Sukses


Lionel Messi Memimpin: 5 Pemain Paling Moncer di Fase Grup Liga Champions 2022 / 2023

Bola.com, Jakarta - Liga Champions 2022/2023 telah menyelesaikan babak grup. Total delapan grup sudah menyelesaikan pertandingan.

Sebanyak 16 klub sudah mengunci tiket ke babak berikutnya. Termasuk tim-tim yang difavoritkan seperti Bayern Munchen, Manchester City, Real Madrid, dan Paris Saint-Germain.

Beberapa tim pun berhasil tampil mengejutkan. Club Brugge, Benfica, FC Porto mampu mendapatkan tiket lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim ini.

Sementara itu tim yang sebenarnya difavoiritkan seperti Barcelona, Juventus, dan Atletico Madrid justru gagal lolos. Bahkan, Atletico berakhir sebagai juru kunci klasemen di Grup B.

Bola.com akan menyajikan 5 pemain terbaik berdasarkan rating dari laman WhoScored. Penasaran siapa saja mereka? Simak ulasannya di bawah ini.

2 dari 6 halaman

Mehdi Taremi (FC Porto) - 7,83

Mehdi Taremi berkontribusi besar di balik lolosnya FC Porto ke babak 16 besar Liga Champions 2022/2023. Klub Portugal tersebut berhasil melaju ke babak berikutnya dengan status juara grup B.

Mehdi Taremi menyumbang 5 gol dan 2 assist dari 5 kali penampilannya sepanjang fase grup. Dia masuk dalam daftar top skor sementara Liga Champions musim ini.

Gol-gol Mehdi Taremi dicetak dalam 3 laga terakhir FC Porto di fase grup, yakni ke gawang Bayer Leverkusen (2 gol), Club Brugge (2 gol), dan terakhir ke gawang Atletico Madrid.

3 dari 6 halaman

Joshua Kimmich (Bayern Munchen) - 7,86

Joshua Kimmich ikut berkontribusi di balik kesuksesan Bayern Munchen menyapu bersih semua pertandingan di grup C Liga Champions 2022/2023. Sosok kelahiran Rottweil, Jerman itu menjadi sosok kunci di lini tengah.

Dari 5 penampilan, Kimmich menyumbang 3 assist dari rata-rata 2 umpan kunci per pertandingan. Pemain yang mengawali karier sebagai bek kanan tersebut juga paling banyak mendistribusikan bola dengan rataan 75 passing dan akurasi mencapai 90,9 persen.

Joshua Kimmich juga sangat kuat dalam mengeksekusi bola mati. 2 dari 3 assistnya dibukukan melalui sepak pojok dalam laga kontra Barcelona dan Inter Milan pada matchday ke-2 dan ke-6.

4 dari 6 halaman

Leroy Sane (Bayern Munchen) - 8,05

Leroy Sane menjadi pemain paling produktif dalam skuad Bayern Munchen. Eks pemain Schalke 04 dan Manchester City itu mampu mencetak 4 gol dan 1 assist dari 4 penampilannya sepanjang fase grup Liga Champions 2022/2023.

Gol-gol Leroy Sane dicetak dalam 3 pertandingan pertama Bayern Munchen di grup C, yakni melawan Inter Milan, Barcelona, dan dua gol ke gawang Viktoria Plzeň.

Sane pun menjadi pemain yang paling rajin menebar ancaman bersama Sadio Mane. Dia melepaskan rata-rata 2,3 tembakan setiap pertandingan di fase grup.

5 dari 6 halaman

Kylian Mbappe (PSG) - 8,12

Kylian Mbappe cukup bersinar di Liga Champions 2022/2023. Bersama Mohamed Salah, pemain kelahiran Paris, Prancis tersebut mencetak 7 gol dari 6 penampilannya yang menjadikan keduanya menjadi pencetak gol terbanyak sementara di UCL musim ini.

Sepanjang fase grup, Kylian Mbappe hanya satu kali absen mencetak gol, yakni pada matchday ketiga melawan Benfica. Laga itu berakhir dengan kedudukan 1-1.

Tidak hanya mencetak gol, Kylian Mbappe juga cukup aktif dalam membangun serangan. Eks pemain AS Monaco itu menyumbang 3 assist untuk PSG.

6 dari 6 halaman

Lionel Messi (PSG) - 8,24

Legenda asal Argentina, Lionel Messi sangat berpengaruh di balik kesuksesan Paris Saint-Germain lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2022/2023. La Pulga menjadi pemain dengan nilai terbaik sepanjang fase grup.

Meski kalah produktif dari Kylian Mbappe, Lionel Messi merupakan nyawa permainan PSG. Mantan pemain Barcelona tersebut ikut menyumbangkan 4 gol dan 4 assist untuk Les Parisiens.

Lionel Messi punya kemampuan melepaskan umpan terobosan paling baik dari rekan setimnya. Dia mencatatkan rata-rata 0,8 umpan terobiosan dari 5 penampilannya di fase grup Liga Champions 2022/2023.

Messi tampak sangat termotivasi di Liga Champions musim ini. Terakhir kali Messi menjuarai ajang itu pada 2015 bersama Barcelona.

Video Populer

Foto Populer