Sukses


Sepak Bola Berduka, Legenda Brasil Pele Meninggal Dunia

Bola.com, Jakarta - Kabar duka datang dari dunia sepak bola. Legenda sepak bola dunia asal Brasil, Pele, meninggal dunia, Jumat (30/12/2022) dini hari WIB, setelah bertarung melawan penyakit kanker usus. 

Pele meninggal dunia pada usia 82 tahun di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo, Brasil. Kabar Pele tutup usia dikonfirmasi oleh manajer bisnisnya, Joe Fraga. 

Pria bernama lengkap Edson Arantes de Nascimento itu sudah lama dirawat di rumah sakit, tepatnya sejak 29 November 2022. Dia mengidap kanker kolon sejak September 2021, serta beberapa penyakit lainnya. 

Pele harus melakukan proses kemoterapi untuk mengobati kanker usus. Akan tetapi, kemoterapi tersebut tak berjalan dengan baik. Selain itu, Pele juga mengalami pembengkakan dan gagal jantung.

Situasi tersebut membuat Pele mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit. Bahkan, pria berusia 82 tahun itu sempat berada dalam kondisi kritis dan dipindahkan ke ruang perawatan paliatif.

Meski kondisinya sempat membaik, bahkan memberi ucapan saat Argentina juara Piala Dunia 2022, Pele akhirnya menutup perjuangannya pada malam tadi.  

Kepergian Pele tersebut menjadi kehilangan besar bagi sepak bola dunia. Dia merupakan satu di antara pemain terbaik yang pernah mentas di panggung sepak bola dunia. 

 

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Catatan Emas Pele

Catatan emas Pele di kancah sepak bola dunia tidak perlu diragukan lagi. Dia merupakan satu-satunya pemain yang memenangi tiga edisi Piala Dunia. 

Pele mengantar Brasil menjuarai Piala Dunia 1958, 1962, dan 1970. Dia juga merengkuh gelar Bola Emas pada Piala Dunia 1970. 

Selama 21 tahun kariernya di kancah sepak bola, Pele total mengoleksi 1.283 gol dalam 1.363 pertandingan level senior untuk klub dan negara. Jumlah gol tersebut termasuk untuk laga persahabatan yang tidak resmi dan juga pertandingan tur. 

 

3 dari 3 halaman

Kecepatan dan Visi yang Luar Biasa

Jika menghitung gol resmi saja, Pele mengemas 77 gol dalam 92 pertandingan untuk Brasil. Dia merupakan top scorer sepanjang masa Tim Samba. 

Diberkati dengan kecepatan, visi, keterampilan menggiring bola yang hebat, dan kemampuan menyundul yang luar biasa, Pelé baru berusia 17 tahun pada 1958 ketika ia menjadi pemain termuda yang tampil di Piala Dunia.

Dia mencetak enam gol di fase knockout, termasuk hat-trick di semifinal melawan Prancis dan kemudian dua gol di final melawan Swedia, untuk menginspirasi kemenangan Brasil.

Pele kembali menjadi bagian dari skuad Brasil yang menjuarai Piala Dunia 1962 sebelum menjadi ujung tombak tim pada 1970 yang mengalahkan Italia 4-1 di final dan dianggap sebagai yang terbesar dalam sejarah internasional.

Kepergian Pele benar-benar menjadi duka bagi sepak bola dunia. Selamat jalan, Sang Legenda. 

Sumber: BBC, Guardian 

 

Video Populer

Foto Populer