Sukses


8 Klub Copy Paste Logo Tim Raksasa Dunia (Bagian 2): Bak Pinang Dibelah Dua

Bola.com, Jakarta - Pada bagian I artikel ini ada sejumlah klub sepak bola yang meniru logo milik tim-tim ternama di Liga Spanyol. Pada bagian kedua ini akan melanjutkan klub yang meniru logo tim besar Eropa di luar Spanyol.

Mengelola klub sepak bola tidak hanya dengan cara mencari sekumpulan pemain kreatif yang berusaha meraih kemenangan. Manajemen juga harus kreatif mengelola klub.

Mulai dari mengatur masalah finansial, manajemen tim harus kreatif untuk mendatangkan pemasukan. Satu di antara hal kreatif tersebut dengan melakukan branding semaksimal mungkin untuk menggaet sponsor.

Branding klub bisa para direksi lakukan dengan tampilan logo yang menarik dan bisa menjual. Bahkan tidak jarang direksi klub ini menjiplak logo dari klub-klub raksasa dunia.

Terkadang, para klub tersebut sama sekali tidak mengubah desainnya tetapi menjiplak sepenuhnya. Berikut empat klub sepak bola yang copy paste logo milik tim besar Eropa.

 

2 dari 5 halaman

1. AFC Uttara

Ketika melihat logo milik klub asal Bangladesh, AFC Uttara, para pebcinta Liga Inggris tentu akan melihat sesuatu yang aneh. Ya, logo milik klub yang berdiri sejak 2009 tersebut sama persis dengan logo klub Liga Inggris, Bournemouth.

Perbedaan kedua logo hanya pada warna garis hijau dan tulisan klub di bagian atas. Jika menyandingan kedua logo ini, tentu hampir tidak ada perbedaan sama sekali.

 

3 dari 5 halaman

2. Juventus Bucuresti

Sebelum lambang baru mereka yang kontroversial, Juventus memiliki salah satu lencana sepak bola paling ikonik. Namun, logo tersebut masih ada di sepak bola Eropa saat ini, karena tim Rumania Juventus Bucuresti kurang lebih mengambil logo aslinya, menambahkan 'Bucuresti' di bagian bawah, dan menyebutnya milik mereka.

Mengingat Juventus yang diterjemahkan dari bahasa Latin ke bahasa Inggris adalah 'Youth', tim Rumania itu mungkin bisa lolos dengan lencana tersebut. Sekarang Juventus tidak menggunakan logo yang sama, alhasil Juventus Bucueesti dapat mengklaimnya sebagai milik mereka.

 

4 dari 5 halaman

3. Rangers atau Flamengo

Untuk kasus klub Brasil, Flamengo, tidak seperti daftar klub di sini yang begitu serupa dengan logo klub yang mereka tiru. Tetapi bagian tulisan di sudut kiri atas dengan huruf R, F, C ini mirip sekali dengan logo dari klub Skotlandia, Rangers.

Pihak Flamengo menyebut logonya sudah ada sejak klub berdiri pada 1895, sementara Rangers juga menyebut sejak 1904. Mengingat kurangnya interkonektivitas antara Skotlandia dan Brasil pada awal abad ke-20, hal ini mungkin jadi sebuah kebetulan.

 

5 dari 5 halaman

4. Hilal El Obeid

Klub Sudan, Hilal El Obeid, kemungkinan memiliki rasa cinta kepada klub Liga Inggris, Everton. Mereka memiliki lambang klub yang mirip dengan logo Everton.

Kemiripan terlihat pada perisai yang digunakan Obeid hingga warna biru yang serupa milik Everton. Meski ada modifikasi bentuk logo, akan tetapi kesamaan kedua logo ini sangat mencolok.

Sumber: Daily Star

Video Populer

Foto Populer