Sukses


4 Pemain Non Barcelona dan Real Madrid yang Berhasil Meraih Ballon d'Or dalam 20 Tahun Terakhir

Bola.com, Jakarta - Keberhasilan Karim Benzema meraih Ballon d'Or 2022 menambah dominasi Real Madrid. Dengan demikian, sejauh ini sudah ada 12 trofi yang diraih pemain Real Madrid.

Pencapaian Real Madrid ternyata menyamai prestasi milik Barcelona. Klub asal Spanyol itu juga telah meraih 12 trofi Ballon d'Or melalui pemainnya.

Namun, sejarah mencatat trofi Ballon d'Or tidak melulu diraih oleh pemain dari Real Madrid atau Barcelona. Dalam 20 tahun terakhir, tercatat ada beberapa nama dari klub berbeda yang juga mampu meraih trofi individu tersebut.

Lantas, siapa saja mereka? Berikut ini empat pemain non Barcelona dan Real Madrid yang sukses meraih trofi Ballon d'Or.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Michael Owen

Michael Owen menjadi pemain Inggris terakhir hingga saat ini yang berhasil merebut gelar Ballon d’Or. Gelar itu diraih Owen pada tahun 2001.

Owen terpilih menjadi peraih Ballon d'Or setelah mampu membawa Liverpool meraih tiga gelar sekaligus. Ketika itu, Liverpool bersama Owen sukses meraih Piala Liga Inggris, Piala UEFA, dan Piala FA.

Pada saat itu, Owen meraih 176 suara, 36 suara lebih banyak dari kapten Real Madrid yang berada di posisi kedua, Raul Gonzalez. Adapun pada posisi ketiga ditempati oleh kiper Oliver Kahn.

3 dari 5 halaman

Pavel Nedved

Legenda Ceska, Pavel Nedved, meraih Ballon d’Or pada 2003. Nedved ketika itu membawa Juventus meraih Scudetto dan Supercoppa Italia serta membawa timnya melaju ke final Liga Champions.

Nedved tampil baik degan mencetak 14 gol dan 17 assist dalam 46 penampilan bersama Bianconeri. Di pentas internasional, Nedved menginspirasi Republik Ceko lolos dari babak kualifikasi EURO 2004.

Nedved meraih Ballon d'Or 2003, setelah memenangi persaingan melawan Thierry Henry (Arsenal) dan Paolo Maldini (AC Milan). Nedved menjadi pemain Ceko kedua setelah Josef Masopust (1962) yang pernah meraih penghargaan Ballon d'Or.

4 dari 5 halaman

Andriy Shevchenko

Pemain legendaris AC Milan, Andriy Shevchenko, meraih penghargaan Ballon d'Or 2004 setelah mengungguli Deco dan Ronaldinho. Saat itu, pemain asal Ukraina mengumpulkan 175 poin, sementara Deco menerima 139 poin dan Ronaldinho meraih 133 poin.

Shevchenko sendiri adalah orang Ukraina pertama yang memenangkan penghargaan tersebut sejak negara itu merdeka dari Uni Soviet pada tahun 1991. Pada era Soviet, Oleg Blokhin (1975) dan Igor Belanov (1986) memenangkan penghargaan sebagai pemain terbaik Eropa.

Tiba di AC Milan pada 1999, Sheva langsung beradaptasi dengan cepat dan memenangi gelar top skor Serie A pada musim debutnya dengan 24 gol. Eks pelatih timnas Ukraina ini juga berhasil membawa Milan meraih scudetto di musim 2003/04. Tak hanya itu, dia pun sukses mencetak penalti kemenangan untuk AC Milan di final Liga Champions 2003.

5 dari 5 halaman

Kaka

Ricardo Kaka merupakan pemain terakhir berposisi sebagai gelandang yang memenangkan Ballon d'Or sebelum dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Messi.

Pemain asal Brasil ini tercatat meraih Ballon d'Or 2007 setelah membawa AC Milan meraih trofi Liga Champions. Kaka bermain gemilang di tahun itu. Selain turut mempersembahkan Liga Champions, dia mampu membawa Rossoneri meraih dua trofi yaitu Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub.

Dengan modal itu, Kaka menang telak dari 'dua alien': Ronaldo dan Messi. Hasil voting menunjukkan bahwa Kaka mengumpulkan 444 suara. Dia ungggul 167 suara dari Ronaldo, yang ada di posisi kedua.

Disadur dari: Bola.net (Yoga Radyan/Published 18/10/2022).

Video Populer

Foto Populer