Sukses


5 Pemain Gunakan Nomor Sial tapi Bisa Tampil Bagus: Ada Virgil van Dijk

Bola.com, Jakarta - Itu nomor sial...itu nomor sial... Hati-hati. Di dalam kehidupan ini, di mana orang sudah bolak-balik ke bulan, kita masih kerap mendengar banyak orang berkata seperti itu.

Di ranah sepak bola, termasuk di negara-negara berpikiran maju seperti Eropa, angka-angka tertentu seperti jersey nomor 4 juga kerap dihindiri karena dianggap biang kesialan.

Benarkah? Tidak juga. Nggak percaya? Ini buktinya:

Steve Bruce

Saat ini, Bruce sudah uzur. Usianya 61 tahun dan menukangi West Bromwich Albion. Dulu, sebelum jadi pelatih, Bruce pernah memperkuat sejumlah klub. Satu di antaranya adalah Manchester United.

Sir Alex Ferguson adalah sosok yang berjasa membawa Bruce ke Old Trafford pada 1987. Di klub barunya, Bruce mengenakan jersey nomor 4. Tak sedikit yang berpikir, Bruce bakal diterpa kesialan.

Nyatanya, Bruce tampil oke hingga masa baktinya usai pada 1996. Dia menjalankan tugasnya sebagai bek tengah dan mampu menjalin kerja sama yang solid dengan Gary Pallister.

Bersama Setan Merah, Bruce memenangkan tiga gelar Liga Premier. Dia akan selalu dikenang sebagai bek atau legenda yang jago duel udara dan spesialis bola-bola mati dengan torehan 51 gol yang mengesankan dalam 414 penampilan di semua kompetisi.

 

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Virgil Van Dijk

Van Dijk mematahkan keraguan banyak orang terkait jersey yang dia kenakan di Liverpool.

Mendarat mulus di Anfield pada awal 2018, eks Southampton itu bertekad memenangkan banyak gelar bareng The Reds.

Berdiri kokoh di lini tengah pertahanan, Van Dijk tampil sepenuh hati dalam setiap laga. Dia sukses mencolong hati fans, terlebih pendukung garis keras yang terkenal nyinyir.

Van Dijk nyaris tak tergantikan. Jurgen Klopp, sang pelatih, sangat percaya kepada pemilik paspor Belanda berusia 31 tahun itu.

Sebiji trofi Premier League dan Liga Champions adalah dua trofi di antara banyak gelar yang sudah dipersembahkan si jangkung itu kepada Liverpool.

 

3 dari 5 halaman

Claude Makelele

Sebutkan nama-nama gelandang bertahan terbaik yang pernah wara-wiri di Peremier League. Tak diragukan lagi, Makelele pasti masuk daftar teratas.

Makelele mampu mengibarkan namanya selama memperkuat Chelsea, dari 2003 hingga 2008.

Di bawah telunjuk Claudio Ranieri, Makelele tampil oke di lini tengah The Blues. Dia tak hanya garang dengan tekel-tekel cerdasnya, tapi juga sangat disiplin dan percaya diri tinggi.

Uniknya, di Chelsea-lah Makelele baru mengenakan jersey nomor 4. Tapi dengan jersey itulah Makelele justru meledak-ledak.

 

4 dari 5 halaman

Fernando Hierro

Hierro sukses jadi hero di Real Madrid. Dia salah satu bek pencetak gol terbaik yang pernah dimiliki Los Blancos.

Mewarisi jersey nomor 4, Hierro diboyong dari Valladolid pada 1989 dan bertahan di Santiago Bernabeu sampai 2003. Sebuah pengabdian yang panjang.

Terkenal karena pertahanannya yang solid, kemampuan passing yang mengesankan, dan kecakapan mencetak gol yang produktif, Hierro menjelma menjadi legenda yang sulit ditandingi.

Total, dia mengemas 55 gol yang mengesankan di semua kompetisi. Dia ikut mengangkat gelar La Liga, Copa Del Rey, dan Piala Super Spanyol.

 

5 dari 5 halaman

Claudio Gentile

Jauh sebelum Italia memiliki Giorgio Chiellini, peran tukang jagal sudah melekat erat di diri Gentile. Di masa jayanya, di era 1970-an dan 1980-an, Gentile adalah bek yang sangat ditakuti.

Pemilik jersey nomor 4 ini salah satu bek terbaik dalam sejarah Italia dan Juventus. Gaya permainannya yang tak kenal kompromi membuatnya sering dicemooh sebagai 'ahli seni gelap'.

Bintang sekelas Diego Maradona pernah menjadi korban keganasan legenda yang kini telah berusia hampir 70 tahun itu.

Hanya lima inikah? Tentu saja tidak. Masih ada lima pemain lagi yang juga sukses dengan jersey nomor 4-nya.

Sumber: Sportskeeda

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer