Sukses


8 Klub Bernilai Termahal di Dunia: Real Madrid Teratas, MU Masih Superior di Inggris

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) masih menjadi klub Liga Inggris yang paling bernilai termahal di dunia, meskipun mengalami pasang surut dalam beberapa tahun terakhir. Namun, dalam daftar ini MU masih kalah superior dari dua klub raksasa Liga Spanyol, Real Madrid dan Barcelona. 

Pemilik MU, keluarga Glazers, mendulang uang dari MU sekitar 1,1 juta miliar pounds (Rp18,9 triliun) sejak membeli klub pada 2015. Namun, mereka tidak mengeluarkan uang sama sekali dari kantong pribadi dalam lebih dari 10 tahun terakhir. 

Kebijakan itu berpengaruh pada penurunan performa Setan Merah sejak 2013, alias selepas Sir Alex Ferguson pensiun. MU puasa gelar Liga Inggris hingga sekarang, bahkan tidak rutin lolos ke Liga Champions. 

Meskipun begitu, Manchester United masih menjadi salah satu merek olahraga terkuat di dunia, khususnya di kancah sepak bola. Melalui studi yang dilakukan Forbes, MU diperkirakan bernilai 4 juta miliar pounds (Rp68,9 triliun). 

Namun, nilai MU memang masih kalah dari Real Madrid dan Barcelona. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Posisi MU

Jika dibandingkan secara umum, MU juga masih masuk 20 besar tim olahraga bernilai tertinggi. Red Devils tepatnya berada di peringkat ke-19. Tetapi, jika untuk kategori sepak bola, MU di posisi ketiga. 

Real Madrid kukuh di posisi pertama klub sepak bola bernilai termahal versi Forbes. Los Blancos bernilai 4,5 miliar pounds (Rp77,5 triliun). 

Rival mereka di La Liga, Barcelona, masih kuat di peringkat kedua meskipun didera berbagai masalah ekonomi. Blaugrana bernilai 4,4 miliar pounds (Rp75,8 triliun).  

 

3 dari 5 halaman

Liverpool Membuntuti

Liverpool membuntuti di peringkat keempat. Sama seperti MU, klub ini juga dimiliki pengusaha asal Amerika Serikat. John W Henry membeli Liverpool sejak 2010. 

Bedanya, The Reds malah melimpah prestasi dalam lima tahun terakhir. Bukan hanya juara Liga Inggris, The Reds juga mencicipi trofi Liga Champions dalam periode tersebut. 

Total ada empat klub Liga Inggris yang masuk daftar delapan klub sepak bola paling bernilai di dunia versi Forbes tersebut.  

 

4 dari 5 halaman

Daftar 8 Klub Paling Bernilai di Dunia

  • 1. Real Madrid: 4,5 miliar pounds 
  • 2. Barcelona: 4,4 miliar pounds
  • 3. Manchester United: 4 miliar pounds 
  • 4. Liverpool: 3,9 miliar pounds 
  • 5. Bayern Munchen: 3,75 miliar pounds 
  • 6. Manchester City: 3,72 miliar pounds 
  • 7. PSG: 2,8 miliar pounds
  • 8. Chelsea: 2,7 miliar pounds 

Sumber: Forbes, The Sun 

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Real Madrid dan Barcelona

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • SportBites

Video Populer

Foto Populer