Sukses


Deretan Gol Terbaik Sepanjang Sejarah Pesta Bola Dunia dari Masa ke Masa

Bola.com, Jakarta Pesta Bola Dunia 2022 akan segera dimulai. Pastinya sudah nggak sabar lagi melihat timnas favoritmu berlaga kan? Flashback ke sejarah, selalu ada banyak kejutan yang hadir dalam ajang empat tahunan itu. Misalnya saja deretan gol paling fenomenal yang tercipta dari kompetisi terbesar di dunia ini. 

Salah satu yang fenomenal adalah gol ‘Tangan Tuhan’ dari Diego Maradona pada pagelaran 1986 di Meksiko. Kala itu, negaranya Argentina bertemu Inggris pada pertandingan perempat final. Walaupun termasuk kontroversi karena mencetak gol menggunakan tangan, namun El Pibe del Oro berhasil menunjukkan kelasnya pada gol kedua dengan solo run yang menakjubkan. 

Selain itu masih banyak kisah gol menakjubkan lainnya yang akan kita bahas lebih dalam pada artikel kali ini. Berikut 5 gol terbaik sepanjang sejarah pesta sepak bola dunia dari masa ke masa:

1. Gol Panenka Zidane di Jerman Tahun 2006

Ini merupakan gol yang menakjubkan, karena pemain berkepala plontos itu melakukan teknik penalti panenka di laga final Prancis vs Italia. Dibutuhkan mental dan ketenangan ekstra dalam mengeksekusinya. Jika tidak, tentu dapat mengecewakan rekan timnya dan seluruh warga negara Prancis yang menyaksikan pertandingan tersebut.

Apalagi penjaga gawang yang dia hadapi merupakan salah satu kiper terbaik dunia, Gianluigi Buffon. Membuat siapa pun berpikir harus melakukan cara yang berbeda untuk mengelabuinya. Akhirnya, terciptalah gol bersejarah tersebut pada menit ke tujuh pertandingan. 

Namun sayangnya, kala itu Prancis harus mengakui keunggulan Italia lewat drama adu penalti dengan skor 5-3 setelah mereka bermain imbang 1-1 selama 120 menit pertandingan. Uniknya, yang mendapatkan predikat pemain terbaik justru Zinedine Zidane karena permainan apiknya meski gagal membawa timnya meraih kemenangan.

2 dari 3 halaman

2. Sentuhan Berkelas Bergkamp di Prancis Tahun 1998

Mungkin ini momen yang akan terus dikenang oleh pecinta sepak bola, terutama masyarakat Belanda. Bagaimana tidak? Gol ini terjadi pada menit ke 89 saat Belanda menghadapi Argentina, sekaligus menjadi momen penentu kemenangan tim berjuluk Oranye lolos ke babak semifinal. 

Semula, kedua negara tersebut bermain sengit dengan skor imbang 1-1, sampai pemain bertahan mereka Frank de Boer melakukan umpan silang dari pos bek kiri, menuju Bergkamp yang tengah berlari ke depan di sisi kanan lapangan. 

Melihat umpan ciamik tersebut, Bergkamp langsung menjemput bola dan melakukan satu sentuhan berkelas guna melambungkannya agar melewati satu pemain bertahan Argentina, dan langsung menendang bola tersebut ke pojok kanan gawang yang membuat timnas Belanda menjadi unggul 2-1. 

Sampai laga usai, tidak ada lagi gol tercipta. Belanda pun berhasil mengalahkan Argentina dan lolos ke babak selanjutnya, dengan Bergkamp keluar sebagai Man of The Match.

3. Solo Run Menakjubkan Maradona di Meksiko 1986

Setelah melakukan gol kontroversi ke gawang Inggris, tepatnya tiga menit berselang, Maradona menunjukkan kelasnya dengan gol solo run sejauh 68 m dari tengah lapangan. Dia berhasil melewati enam pemain lawan termasuk kiper sebelum melakukan tembakan ke arah gawang. 

Gol tersebut membawa Argentina lolos ke final bertemu Jerman Barat, dan Maradona kembali berhasil menginspirasi teman senegaranya untuk menjuarai Pesta Bola Dunia di tahun 1986 dengan skor akhir 3-2. Ini merupakan salah satu tahun terbaik pemain bertubuh mungil tersebut.

3 dari 3 halaman

4. Menggemparkannya Pele di Swedia 1958

Bagaimana bisa pemain berusia 17 tahun dapat membantu negaranya memenangkan trofi ajang sepak bola bergengsi dunia? Bisa, itulah yang dilakukan oleh salah satu pemain terbaik sepanjang masa, Pele. 

Saat laga final bertemu Swedia, Pele yang masih sangat muda sudah diposisikan sebagai penyerang oleh pelatih. Itu merupakan keputusan yang tepat karena Pele berhasil membubuhkan dua gol pada laga itu dan membuat Brasil berhasil meraih gelar juara Pesta Bola Dunia pertama mereka.

Gol yang terjadi pada menit ke 90, tercipta dari kaki Pele setelah menerima umpan dari tengah lapangan dan mengontrol bola tersebut dengan dadanya, lalu melakukan satu sentuhan lagi guna menipu pemain bertahan terakhir, sebelum akhirnya dia menendang bola dengan keras ke arah kiri gawang. Hal ini membuat Brasil meraih kemenangan yang meyakinkan dengan skor 5-2 dan menjadi awal dari karir gemilang Pele selama di dunia sepak bola.

5. Sepakan Dahsyat Alberto di Meksiko tahun 1970

 

Terakhir, ini juga datang dari negara berjuluk Tim Samba, Brasil. Carlos Alberto merupakan pemain dengan berperan besar bagi Brasil. Ia menjadi kapten dan mencetak gol keempat di final sehingga berhasil membawa timnas Brasil mengalahkan Italia dengan skor 4-1. 

Gol keempat Brasil itu terjadi dari permainan menawan para penyerangnya. Berawal dari sisi kiri, dimana Jairzinho menggiring bola untuk membangun serangan dan melakukan operan ke Pele yang berada di sisi kanannya. 

Namun karena banyak hadangan dari pemain bertahan Italia, dia kembali melakukan operan ke sisi kanan, di sana ada Alberto yang langsung melakukan tendangan keras ke sisi kiri gawang. Membuat Brasil meraih gelar juara dunia untuk ketiga kalinya. 

Itulah beberapa gol terbaik sepanjang sejarah dari pesta sepak bola dunia dari masa ke masa. Nostalgia dengan legenda-legenda sepak bola di atas pastinya membuat kamu tak sabar lagi untuk menyaksikan bintang kesayangan berlaga di Pesta Bola Dunia tahun ini.

Aksi para pemain bola berlari-lari di lapangan demi menciptakan sebuah gol yang indah pastinya membuat mereka kehilangan banyak cairan tubuh. Pemain bola butuh mineral, yang nonton juga perlu mineral. Jadi, jangan lupa penuhi kebutuhan hidrasi tubuh selama menonton laga bintang di lapangan hijau dengan air mineral yang berkualitas seperti Le Minerale. 

Le Minerale mengandung kebaikan alami yang memiliki kesegaran berbeda karena diperoleh dari sumber mata air pegunungan murni. Kandungan mineral berkualitasnya dapat mencegah tubuh dehidrasi selama begadang nonton laga sepak bola favorit. Jadi, pastikan selalu ada Le Minerale di dekatmu ya!

 

(Akb)

Video Populer

Foto Populer