Sukses


7 Stadion di Eropa yang Paling Wow di Dunia: Megah, Mewah, dan Atmosfer Menakjubkan

Bola.com, Jakarta - Benua Eropa bisa disebut sebagai surganya sepak bola, karena memiliki banyak stadion terbaik dan liga-liga yang fantastis. Banyak pemain sepak bola dari luar Eropa berusaha menimba ilmu hingga berkarier di Benua Biru.

Alasannya tentu saja, Eropa sudah menjadikan sepak bola sebagai industri. Sepak bola di Benua Biru juga sudah sangat maju dan terlihat lebih dari satu dekade negara Eropa silih berganti menjadi juara Piala Dunia.

Mereka mengemas kompetisi sepak bola secara profesional dengan infrastruktur yang memadai. Satu di antaranya tentu saja stadion yang megah yang mampu menghadirkan banyak penonton secara aman dan nyaman saat menyaksikan pertandingan.

Dari sejumlah stadion di Eropa, berikut tujuh stadion terbaiknya. Bahkan stadion ini juga masuk dalam 10 stadion terbaik di dunia.

Penilaiannya berdasarkan pengalaman penonton saat menyaksikan pertandingan, atmosfer dan suasana stadion, kualitas lapangan, prestise, hingga ukuran dan kapasitas tempat duduk. Langsung saja kita simak daftarnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

1. Camp Nou, Barcelona

Camp Nou adalah stadion terbesar di Eropa dengan kapasitas tempat duduk hampir 100.000. Stadion ini telah mengalami beberapa perbaikan sejak diresmikan pada 1957.

Meski stadion tua, fasilitasnya sangat lengkap karena menawarkan jaringan Wi-Fi yang luas hingga area publik. Camp Nou juga pernah jadi saksi sejarah laga Piala Dunia, Liga Champions dan tentu saja laga El Clasico antara tuan rumah Barcelona melawan Real Madrid.

 

3 dari 8 halaman

2. Allianz Arena, Munich

Banyak penonton yang mengatakan tidak akan melupakan pengalaman menyaksikan laga Bayern Munchen secara langsung di Allianz Arena. Stadion berkapasitas 75.000 tempat duduk ini sangat mewah dengan lampu yang terang benderang.

Meski memiliki stadion mewah, atmosfer suporter di dalam stadion juga tidak kalah megah. The Bavarians  akan selalu berisik saat mendukung Munchen yang membuat pengalaman itu tidak terlupakan.

 

4 dari 8 halaman

3. Estadio Diego Armando Maradona, Napoli

Stadion ini memang yang terbesar ketiga di Italia dan hanya memiliki 60.240 tempat duduk. Meski demikian, stadion yang diresmikan pada 1959 ini bahkan bisa membuat seluruh Kota Naples bergetar jika para suporter Napoli sudah bernyanyi dan melompat di dalamnya.

Meski memiliki suporter ultras yang fanatik, stadion yang sebelumnya bernama San Paolo ini tetap memperhatikan kenyamanan penonton. Banyak fasilitas modern yang terdapat di dalamnya yang bakal memberikan pengalaman seru bagi para penontonnya.

 

5 dari 8 halaman

4. Wembley, London

Tidak akan ada yang bakal meragukan jika Stadion Wembley di Kota London masuk stadion terbaik di dunia. Stadion yang berkapasitas 90 ribu tempat duduk ini khusus bagi tim nasional Inggris.

Meski hanya untuk Timnas Inggris dan sejumlah laga final kompetisi di Inggris, beberapa klub Premier League yang berasal dari London pernah menjadikannya markas karena stadion milik mereka sedang direnovasi. Selain ajang sepak bola, stadion ini juga kerap menggelar konser musik.

 

6 dari 8 halaman

5. Stadion Karaiskakis, Piraeus

Stadion ini merupakan rumah bagi klub Yunani yang memiliki seragam Merah-Putih, Olympiacos FC. Ukurannya memang tidak besar karena hanya memiliki 32.000 tempat duduk, tetapi atmosfer dan pengalaman menonton memiliki penilaian yang tinggi.

 

7 dari 8 halaman

6. Giuseppe Meazza Stadium, Milan

Stadion ini termasuk termegah di dunia dan banyak yang menyebutnya sebagai kuil sepak bola. Dua klub besar di Italia, Eropa bahkan dunia yakni AC Milan dan Inter Milan yang menghuni stadion yang diresmikan pada 19 September 1926.

Banyak orang di luar Kota Milan bahkan di Indonesia yang berusaha merasakan atmosfer menonton langsung di stadion ini. Beruntung bagi mereka yang bisa menyaksikan secara langsung atmosfer Derby Della Madonnina di stadion ini.

 

8 dari 8 halaman

7. Stadion Santiago Bernabeu, Madrid

Jika pergi ke Spanyol maka belum lengkap apabila belum mengunjungi tempat favorit di ibu kota negara ini. Rumah Real Madrid adalah salah satu fasilitas yang paling mudah diakses oleh penggemar, dengan ruang ganti, ruang Piala, dan museum yang semuanya terbuka untuk pengunjung.

Stadion yang usianya cukup tua karena berdiri tahun 1947 ini tetap memiliki fasilitas yang modern. Hal ini yang membuat Real Madrid memiliki jumlah rata-rata penonton yang tertinggi di Eropa maupun dunia.

Sumber: The Champlair

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer