Sukses


Hasil Uji Coba: Juventus Hajar Arsenal, Inter Milan Ditahan Real Betis

Bola.com, Jakarta - Dua tim raksasa Eropa, Arsenal dan Juventus menggelar partai uji coba di Emirates Stadium, London, Minggu (18/12/2022) dini hari WIB. Arsenal dipaksa menelan kekalahan dari jagoan Italia dalam pertandingan ini dengan skor 0-2.

Juventus unggul di laga ini berkat gol bunuh diri Granit Xhaka di penghujung babak pertama sebelum Rob Holding juga membuat gol bunuh diri di akhir babak kedua.

Berkat kekalahan ini, tren positif Arsenal di periode Piala Dunia 2022 ini resmi terhenti setelah mereka mengalahkan Lyon dan AC Milan. Sementara Juventus berhasil meraih kemenangan dalam uji coba pertama mereka.

Di pertandingan yang digelar di Emirates Stadium ini, kedua pelatih mengusung pendekatan yang berbeda. Mikel Arteta menurunkan hampir seluruh pemain intinya sementara Allegri memainkan banyak pemain muda di laga ini.

2 dari 7 halaman

Tampil Dominan

Alhasil Arsenal tampil lebih dominan sejak awal laga. Mereka menguasai bola dan membombardir lini pertahanan Juventus dengan serangan-serangan mereka.

Belum genap satu menit, Reiss Nelson melepaskan tembakan mendatar yang mengancam gawang Juventus, namun bola masih melebar tipis dari gawang klub Italia itu.

Peluang berbahaya berikutnya di laga ini lahir di menit ke-10. Menerima umpan dari Nelson, Vieira mengontrol bola di kotak penalti sebelum melepaskan tembakan voli yang berhasil dipatahkan Perin.

Meski tampil dominan, Arsenal dibuat frustrasi oleh tim muda Juventus. Karena Allegri berhasil mengatur timnya untuk bermain dengan sangat rapat sehingga Arsenal kesulitan untuk menciptakan peluang yang berbahaya di laga ini.

Asik menyerang, gawang Arsenal malah bobol di masa injury time babak pertama. Berniat untuk menghalau umpan silang Fagioli, bola malah masuk ke gawang Ramsdale. Skor 1-0 menutup jalannya pertandingan di babak pertama.

3 dari 7 halaman

Babak Kedua

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Juventus (@juventus)

Di jeda pertandingan, kedua pelatih tidak melakukan pergantian pemain. Mereka mempertahankan line up yang mereka mainkan di babak pertama.

Jalannya pertandingan pun tidak berubah. Arsenal yang dominan dalam penguasaan bola terus membombardir gawang Juventus, sementara Si Nyonya Tua bermain dengan disiplin dan melepaskan serangan balik saat dibutuhkan.

Di pertengahan babak kedua, Arteta dan Allegri membuat sejumlah pergantian pemain. Arteta menarik Ben White, Thomas Partey dan Granit Xhaka untuk digantikan dengan Cedric Soares, Mohamed Elneny dan Amario Cozier-Duberry. Sementara Allegri menarik keluar Perin, Miretti dan Soule dan digantikan Carlo Pinsoglio, Samuel Iling-Junior dan Joseph Ruiz.

Di masa injury time, Arsenal kembali terkena petaka. Pemain muda Juventus, Samuel Iling-Junior melepaskan tembakan ke gawang Arsenal, namun bola mengenai Rob Holding dan berubah arah masuk ke gawang Arsenal. Skor 2-0 menutup laga uji coba di Emirates Stadium itu.

4 dari 7 halaman

Daftar Susunan Pemain

Arsenal (4-3-3): Ramsdale; Tierney, Gabriel, Holding, White; Xhaka, Thomas, Odegaard; Nelson, Nketiah, Vieira

Pelatih: Mikel Arteta

Juventus (3-5-2): Perin; Rugani, Riccio, Gatti; Soule, Barrenechea, Locatelli, Fagioli, Barbieri; Kean, Miretti

Pelatih: Massimiliano Allegri

5 dari 7 halaman

Inter Milan Bermain Imbang

Di tempat lain, Inter Milan gagal meraih kemenangan di uji coba ketiga mereka selama jeda Piala Dunia 2022. Berhadapan dengan Real Betis, Nerrazurri harus puas bermain imbang dengan skor 1-1.

Di laga ini, Real Betis unggul lebih dahulu melalui gol Joaquin. Sementara Inter memberikan respon cepat dengan gol dari Matteo Darmian.

Hasil ini membuat Inter Milan gagal melanjutkan tren kemenangan beruntun mereka usai mengalahkan Gzira dan RB Salzburg di dua uji coba terakhir mereka.

Sepanjang babak pertama, kedua tim sama-sama sulit untuk menciptakan peluang yang berarti. Karena serangan kedua tim banyak yang terhenti sebelum memasuki kotak penalti.

Peluang berbahaya pertama di laga ini lahir di menit 26. Alex Moreno melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti, namun Samir Handanovic berhasil mengamankan tembakan itu.

Inter sendiri beberapa kali memiliki peluang yang bagus. Namun Edin Dzeko selaku ujung tombak kerap terkena perangkap offside tuan rumah sehingga peluang mereka tidak menjadi gol.

Di menit 40, Inter baru memiliki peluang berbahaya pertama mereka. Adalah Hakan Calhanoglu yang melakukan percobaan tembakan dari luar kotak penalti, namun bola yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang Betis berhasil diselamatkan oleh Bravo.

Jual beli serangan terus berlanjut, namun skor 0-0 tetap bertahan hingga turun minum.

6 dari 7 halaman

Babak Kedua

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Inter (@inter)

Di Babak kedua, Manuel Pellgrini membuat tiga pergantian sekaligus. Victor Ruiz, Daniel Perez dan Luis Henrique ditarik dan digantikan Edgar Gonzalez, Felix Garreta dan Juanmi.

Di awal babak kedua ini, Inter langsung tancap gas. Di menit ke-48, Edin Dzeko nyaris mencetak gol melalui sundulannya yang memanfaatkan umpan silang Bellanova, namun bola masih melayang di atas gawang Inter.

Di menit ke-62, giliran Simone Inzaghi yang melakukan pergantian pemain massal. Robin Gosens, Raoul Bellanova dan Roberto Gagliardini ditarik dan digantikan Federico Dimarco, Matteo Darmian dan Kristijan Asllani.

Real Betis lagi-lagi menebar ancaman dari luar kotak penalti melalui tembakan Miranda, namun Handanovic masih sigap mengantisipasi tembakan tersebut.

Setelah melakukan sejumlah percobaan, Real Betis berhasil membobol gawang Inter di menit 84. Juanmi berhasil menanduk bola umpan dari Joaquin sehingga Betis unggul 1-0.

Namun sayang keunggulan Betis tidak bertahan lama. Satu menit usai gol itu, kedudukan menjadi imbang 1-1 setelah tembakan Matteo Darmian berhasil menembus gawang Miranda. Skor kembali sama kuat, 1-1.

Jual beli serangan berlanjut, namun skor 1-1 tidak berubah hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

7 dari 7 halaman

Daftar Susunan Pemain

Real Betis (4-2-3-1): Bravo; Moreno, Ruiz, Felipe, Ruibal; Guardado, Perez; Rodri, Fekir, Henrique; Iglesias

Pelatih: Manuel Pellegrini

Inter Milan (3-5-1-1): Handanovic; Bastoni, Acerbi, Skriniar; Gosens, Barella, Gagliardini, Calhanoglu, Bellanova; Mkhitaryan; Dzeko

Pelatih: Simone Inzaghi

 

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, published 18/12/2022)

Video Populer

Foto Populer