Sukses


8 Klub Copy Paste Logo Tim Raksasa Dunia (Bagian I): Ada yang Mirip Banget Punya Real Madrid dan Barcelona

Bola.com, Jakarta - Mengelola klub sepak bola tidak hanya dengan cara mencari sekumpulan pemain kreatif yang berusaha meraih kemenangan dan gelar juara. Manajemen juga harus kreatif mengelola klub.

Mulai dari mengatur masalah finansial, manajemen tim harus kreatif untuk mendatangkan pemasukan. Satu di antara hal kreatif tersebut yakni melakukan branding semaksimal mungkin untuk menggaet sponsor.

Branding klub bisa para direksi lakukan dengan tampilan logo yang menarik dan bisa menjual. Bahkan tidak jarang direksi klub ini menjiplak logo dari klub-klub raksasa dunia.

Terkadang, klub-klub tersebut sama sekali tidak mengubah desainnya tetapi menjiplak sepenuhnya. Entah karena ingin sesukses klub yang logonya dijiplak atau karena ada alasan lainnya.

Pada bagian pertama ini pembahasan akan mendetailkan empat klub sepak bola yang menjiplak logo klub Liga Spanyol atau LaLiga. Langsung kita simak klub mana saja.

 

2 dari 5 halaman

1. Atletico Tetuan

Maroko tampil mengejutkan dengan menjadi negara pertama dari Afrika yang melaju hingga semifinal Piala Dunia 2022. Namun, klub sepak bola mereka yakni Atletico Tetuan menggunakan logo yang sama persis dengan Athletic Bilbao.

Dalam logo Athletic Bilbao terlihat Gereja St Anton yang indah di Bilbao hingga Jembatan St Anton yang ikonik kota. Atletico Tetuan menirunya dengan mengubah bangunan yang khas dengan kota mereka sendiri.

 

3 dari 5 halaman

2. Real Potosi

Semua tim sepak bola bercita-cita menjadi raja sepak bola. Hal ini juga berlaku bagi klub asal Bolivia, Real Potosi juga harapkan dan ingin menyerupai klub raksasa Spanyol, Real Madrid.

Logo Real Potosi juga terlihat mirip dengan Real Madrid, ada mahkota ikonik di bagian atas. Potosi hanya mengubah warna garis di tengah logo.

 

4 dari 5 halaman

3. Fath Riadi Nador

Jika tim sepak bola diibaratkan sebagai anak-anak sekolah, klub Maroko Fath Riadi Nador adalah seorang siswa yang menyontek tugas temannya. Mereka tidak membuat logo dengan kreativitasnya sendiri tetapi menyontek logo Barcelona.

Setiap sudut, skema warna, bentuk, dan posisi huruf persis sama dengan logo Barcelona. Perbedaanya yakni bendera Maroko terpampang di suduk kanan logo dan bukan bendera Catalonia.

 

5 dari 5 halaman

4. Sevilla Puerto Rico

Tidak ada hal yang berbeda antara logo Sevilla Puerto Rico dengan klub Liga Spanyol Sevilla. Semuanya sangat mirip di setiap sudut hingga semua gambar di logo.

Perbedaannya hanya terletak tulisan PR yang menindih gambar bola di tengah logo. Klub yang berdiri pada 2006 ini memang bermitra dengan Sevilla pada  2008.

Sumber: Daily Star

Video Populer

Foto Populer