Sukses


6 Bukti Kehebatan yang Pernah Ditorehkan Pele, Si Raja Piala Dunia

Bola.com, Jakarta - Legenda sepak bola dunia asal Brasil, Pele, meninggal dunia setelah bertarung melawan sakit kanker usus, Jumat (30/12/2022) dini hari WIB.

Pele menghembuskan napas terakhir pada usia 82 tahun di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo, Brasil. Kabar Pele tutup usia dikonfirmasi oleh manajer bisnisnya, Joe Fraga.

Pria bernama lengkap Edson Arantes de Nascimento itu sudah lama dirawat di rumah sakit, tepatnya sejak 29 November 2022. Dia mengidap kanker kolon sejak September 2021, serta beberapa penyakit lainnya.

Semasa hidupnya dan saat aktif menjadi pesepak bola, Pele menorehkan tinta emas bersama Brasil di kancang Piala Dunia. Rekor demi rekor pernah ia lakukan untuk tim Samba.

Berikut sejumlah rekor Pele yang pernah tercatat dalam sejarah Piala Dunia. Langsung saja kita simak.

2 dari 7 halaman

1. Pemain Termuda yang Bermain dan Menjuarai Piala Dunia

Pele adalah pemain termuda yang bermain dan memenangkan Piala Dunia. Pada usia 17 tahun dan 249 hari, Pele membantu Brasil memenangkan Piala Dunia pada 1958 di Stadion Rasunda di Solna, Swedia.

Brasil mengalahkan tuan rumah 5-2 untuk memenangkan trofi Piala Dunia pertama, dengan Pele mencetak dua gol. Rekor pemain termuda yang memenangkan Piala Dunia ini belum terpatahkan.

3 dari 7 halaman

2. Pencetak Gol Terbanyak Timnas Brasil

Pele adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Brasil di sepak bola internasional. Dalam 92 pertandingan resmi yang diakui oleh FIFA, penyerang legendaris itu mencetak 77 gol.

Rekor itu tetap tidak tersentuh selama lima dekade. Namun, Neymar telah menyamai jumlah gol Pele setelah penampilannya di Piala Dunia 2022.

4 dari 7 halaman

3. Pengoleksi Gelar Terbanyak Piala Dunia

Pele telah memenangkan tiga gelar Piala Dunia bersama Brasil pada 1958, 1962 dan 1966. Dia tampil fantastis saat memenangkan tiga gelar tersebut.

Tidak ada pemain lain di Brasil atau di seluruh dunia yang pernah menjadi bagian dari tiga tim pemenang Piala Dunia.

5 dari 7 halaman

4. Assist Terbanyak di Piala Dunia

Pele menjadi pemain Brasil yang memegang rekor memberikan assist terbanyak di Piala Dunia. Dalam empat turnamen ia muncul (1958, 1962, 1966, 1970), Pele memberikan 10 assist.

Pada Piala Dunia 1970, ia membukukan enam assist termasuk dua kali di laga final. Rekor ini belum terpatahkan karena tidak ada pemain lain yang memberikan enam assist dalam satu edisi.

6 dari 7 halaman

5. Pencetak Gol Termuda di Piala Dunia

Pele, hingga saat ini, adalah pencetak gol termuda dalam sejarah Piala Dunia saat berusia 17 tahun. Pemain Brasil itu mencetak gol pertamanya saat melawan Wales di perempat final.

Gol ini merupakan awal dari Brasil melangkah ke semifinal. Bahkan Tim Samba mampu meraih trofi Piala Dunia pertamanya.

7 dari 7 halaman

6. Pencetak Hattrick Termuda di Piala Dunia

Di semifinal Piala Dunia 1958, Pele mencetak hattrick pertama di kancah nternasional saat Brasil mengalahkan Prancis 5-2.

Dalam prosesnya, ia menjadi pemain termuda yang mencetak hattrick internasional pada usia 17 tahun dan 245 hari.

 

Sumber: Goal

Video Populer

Foto Populer