Sukses


5 Penjualan Termahal PSV Eindhoven dalam Sejarah: Cody Gakpo Cuma Posisi Kedua

Bola.com, Jakarta - PSV Eindhoven mungkin tak setenar Ajax Amsterdam dalam konteks menelurkan pemain muda berbakat dan menjualnya dengan harga selangit. Tetapi setelah menjual Cody Gakpo ke Liverpool dengan biaya selangit, tampaknya 'meta-nya' bakal berubah.

Cody Gakpo sebelumnya merupakan mesin gol PSV selama beberapa musim terakhir. Pemain berusia 23 tahun tersebut juga bersinar saat membela Belanda di Piala Dunia 2022.

Awalnya, Gakpo sangat santer dikaitkan dengan Manchester United. Namun, sang pemain justru memutuskan untuk bergabung dengan Liverpool.

Menurut Transfermarkt, nilai transfer Gakpo ke Liverpool mencapai 42 juta euro. Dengan angka tersebut, Gakpo menjadi salah satu penjualan termahal PSV.

Berikut ini 5 penjualan termahal dalam sejarah transfer PSV Eindhoven.

2 dari 6 halaman

5. Donyell Malen

Donyell Malen dilepas PSV Eindhoven ke Borussia Dortmund pada musim panas 2021. Winger asal Belanda tersebut dijual dengan mahar sebesar 30 juta euro.

Malen dikontrak Dortmund sampai tahun 2026. Pemain berusia 23 tahun tersebut sudah mendapat kesempatan bermain yang cukup banyak di klub Jerman itu.

Sampai sejauh ini, Malen sudah memainkan 55 pertandingan di semua kompetisi. Dia berhasil mencatatkan 10 gol dan sembilan assist dari penampilannya tersebut.

3 dari 6 halaman

4. Steven Bergwijn

Pada musim 2019/2020, PSV Eindhoven melepas Steven Bergwijn ke Tottenham. Klub Eredivisie tersebut mendapatkan 30 juta euro dari penjualan winger 25 tahun tersebut.

Namun, Bergwijn tidak bertahan lama di Spurs. Karena jarang mendapat kesempatan bermain, Bergwijn pada akhirnya meninggalkan Inggris pada 2022.

Bergwijn kembali ke Belanda dengan bergabung Ajax Amsterdam pada awal musim ini. Dia merapat ke Ajax dengan biaya sebesar 31,2 juta euro.

4 dari 6 halaman

3. Memphis Depay

Memphis Depay merupakan jebolan akademi PSV Eindhoven. Penyerang timnas Belanda tersebut dipromosikan ke tim senior pada 2011 dan mampu menunjukkan performa mengesankan.

Penampilan Depay bersama PSV mampu mencuri perhatian Manchester United. Setan Merah akhirnya mendatangkan Depay pada 2015 setelah ditebus seharga 34 juta euro.

Depay hanya memainkan 53 pertandingan dengan mencetak tujuh gol dan enam assist bersama Setan Merah. Depay kemudian pindah ke Lyon pada Januari 2017 dan sekarang bermain di Barcelona.

5 dari 6 halaman

2. Cody Gakpo

Cody Gakpo bermain di tim utama PSV Eindhoven sejak tahun 2018. Pemain timnas Belanda itu mampu mencetak 55 gol dan 50 assist dari 159 penampilan.

Berkat penampilan apiknya bersama PSV, Gakpo menjadi rebutan sejumlah klub Eropa. Namun, Liverpool yang pada akhirnya memenangkan perburuan sang pemain.

PSV telah sepakat untuk melepas Gakpo ke Liverpool seharga 42 juta euro. Dia diikat dengan kontrak sampai tahun 2028 di Anfield.

6 dari 6 halaman

1. Hirving Lozano

Hirving Lozano pernah menjadi bagian dari PSV Eindhoven selama dua tahun. Dia dilego ke Napoli dengan mahar sebesar 45 juta euro.

Winger asal Meksiko tersebut bergabung dengan Napoli pada musim panas 2019. Dia kemudian menjadi pemain kunci di klub Italia tersebut.

Lozano sudah memainkan 133 pertandingan di semua kompetisi bersama Napoli. Dia berhasil mencatatkan 30 gol dan 16 assist dari penampilannya tersebut.

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, 4/1/2023)

Video Populer

Foto Populer