Sukses


Deretan Kontrak Paling Sensasional di Sepak Bola Dunia: Rekor Dipegang Kylian Mbappe, Sentuh Rp9,7 Triliun

Bola.com, Jakarta - Kontrak Kylian Mbappe saat ini dengan Paris Saint-Germain (PSG) menjadikannya sebagai pemain dengan bayaran tertinggi dalam sejarah sepak bola dunia.

Sebelumnya banyak yang memperkirakan Kylian Mbappe akan meninggalkan raksasa Ligue 1 tersebut di musim panas 2022 kemarin ketika kontrak habis.

Rumornya adalah Real Madrid dengan bosnya yaitu Florentino Perez menunggu kedatangan Mbappe dan menjadikannya rekrutan terbaru Galactico Real Madrid.

Namun kepindahan itu urung terjadi, sebab Kylian Mbappe justru memilih bertahan dan memperbarui kontraknya bersama PSG dengan nilai kontrak yang sensasional.

Kira-kira siapa lagi ya pemain yang pernah memiliki nilai kontrak fantastis bersama klub? Yuk simak daftarnya berikut ini.

2 dari 8 halaman

7. Paul Pogba

Nama Paul Pogba menduduki posisi ketujuh sebagai pemain yang pernah memiliki kontrak fantastis, yakni selama lima tahun di Manchester United. Paul Pogba kembali ke MU pada musim 2016 hingga 2021, sebelum balik lagi ke Juventus dengan gratis.

Selama lima musim di Old Trafford tersebut, Paul Pogba kabarnya memiliki nilai kontrak hingga 113 juta Euro atau setara Rp1,7 triliun.

Lulusan akademi Carrington ini meninggalkan United secara gratis pada tahun 2012. Dia kemudian membantu Juventus kembali ke puncak dan membuktikan dirinya sebagai salah satu gelandang terbaik di Eropa dalam prosesnya.

Man United membutuhkan biaya yang cukup besar untuk mendapatkannya kembali. Tidak hanya biayanya yang dilaporkan sebesar 89 juta poundsterling yang merupakan rekor dunia, tetapi kontrak yang dinegosiasikan.

3 dari 8 halaman

6. Gareth Bale

Pada Oktober 2016, Gareth Bale menandatangani kontrak baru di Real Madrid hingga 2022 yang menjadikannya pemain dengan bayaran terbaik di dunia sepak bola. Kontrak Gareth Bale selama enam musim di Madrid mencapai angka 178 juta Euro atau Rp2,7 triliun.

Real Madrid mendapat segalanya dengan memiliki Gareth Bale. Pemain asal Wales itu mempersembahkan lima trofi Liga Champions dan tiga gelar La Liga.

Namun eks pemain Tottenham Hotspur itu hengkang dari Real Madrid pada musim panas 2022 kemarin setelah kontraknya berakhir. Ia kini berpetualang di MLS bersama Los Angeles FC.

4 dari 8 halaman

5. Cristiano Ronaldo

Pada musim panas 2018, Juventus memenangkan Serie A ketujuh berturut-turut. Mereka begitu digdaya di Serie A, sementara hanya menjadi pecundang di Liga Champions dengan dua kali runner-up di tahun 2015 dan 2017.

Kemudian Juventus mengontrak superstar Cristiano Ronaldo dari Real Madrid dengan harga fantastis. Bianconeri harus merogoh kocek hingga 117 juta euro untuk menggaetnya.

Si Nyonya Tua juga memberinya kontrak besar selama empat tahun senilai lebih dari 200 juta Euro atau Rp3,1 triliun

Namun pada akhir musim ketiganya, Ronaldo memilih cabut dan kembali bergabung dengan klub lamanya Manchester United.

5 dari 8 halaman

4. Cristiano Ronaldo

Pada tahun 2016, Cristiano Ronaldo mengikuti jejak Gareth Bale dengan memperpanjang kontak di Real Madrid dengan durasi lima tahun, atau hingga 2021. Pada saat itu, Ronaldo sudah menjadi pencetak gol terbanyak Madrid sepanjang masa.

Tapi Ronaldo membuat keputusan dengan hengkang dari Real Madrid di tahun 2018 untuk pindah ke Juventus. Padahal kontrak Ronaldo dalam periode 2016-2021 di Real Madrid mencapai angka 220 juta Euro atau Rp3,4 triliun.

Ronaldo mempersembahkan 450 gol untuk Real Madrid dan berbagai gelar prestisius. Menjualnya dengan harga tinggi di usia ke-33 tahun jelas sangat menguntungkan bagi Madrid kala itu.

6 dari 8 halaman

3. Neymar Jr

Neymar Jr mengambil keputusan mengejutkan saat meninggalkan Barcelona di musim 2017. Ia kemudian diikat kontrak selama musim oleh PSG, hingga 2023 mendatang.

Alasan Neymar meninggalkan Barcelona jelas bukan tanpa alasan. Apalagi melihat nilai kontrak yang ditawarkan Les Parisiens yang mencapai angka 222 juta Euro atau Rp3,44 triliun.

7 dari 8 halaman

2. Lionel Messi

Lionel Messi meraih semuanya bersama Barcelona, mulai dari status, popularitas, hingga kepentingan di atas lapangan. Kontrak dengan nilai fantastis pernah disodorkan untuk Messi selama musim 2017 hingga 2021.

Sebelum cabut dari Camp Nou, Messi memiliki kontrak mencapai angka 555 juta euro atau Rp8,6 triliun untuk musim 2017 hingga 2021.

Namun pada akhirnya Presiden Barcelona saat itu, Josep Maria Bartomeu tidak punya pilihan selain menyerah dan melepas pemain Argentina itu ke PSG pada musim panas tahun lalu.

8 dari 8 halaman

1. Kylian Mbappe

Inilah sosok pesepak bola dengan nilai kontrak tertinggi di dunia dan belum ada yang mampu memecahkannya. Kylian Mbappe baru saja menandatangani kontrak selama tiga musim di PSG, sejak 2022 hingga 2025.

Pemain Timnas Prancis itu memiliki nilai kontrak mencapai 630 juta Euro atau setara Rp9,7 triliun di PSG selama tiga tahun ke depan.

Sumber: Planet Football

Video Populer

Foto Populer