Sukses


Juventus Posisi 24, Bayern Munchen Kandidat Terkuat Juara Liga Champions

Bola.com, Jakarta - Bayern Munchen menjadi favorit untuk mengangkat trofi Liga Champions pada akhir musim 2022/2023 berdasarkan data Soccer Power Index (SPI) versi FiveThirtyEight. Juventus berada di posisi ke-24 dari 32 peserta.

Sebagian besar rumah judi di Eropa memprediksi bahwa Man City bakal mengangkat trofi Liga Champions untuk kali pertama dalam sejarah mereka.

Menggunakan sejumlah perhitungan metrik, termasuk Soccer Power Index (SPI), FiveThirtyEight mengklasifikasi siapa yang bakal meraih juara Liga Champions musim ini.

Peringkat SPI, yang membuat peringkatdengan cara yang sama seperti FIFA yang melakukannya berdasarkan sejarah, menempatkan Bayern Munchen sebagai tim terbaik di benua itu dengan peringkat 93,3. Man City datang tepat setelah mereka diberi peringkat 92,3, sedangkan Juventus di posisi ke-24.

2 dari 5 halaman

Hitung-hitungan

FiveThirtyEight melakukan analisis statistik tentang berapa banyak gol yang diharapkan akan dicetak (expected goals) dan berapa banyak akan kebobolan dari tim-tim peserta Liga Champions 2022/2023.

Man City, menurut data, diperkirakan akan mencetak tiga gol dalam satu pertandingan melawan lawan rata-rata, total hanya diungguli oleh Bayern Munchen dan PSG. Sementara mereka diperkirakan akan kebobolan paling sedikit, rata-rata 0,3.

Data mencetak gol dan pertahanan itu kemudian dibuat ke dalam indeks SPI, yang menurut para analis data memberikan 'perkiraan terbaik dari kekuatan keseluruhan tim'.

3 dari 5 halaman

Real Madrid dan Barcelona

Barcelona, di sisi lain, tak masuk lima besar tim dengan peluang juara Liga Champions terbaik. Mereka berada di posisi enam, satu tingkat di bawah Real Madrid.

Ajax Amsterdam, menariknya, berada di tangga ke-7, disusul Tottenham Hotspur, dan Chelsea.

 

4 dari 5 halaman

AC Milan dan Inter Milan

AC Milan dan Inter Milan berada masing-masing di posisi 14 dan 15. Napoli jadi tim Liga Italia lainnya yang masuk 20 besar.

Sementara itu, Juventus berada di posisi ke-24, di bawah Bayer Leverkusen, Marseille, dan Eintracht Frankfurt.

Maccabi Haifa jadi tim paling tidak difavoritkan juara dengan SPI hanya 45,4 poin saja.

5 dari 5 halaman

10 Besar Kandidat Juara Liga Champions

  1. Bayern Munchen
  2. Man City
  3. PSG
  4. Liverpool
  5. Real Madrid
  6. Barcelona
  7. Ajax
  8. Tottenham
  9. Chelsea
  10. RB Leipzig

Video Populer

Foto Populer