Sukses


Rekap Transfer Musim Panas 2022: Wow! Liga Inggris Royal Banget, Unggul 3 Kali Lipat dibanding Liga Italia

Bola.com, Jakarta - Liga Inggris memecahkan rekor pengeluaran untuk pembelian pemain di musim panas-panas. Klub-klub Liga Inggris total merogoh kocek hingga 2,2 miliar euro (Rp32,7 triliun) untuk memboyong pemain anyar.

Nominal itu jauh lebih besar daripada yang dihabiskan klub-klub Liga Inggris dibandingkan pada musim panas 2022. Tahun lalu, total belanja klub Premier League hanya mencapai 1,67 miliar euro atau setara 23,8 triliun. 

Jika dibandingkan dengan liga-liga top lainnya, Liga Inggris benar-benar tidak ada lawan. Bahkan, jika anggaran belanja tiga liga top Eropa lain digabungkan, nilainya masih kalah dari Liga Inggris. Wow! 

Berapa total belanja liga-liga top Eropa lainnya setelah Liga Inggris

 

2 dari 5 halaman

Perincian Nominal Belanja Tiap Liga

Liga Italia, Ligue 1 Prancis, dan Liga Spanyol adalah tiga pembelanja terbesar berikutnya. Bundesliga berada di peringkat kelima.

Klub-klub Italia total menghamburkan 742,2 juta euro (setara Rp11 miliar) di musim panas 2022. Brikutnya ada Ligue 1 senilai 558 juta euro (Rp8,3 triliun) dan Liga Spanyol sebesar 505,7 juta euro (Rp7,52).  

Klub-klub Bundesliga Jerman juga tidak terlalu royal berbelanja pemain. Mereka merogoh kocek senilai 484,1 juta euro (Rp7,2 triliun). 

 

3 dari 5 halaman

Chelsea Paling Royal

Chelsea menjadi klub paling boros di bursa transfer musim panas 2022. Setelah memastikan pembelian Pierre-Emerick Aubameyang dari Barcelona, Chelsea total berbelanja hampir mencapai 300 juta euro (Rp4,4 triliun). 

Penghuni posisi kedua adalah Barcelona, meskipun klub tersebut sedang terbelit persoalan finansial. Barca memakai segala cara supaya bisa berbelanja, termasuk memboyong Robert Lewandowski dari Bayern Munchen. 

Yang mengejutkan, posisi ketiga ditempati klub Liga Inggris, Nottingham Forest. Mereka memboyong lebih dari 20 pemain supaya bisa merangsek ke papan atas Premier League.  

 

4 dari 5 halaman

Siapa Pemain Termahal?

Pemain termahal lagi-lagi muncul dari Liga Inggris. Status tersebut menjadi milik Antony, yang direkrut Manchester United dari Ajax. 

MU menghabiskan 99,3 juta euro (Rp1,47 triliun) untuk menyegel tanda tangan winger berkebangsaan Brasil tersebut. Dia akan menjadi andalan Erik ten Hag di lini depan. 

Posisi kedua di kategori ini ditempati pemain anyar Liverpool, Darwin Nunez. The Reds menggelontorkan total 98,6 juta euro (Rp1,45 triliun) untuk memboyongnya ke Anfield. 

Sumber: The Sun, Transfermarkt

 

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer