Sukses


Lionel Messi Bawa Argentina Juara Piala Dunia 2022, Pep Guardiola: Terbaik!

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi akhirnya mempersembahkan trofi Piala Dunia 2022 untuk Argentina setelah mengalahkan Prancis di laga puncak, Minggu (18/12/2022). Mantan pelatih Messi di Barcelona, Pep Guardiola, menegaskan Messi selalu menjadi pemain terbaik di matanya.

Trofi Piala Dunia kini menjadi jurang pembeda yang besar antara Lionel Messi dan rival sejatinya, Cristiano Ronaldo.

Bagi sebagian orang, trofi Piala Dunia menjadi tanda berakhirnya rivalitas Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang berlangsung lebih dari satua dekade.

Namun, ternyata perdebatan tetap berlanjut dengan narasi Lionel Messi belum mencapai level para legenda, seperti Diego Maradona dan Pele.

Menanggapi pendapat itu, Pep Guardiola tetap menganggap Lionel Messi sebagai pemain terbaik sepanjang sejarah.

"Setiap orang memiliki pendapat mereka, tapi tidak ada yang bisa meragukan dia ada di sana dengan yang terhebat sepanjang masa. Saya sudah mengatakan berkali-kali, bagi saya Messi yang terbaik," ujar Guardiola dikutip dari Fotmob.

2 dari 3 halaman

Perbedaan Era yang Terlalu Jauh

Pep Guardiola memang bisa saja bias dalam berpendapat, mengingat dirinya pernah menjadi pelatih Lionel Messi ketika masih di Barcelona.

Namun, hubungan itu juga bisa menjadi penguat, sebab Pep Guardiola tahu betul kualitas Messi dibandingkan deretan bintang yang dilatihnya selama ini.

Pep Guardiola juga merasa Messi tidak bisa dibandingkan dengan para legenda yang bermain jauh di era sepak bola modern.

Pep merasa kritikus yang memandang Pele dan Maradona sebagai pemain terbaik memiliki narasi sentimentil terhadap Lionel Messi.

"Sulit untuk memahami bagaimana seorang pemain bisa menyelesaikan apa yang telah dilakukan dalam 50 hingga 70 tahun terakhir. Orang-orang melihat Pele atau Alfredo Di Stefano, atau Maradona, orang-orang yang bisa mengatakan 'favorit saya', tetapi opini itu sentimentil terhadap Messi," tegas Pep Guardiola.

3 dari 3 halaman

Piala Dunia Jadi Bukti

 

Pep Guardiola juga menambahkan Piala Dunia 2022 menajdi bukti Lionel Messi berada di puncak pemain terbaik. Pep yakin jika Messi gagal mendapatkan Piala Dunia, banyak orang yang masih berpikir Messi berada di bawah Maradona dan Pele.

Padahal jika dilihat dari segi pencapaian individu, Lionel Messi menjadi yang terbaik dengan tujuh trofi Ballon d'Or. Menurut Pep Guardiola, trofi Piala Dunia 2022 merupakan penutup yang sangat baik untuk membungkam keraguan terhadap Lionel Messi.

"Sementara di sisi lain, jika Messi tidak memenangkan Piala Dunia 2022, pendapat tentang apa yang telah dilakukannya untuk keseluruhan sepak bola dan pendapat saya tentang dia sebagai pemain, tidak akan mengubah apa pun," ujar Pep.

"Namun, normal itu tergantung jika Anda menang, bagaimana Anda dievaluasi. Tentu saja baginya itu adalah pemanis akhir dalam karier yang luar biasa," lanjutnya.

Sumber: Fotmob

Disadur dari: Bola.net (Ahmad Daerobby, published 21/12/2022)

Video Populer

Foto Populer