Robert Lewandowski (Barcelona)

Riyad Mahrez (Manchester City)

Casemiro (Real Madrid)

Heung-Min Son (Tottenham)

Fabinho (Liverpool)

Karim Benzema (Real Madrid)

Mike Maignan (AC Milan)

Harry Kane (Tottenham)

Darwin Nunez (Liverpool)

Phil Foden (Manchester City)

Sadio Mane (Bayern Munich)

Sebastien Haller (Borussia Dortmund)

Luka Modric (Real Madrid)

Antonio Rudiger (Real Madrid)

Cristiano Ronaldo (Manchester United)

Kevin de Bruyne (Manchester City)

Dusan Vlahovic (Juventus)

Virgil van Dijk (Liverpool)

Joao Cancelo (Manchester City)

Erling Haaland (Manchester City)

Kylian Mbappe (PSG)

 

Menariknya, tidak ada nama Lionel Messi dan Neymar dalam daftar tersebut. Pertama kalinya sejak tahun 2005, Messi gagal menembus 30 besar calon peraih Ballon d'Or.

5 dari 5 halaman

Kapan Diumumkan?

Seremoni Ballon d'Or 2022 bakal dilangsungkan di Theatre du Chatelet, Paris, 17 Oktober 2022. Belum ada keterangan pasti mengenai jam seremoni dimulai. Tentu bukan hanya juara Ballon d'Or yang menarik diperhatikan.

France Football juga menerapkan kategori-kategori lain, seperti Kopa Trophy (pemain terbaik U-21) dan Yashin Trophy (kiper terbaik). Pada edisi 2021, Messi meraih Ballon d'Or, Pedri meraih Kopa Trophy, dan Gianluigi Donnarumma meraih Yashin Trophy. 

Sumber: Squawka

Video Populer

Foto Populer