Sukses


10 Klub Tertua di Dunia, Ternyata Didominasi dari Inggris

Bola.com, Jakarta - Sepak bola merupakan salah satu olahraga tertua di dunia. Kepopuleran sepak bola hingga saat ini tentu saja tidak terlepas dari keberadaan klub-klub yang sudah berusia tua.

Klub-klub tersebut berperan penting umempopulerkan sepak bola di wilayahnya bahkan seluruh dunia.

Mereka juga yang mungkin saja mengubah sepak bola yang dahulu mungkin hanya sebagai permainan biasa menjadi olahraga modern. Kemudian dari klub-klub ini lahir kompetisi sepak bola di sejumlah negara.

Jadi sepak bola modern yang kita kenal hingga saat ini hadir tidak lepas berkat pengaruh klub sepak bola yang lahir di abad 19. Lantas siapa saja klub tersebut?

Berikut 10 klub sepak bola tertua di dunia dan mayoritas berasal dari Inggris. Langsung saja kita simak daftarnya.

 

2 dari 11 halaman

10. Wrexham FC

Klub paling muda dalam daftar ini adalah Wrexham FC. Klub tertua asal Inggris Raya ini dibentuk pada 1864.

Selain itu, Wrexham FC juga menjadi klub sepak bola profesional tertua di Wales, negara bagian dari United Kingdom. Saat ini, Wrexham FC berkompetisi di Liga Inggris kasta kelima.

 

3 dari 11 halaman

9. Royal Engineers Association FC

Royal Engineers Association FC sebenarnya bukanlah klub sepak bola profesional. Meski demikian klub sepak bola yang lahir pada 1863 tersebut pernah memenangi Paiala FA 1875.

Klub sepak bola ini dibentuk oleh Mayor Francis Marindin dan mendapatkan julukan The Sappers. Namun setelah memenangi FA Cup dan tiga kali beruntun menjadi finalis, tiga tahun selanjutnya mereka berkompetisi di level amatir.

 

4 dari 11 halaman

8. The Civil Service FC

Selanjutnya, klub sepak bola tertua di dunia adalah The Civil Service FC. Klub yang juga berasal dari Inggris ini lahir pada 1863.

Klub yang saat ini bermain di liga amatir selatan tersebut ternyata salah satu yang membentuk FA Inggris. Awalnya, klub ini ternyata bermain sepak bola dan rugby, kemudian beralih dan berfokus memainkan sepak bola.

 

5 dari 11 halaman

7. Stoke City

Stoke City menjadi salah satu klub tertua di dunia dan kini masih kerap berlaga di Premier League. Mereka terbentuk pada 1863.

Klub ini bentukan orang-orang Charterhouse School yang mulanya bernama Stoke Ramblers dan kemudian diganti namanya pada 928. Sekarang ini, Stoke City berlaga di liga kasta kedua Inggris dan menempati urutan kesembilan.

 

6 dari 11 halaman

6. Notts County FC

Notts County FC adalah klub sepak bola yang berbasis di Nottingham, Inggris. Notts County FC berdiri sejak 1862.

Salah satu klub tertua di dunia ini tercatat telah memainkan lebih dari 4.750 pertandingan sepak bola. Uniknya, jersey yang digunakan klub asal Nottingham ini sama dengan klub asal Italia, Juventus.

 

7 dari 11 halaman

5. Cray Wanderers FC

Berikutnya, klub sepak bola tertua di dunia adalah Cray Wanderers FC. Klub yang berasal dari Bromley, London berdiri pada 1860.

Klub ini sebenarnya merupakan klub semi-profesional yang memiliki basis di Bromley London, Inggris. Stadion yang digunakan Cray Wanderes FC adalah Hayes Lane yang berkapasitas 5.000 penonton.

 

8 dari 11 halaman

4. Hallam FC

Hallam FC sebagai salah satu klub sepak bola tertua di dunia ini ternyata didirikan di Sheffield pada 1860. Sekarang ini, Hallam FC masih aktif sebagai klub sepak bola yang bermain di Liga County Utara Timur.

Selain itu, Hallam FC menjadi klub yang bermarkas di Sandygate Road. Stadion Sandygate Road merupakan stadion sepak bola tertua di dunia.

 

9 dari 11 halaman

3. Lima CFC

Kemudian di posisi ketiga agak mengejutkan karena bukan berasal dari Inggris. Klub tertua ketiga yakni Lima CFC, klub kecil asal Peru.

Lima CFC ini diklaim telah dibentuk sejak 1859 dan saat ini bermain di liga lokal Distrik San Isidro. Dikabarkan bahwa klub asal Peru ini dibentuk oleh para pendatang yang berasal dari Inggris.

 

10 dari 11 halaman

2. Cambridge University AFC

Cambridge University AFC menjadi klub sepak bola tertua di dunia berikutnya. Klub ini berdiri pada 1857, sama dengan Sheffield FC.

Akan tetapi, klub yang berbasis di Amerika Serikat ini mengklaim bahwa telah didirikan satu tahun sebelumnya. Sekarang ini, Cambridge University AFC bermain di Stadion Grange Road atau Lapangan Fenner dengan kapasitas 1.000 orang.

 

11 dari 11 halaman

1. Sheffield FC

Klub sepak bola tertua di dunia kembali lagi ke Inggris yakni Sheffield FC. Klub ini didirikan oleh para pemain kriket di Inggris pada 24 Oktober 1857.

Sheffield FC hingga saat ini masih aktif dan berlaga di Liga Utama Utara Inggris di Divisi Satu Selatan. Home base klub tertua di dunia berada di Coach and Horses Ground yang dapat menampung lebih dari 2.000 orang.

Sumber: Foottheball

Video Populer

Foto Populer