Sukses


Secuil Kisah Kiper Omonia Francis Uzoho, Loyalis MU yang Bikin Setan Merah Angkat Topi

Bola.com, Jakarta - Jika bukan karena penampilan luar biasa Francis Uzoho, Manchester United (MU) bisa saja mencetak lebih dari lima gol saat menjamu Omonia Nicosia dalam lanjutan Liga Europa 2022/2023, Jumat (14/10/2022) dini hari WIB di Old Trafford.

Menurunkan hampir seluruh tim terbaiknya, MU tampil dominan sejak awal laga. Mereka membuat Omonia tidak berdaya dan bertahan sangat dalam di kotak penalti mereka.

MU pada akhirnya menang 1-0 berkat gol Scott McTominay jelang laga berakhir. Semua pemain tampak lega, termasuk David de Gea dan sang pelatih, Erik ten Hag, yang angkat topi terhadap penampilan Francis Uzoho.

Siapa Francis Uzoho? Mengapa duel melawan MU begitu berarti baginya?

2 dari 7 halaman

Bukan Kiper Utama

Francis Uzoho bisa dikatakan bukan kiper utama Omonia Nicosia. Kiper 23 tahun itu seharusnya tidak bermain di laga ini.

Namun dewi fortuna tersenyum pada Uzoho. Tepat satu hari sebelum pertandingan melawan Manchester United, kiper utama Omonia, Fabiano mengalami cedera saat latihan.

Alhasil mau tidak mau, pelatih Omonia, Neil Lennon memainkan kiper asal Nigeria itu melawan Manchester United, di mana Uzoho sendiri baru satu kali dimainkan Lennon sepanjang musim ini.

3 dari 7 halaman

Bikin MU Frustrasi

Jika melihat jalannya pertandingan, Manchester United sangat mendominasi pertandingan. Mereka menguasai 78% bola sejak awal laga.

Tidak hanya unggul penguasaan bola, United juga aktif mencetak peluang. Sebanyak total 34 tembakan dilesakkan Manchester United di laga ini, dan 12 di antaranya tepat sasaran.

Ia membuat total 12 penyelamatan di laga ini. Ia benar-benar membuat Cristiano Ronaldo, Casemiro dan Marcus Rashford frustrasi dengan penyelamatan-penyelamatan gemilangnya.

4 dari 7 halaman

Loyalis Manchester United

Bermain di Old Trafford dan menghadapi Manchester United merupakan mimpi yang jadi nyata bagi Uzoho. Karena sang kiper ini merupakan pengagum berat Setan Merah.

"Ini adalah mimpi yang jadi nyata bagi saya. Saya sudah bermimpi sejak lama sekali bisa bermain di sini [Old Trafford]," beber Uzoho kepada BT Sports.

"Ketika saya melihat hasil undian, saya menyadari bahwa saya punya kesempatan untuk bisa bermain di Old Trafford. Saya berdoa kepada tuhan agar saya bisa mendapatkan kesempatan untuk bermain, dan Tuhan mengabulkan doa saya," ia menandaskan.

5 dari 7 halaman

Fanboy David De Gea

Kebahagiaan Uzoho semakin berlipat ganda di laga ini. Pasalnya ia berkesempatan untuk bermain melawan sang idola, David De Gea.

Kiper 23 tahun ini diketahui merupakan penggemar berat De Gea. Ia sering menunjukkan kekagumannya terhadap kiper timnas Spanyol itu melalui akun media sosialnya seperti di bawah ini.

6 dari 7 halaman

Minta Foto dengan Ten Hag

Uzoho nampaknya benar-benar fans berat Manchester United. Ini terlihat dari aktivitasnya seusai laga.

Sang kiper diketahui mencegat Erik Ten Hag di lorong Old Trafford seusai laga. Ia meminta kesempatan untuk berforo dengan manajer Setan Merah itu, dan Ten Hag dengan senang hati melayani permintaan tersebut.

7 dari 7 halaman

Kemenangan Krusial

Kemenangan melawan Omonia Nicosia ini merupakan kemenangan yang sangat krusial bagi Manchester United.

Gol tunggal Scott McTominay itu membawa Setan Merah kini mengoleksi sembilan poin dari total empat pertandingan di grup E Liga Europa.

United saat ini masih menempati peringkat kedua klasemen sementara grup E. Ini disebabkan Real Sociedad berhasil mengalahkan Sheriff Tiraspol dengan skor 3-0 pada dini hari tadi, sehingga mereka mengoleksi 12 poin dari 4 laga.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, published 14/10/2022)

Video Populer

Foto Populer