Sukses


Polah Terbaik Fans Tim Sepak Bola Eropa dan Amerika Selatan : Siapa Bisa Ngalahin Klub Liga 1 ?

Bola.com, Jakarta - Sepak bola tanpa suporter ibarat sayur tanpa garam. Keduanya tak bisa dipisahkan. Itulah mengapa, suporter disebut juga sebagai pemain ke-12. Artinya, kehadiran fans di stadion terkadang sangat menentukan hasil akhir bagi tim kesayangan.

Bahkan, untuk memberikan dukungan fans rela merogoh kocek sendiri untuk mengawal timnya bertanding ke luar kota atau ke luar negeri. Pada Piala Dunia 2022 misalnya, ribuan pendukung dipastikan menyambangi Qatar guna melihat langsung timnya bertanding.

Bicara soal suporter, di bawah ini ada lima yang masuk kategori terbaik. Itu dilihat dari atmosfer di stadion, dukungan tanpa batas, serta kesetiaan.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Bayern Munchen

Raksasa Jerman ini memiliki fans yang sangat loyal. Setiap kali tim kesayangan melakoni laga kandang, stadion pasti membludak.

Allianz Arena melaporkan kehadiran rata-rata 71.000 penggemar menempati urutan keempat dalam volume tertinggi di Eropa dan terbaik kedua di Jerman, di belakang Borussia Dortmund. Angka ini hampir 90 persen dari kapasitas berdiri penuh 80 ribu.

 

3 dari 7 halaman

River Plate & Boca Juniors

Meskipun klub-klub ini tidak terlalu dikenal luas di luar kancah sepak bola Amerika Selatan, ultras yang mendukung kedua klub telah membuat mereka terkenal. Hal itu berlatar eksploitasi, aktivisme, dan dukungan gila dari basis penggemar mereka.

Derbi Buenos Aires adalah satu di antara persaingan paling keras serta memiliki sejarah kekerasan dari kedua belah pihak. Pendukung berduyun-duyun ke stadion yang penuh sesak untuk semua pertandingan kandang.

Estadio Monumental, yang telah menjadi stadion kandang River Plate selama 78 tahun terakhir, memiliki rata-rata jumlah penonton sebanyak 70 ribu. Stadion La Bombonera Boca yang lebih kecil tetapi dirancang secara akustik lebih baik memiliki rata-rata kehadiran hampir 50 ribu untuk pertandingan liga.

 

4 dari 7 halaman

Lech Poznan

Dianggap sebagai klub paling sukses dalam sejarah Polandia, mereka secara teratur bermain di depan lebih dari 40.000 penonton. Meskipun kejayaan di Eropa sangat sulit didapat, namun para pendukung Poznan tetap loyal sebagai pendukung fanatik sejati.

Klub ini memiliki beberapa YouTuber yang bersemangat yang menyebarkan kehadiran klub ke audiens yang besar secara online.

 

5 dari 7 halaman

Napoli

Klub ini terkenal memiliki satu di antara rata-rata kehadiran tertinggi di Eropa. Stadio San Paolo secara teratur memenuhi kapasitas 60 ribu.

Napoli memiliki penggemar yang paling bersemangat yang telah menggunakan berbagai metode untuk membangun tingkat gairah mereka terhadap klub.

 

6 dari 7 halaman

AS Roma & Lazio

Stadion Olimpico menjadi tuan rumah bagi kedua klub Italia ini dan merupakan arena yang pas mendokumentasikan beberapa tontonan terbaik dalam sepak bola yang terjadi di sini setiap minggu. Penggemar Roma dan Lazio yang berbasis di Roma adalah penggemar paling terkenal di Italia.

Didukung CUCS (Commando Ultra Curva Sud) yang terkenal, para penggemar Roma dianggap sebagai yang paling bersejarah di sepak bola Eropa. Rivalitas klub membuat derbi ini paling sengit di dunia.

Ultras Lazio tak kalah semangatnya. Sejarah persaingan kedua klub ini menjadi santapan bagi mereka yang ingin lebih banyak tahu tentang kedua kelompok suporter ini.

Sumber: Sportskeeda

7 dari 7 halaman

Peperangan Sengit

Video Populer

Foto Populer