Sukses


Prediksi Thailand Vs Vietnam di Leg 2 Final Piala AFF 2022: Misi Back to Back Gajah Perang

Bola.com, Jakarta - Thailand menjamu Vietnam dalam leg kedua babak final Piala AFF 2022 di Thammasat Stadium, Pathum Thani pada Senin (16/1/2023) malam WIB.

Dalam pertemuan pertama final Piala AFF 2022, Thailand berhasil mengimbangi tuan rumah Vietnam 2-2 di My Dinh National Stadium, Hanoi, pada 13 Januari 2023.

Keberhasilan menahan Vietnam membuat Thailand lebih diunggulkan pada pertemuan kedua final Piala AFF 2022. Alasannya, karena tim Gajah Perang akan bermain di kandang.

Thailand adalah juara bertahan Piala AFF. Gajah Perang memenangkan edisi 2020 ketika mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor 6-2 secara agregat di babak final.

2 dari 5 halaman

Main Hampir Sempurna

Gajah Perang juga negara tersukses di Piala AFF dengan perolehan enam trofi, disusul Singapura lewat empat gelar, Vietnam dua trofi, dan Malaysia satu gelar.

"Thailand bermain hampir sempurna ketika melawan Vietnam dalam partai pertama. Para pemain melakukan tugasnya dengan baik," kata pelatih Thailand, Alexandre Polking.

Jika mampu membawa Thailand ke tangga juara, Polking bakal menjadi pelatih keempat yang mampu mempertahankan Piala AFF.

Peter Withe pada 2000 dan 2002, Radojko Avramovic pada 2004 dan 2007, dan Kiatisuk Senamuang pada 2014 dan 2016, telah lebih dulu meraih juara back to back.

Thailand bakal berkekuatan penuh untuk menghadapi Vietnam dalam pertemuan kedua final Piala AFF 2022. Gajah Perang masih akan mengandalkan Theerathon Bunmathan hingga Teerasil Dangda.

3 dari 5 halaman

Perpisahan Park Hang-seo

Juara atau tidak, partai kontra Thailand dalam leg kedua final Piala AFF 2022 akan menjadi momentum perpisahan pelatih Vietnam, Park Hang-seo.

Kontrak Park Hang-seo bersama Vietnam bakal berakhir setelah Piala AFF 2022 setelah menangani Nguyen Quang Hai sejak 2017.

Park Hang-seo berpeluang mengakhiri kiprahnya bersama Vietnam dengan manis atau sebaliknya, gagal memberikan gelar di kesempatan terakhirnya.

Posisi Vietnam memang sedang terjepit. Setelah tidak bisa memanfaatkan status kandang, kesebelasan dengan sebutan lain Golden Star Warriors itu juga kebobolan dua gol.

4 dari 5 halaman

Bergantung Nguyen Tien Linh

Artinya, Vietnam minimal harus mengimbangi Thailand 3-3 atau seterusnya jika ingin menyegel gelar Piala AFF 2022 berkaca dari aturan gol tandang.

"Skor 2-2 tentu saja merugikan Vietnam. Aturan gol tandang seharusnya memberikan Thailand keuntungan tertentu," imbuh Park Hang-seo.

"Tapi, bukan berarti kami menyerah. Kami akan menang di kandang Thailand untuk meraih gelar. Saya ulangi, kami tidak bakal menyerah," ucapnya.

Park Hang-seo sangat berharap terhadap ketajaman Nguyen Tien Linh untuk membobol gawang Thailand. Bomber berusia 25 tahun itu menjadi top scorer sementara Piala AFF 2022 dengan enam gol bersama striker Thailand, Teerasil Dangda.

 

5 dari 5 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

  • Thailand (3-5-2): Kampol Pathom Attakul; Kritsada Kaman, Pansa Hemviboon, Weerathep Pomphan; Suphanan Bureerat, Peeradon Chamratsamee, Theeraton Bunmathan, Sarach Yooyen; Teerasil Dangda, Adisak Kraisorn
  • Pelatih: Alexandre Polking (Brasil)
  • Vietnam (3-5-2): Dang Van Lam; Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung; Ho Tan Tai, Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Quang Hai, Doan Van Hau; Nguyen Tien Linh, Pham Tuan Hai
  • Pelatih: Park Hang-seo (Korea Selatan)

Video Populer

Foto Populer