Sukses


Kemenangan Brasil atas Tunisia Diwarnai Aksi Pelemparan Pisang oleh Suporter

Bola.com, Jakarta - Brasil menghajar Tunisia dengan skor telak 5-1 dalam duel uji coba internasional di Stadion Parc des Princes, Rabu (28/9/2022) dini hari WIB. Sayang, pada laga tersebut, ada insiden rasialisme yang menimpa Richarlison tatkala ia dilempari pisang oleh oknum suporter.

Meski kalah dengan skor telak, Tunisia sebenarnya mampu memberikan perlawanan tangguh di babak pertama. Hanya memang Brasil terlalu kuat hingga akhirnya membalas dengan empat gol.

Kali ini pesta lima gol Brasil datang dari aksi Raphinha (11', 40'), Richarlison (19'), Neymar (29'), dan Pedro (74'). Tunisia mendapatkan satu gol hiburan dari aksi Montassar Talbi (18').

Lini serang Brasil tampil luar biasa di laga ini. Pergantian pemain tidak mengurangi ancaman-ancaman di kotak penalti lawan.

2 dari 5 halaman

Aksi Rasialisme

Laga diwarnai oleh aksi rasialisme. Sebuah pisang dilemparkan dari kerumunan ke pemain Brasil yang merayakan gol dalam pertandingan persahabatan melawan Tunisia.

Pemain depan Tottenham Hotspur Richarlison, yang berkulit hitam, baru saja mencetak gol kedua tim dalam kemenangan 5-1 di Parc des Princes ketika pisang dilemparkan ke arahnya dan pemain Brasil lainnya saat merayakan gol tersebut.

Selain itu, ada juga botol yang dilemparkan dari tribune suporter.

3 dari 5 halaman

Kampanye Antirasialisme

Ironisnya, Brasil sebetulnya memanfaatkan pertandingan tersebut untuk membuat pernyataan menentang rasialisme.

"Tanpa pemain kulit hitam kami, kami tidak akan memiliki bintang di baju kami," merujuk pada lima bintang di atas lambang tim yang mewakili lima gelar Piala Dunia mereka.

4 dari 5 halaman

Respons Federasi Brasil

Federasi sepak bola Brasil mengutuk insiden itu dan memperkuat pendiriannya untuk melawan rasialisme, sementara presiden federasi mengatakan dia terkejut dengan apa yang terjadi.

"Hukuman untuk tindakan ini perlu lebih berat," kata Ednaldo Rodrigues.

5 dari 5 halaman

Belum Tertangkap

Menurut media Brasil, petugas keamanan stadion tidak berhasil mengidentifikasi orang yang melemparkan pisang ke lapangan.

Pertandingan juga sempat dihentikan sebentar dalam dua kesempatan karena penonton dimohon untuk tidak mengarahkan laser ke pemain Brasil.

Pertandingan tersebut merupakan pemanasan terakhir Brasil sebelum menuju Qatar untuk Piala Dunia, di mana mereka akan menghadapi Serbia, Kamerun dan Swiss dalam pertandingan Grup G.

Maroko Lolos 16 Besar, Suporter Euforia di Stadion Al Thumama

Video Populer

Foto Populer