Sukses


Bergabung dengan PSG, Lionel Messi Tak Lagi Sama Seperti di Barcelona

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi menjalani karier yang tidak secemerlang ketika berseragam Barcelona sejak pindah ke Paris Saint-Germain (PSG). Hal itu diakui mantan winger Barcelona dan PSG, Ludovic Giuly. Namun, Giuly yakin hal tersebut bukan penyebab Messi tampil buruk musim lalu.

Lionel Messi bergabung bersama PSG pada musim lalu. Itu menjadi kali pertama bagi pemain asal Argentina itu bergabung dengan klub selain Barcelona yang sudah dibelanya sejak 2000.

Sayangnya, Lionel Messi tidak tampil sesuai harapan di PSG. Ia gagal mempertontonkan keahliannya dalam mencetak banyak gol. Musim lalu, Messi cuma bisa mencetak 11 gol di semua kompetisi. Tak heran jika kemudian ada yang mengklaim Messi sudah habis.

 
2 dari 4 halaman

Pembelaan Giuly Terhadap Messi

Ludovic Giuly kemudian memberikan pembelaan kepada Lionel Messi. Ia mengatakan wajar jika Messi mengalami penurunan performa dan tak bisa tampil tajam di PSG.

Pasalnya, ia memang harus beradaptasi dulu dengan lingkungan barunya. Hal semacam itu juga terjadi terhadap pemain lain yang pindah ke klub baru.

"Saya selalu tahu musim lalu akan rumit baginya. Ketika Anda adalah raja dunia di sebuah klub, dan Anda tiba dalam semalam di negara baru dan di kejuaraan lain, itu tidak pernah mudah, bahkan jika Anda adalah pemain terbaik di dunia," ujar Giuly pada La Parisien.

3 dari 4 halaman

Optimistis Bakal Gacor

Ludovic Giuly juga mengaku yakin Lionel Messi bakal bisa bangkit pada tahun keduanya. Pasalnya pemain seperti Messi pasti selalu melakukan introspeksi diri.

"Butuh waktu untuk menyerap perubahan, dan kami melihat bahwa tahun pertamanya rumit. Namun, saya yakin bahwa musim keduanya akan bagus karena para pemain hebat selalu mempertanyakan diri mereka sendiri; itulah yang ia lakukan," cetus Giuly.

Messi sendiri memang sudah terlihat bangkit pada musim 2022/2023 ini. Sekarang ia sudah mengemas enam gol dari 11 laga dan juga delapan assist bagi PSG.

 

4 dari 4 halaman

Bukan Pemain yang Sama

Lionel Messi sekarang sudah berusia 35 tahun. Tentu saja kelincahannya sudah berkurang. Ludovic Giuly pun mengakui hal tersebut.

Namun, ia menegaskan bukan itu alasan performa Messi di PSG menurun musim lalu. Ia yakin La Pulga tetap pemain yang berkelas.

“Tentu bukan lagi Messi yang sama, tapi kualitasnya tetap ada. Tetap ada 'Leo', sosok yang bisa mengubah pertandingan. Kecerdasannya hari ini adalah untuk dapat menentukan sebaliknya,” ujar Giuly.

“Karena ia sedikit kurang dalam hal penyelesaian akhir, ia sekarang berada di posisi umpan terakhir. Ia menunjukkan kepada semua orang bahwa Anda masih bisa berkembang dan mengubah cara Anda bermain, bahkan pada usia 35 tahun. Ia contoh yang baik untuk semua pemain, tua dan muda," serunya.

Sumber: Les Parisien

Disadur dari: Bola.net (Dimas Ardi Prasetya, published 19/9/2022)

 

Video Populer

Foto Populer