Sukses


Starting XI Transfer Top pada Januari 2023 Sejauh Ini: Striker MU, Wout Weghorst Layak Masuk

Bola.com, Jakarta - Bursa transfer musim dingin 2023 cukup menggeliat. Sejumlah klub raksasa Eropa ikut meramaikan perburuan pemain pada Bulan Januari.

Chelsea menjadi tim yang paling aktif dengan merekrut 5 pemain baru. Bahkan, mereka rela mengeluarkan dana lebih dari 140 juta euro untuk menambah kekuatan.

Liverpool dan Manchester United juga mendatangkan pemain baru. Cody Gakpo dan Wout Weghorst merupakan rekrutan anyar kedua kesebelasan.

Tidak hanya klub Premier League, kontestan Liga Belanda dan Prancis juga ikut berbelanja. Ada Ajax Amsterdam dan Olympique Lyon yang mendatangkan pemain baru.

Berikut Starting XI Transfer Top yang terjadi pada musim dingin 2023 versi Transfermarkt hingga 19 Januari dengan formasi 3-4-3. 

2 dari 12 halaman

Geronimo Rulli

Di sektor penjaga gawang, ada Geronimo Rulli yang didatangkan Ajax Amsterdam dari Villarreal. De Joden menembusnya dengan mahar sebesar 8 juta euro.

Geronimo Rulli mendapat kontrak dengan durasi selama 3,5 musim. Kiper Timnas Argentina itu akan berada di Amsterdam Arena hingga 30 Juni 2026 mendatang.

Kiper 30 tahun tersebut sudah menjalani dua pertandingan bersama Ajax Amsterdam. Dari 2 penampilannya, Geronimo Rulli langsung mencatatkan clean sheet.

3 dari 12 halaman

Dejan Lovren

Transfer Dejan Lovren melibatkan Olympique Lyon dan Zenit St. Petersburg. Bek asal Kroasia tersebut resmi dikontrak oleh Lyon pada 2 Januari lalu.

Dejan Lovren sudah dua kali bermain bersama Olympique Lyon di Ligue 1. Dia tampil penuh dalam duel melawan FC Nantes dan RC Strasbourg.

Nilai transfer Dejan Lovren tidak terlalu besar. Les Gones menebusnya sebesar sebesar 2 juta euro dari kontestan Liga Rusia tersebut.

4 dari 12 halaman

Benoit Badiashile

Pada bursa transfer Januari 2023, Chelsea menambah kekuatan di lini pertahanan dengan merekrut Benoit Badiashile. The Blues memboyongnya dari AS Monaco.

Untuk mendapatkan jasa bek asal Prancis tersebut, Chelsea harus merogoh kocek cukup dalam. Yakni sebesar 38 juta euro atau setara Rp. 622 miliar.

Benoit Badiashile langsung diberi kontrak jangka panjang oleh Chelsea. Stopper 21 tahun tersebut akan berada di Stamford Bridge hingga 30 Juni 2030.

5 dari 12 halaman

Maximilian Wober

Leeds United juga aktif pada bursa transfer Januari 2023. Mereka mendatangkan 2 pemain, salah satunya adalah stopper asal Austria, Maximilian Wober.

Maximilian Wober dibeli Leeds United dari RB Salzburg dengan mahar sebesar 20 juta euro. Dia sudah 3 kali bermain setelah meneken kontrak pada 3 Januari lalu.

Mantan pemain Ajax Amsterdam tersebut diikat dengan durasi selama 4,5 tahun oleh Leeds United. Yakni hingga 30 Juni 2027 mendatang.

6 dari 12 halaman

Danilo

Tim promosi Premier League, Nottingham Forest menambah kekuatan di lini tengah dengan mendatangkan Danilo. Gelandang 21 tahun itu didatangkan langsung dari klub Brasil, Palmeiras.

Karena usianya yang sangat muda, Danilo langsung mendapat kontrak jangka panjang. Dia diproyeksikan untuk membela Nottingham Forest hingga 30 Juni 2029.

Meski berstatus pendatang baru di Eropa, Danilo ditebus dengan dana yang tidak sedikit. Nottingham Forest membayar 20 juta euro ke Palmeiras.

7 dari 12 halaman

Carlos Alcaraz

Carlos Alcaraz merupakan rekrutan anyar Southampton. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah itu didatangkan dari klub Argentina, Racing Club.

Southampton membayar sebesar 13,65 juta euro untuk bisa mendapatkan tanda tangan gelandang 20 tahun itu. Carlos Alcaraz dikontrak hingga 30 Juni 2027.

Carlos Alcaraz sudah melakoni debut ketika Southampton melawat ke markas Everton pada pekan ke-20 Premier League 2022/2023. Dia turun pada menit 61', menggantikan Romeo Lavia.

8 dari 12 halaman

Mykhailo Mudryk

Chelsea cukup jor-joran pada bursa transfer musim dingin Januari 2023. Salah satunya dengan merekrut Mykhailo Mudryk dari Shakhtar Donetsk.

Klub yang bermarkas di Stamford Bridge harus membayar sebesar 70 euro demi tanda tangan pemain Timnas Ukraina itu. Ada klausul tambahan 30 juta euro yang berpotensi dibayarkan The Blues.

Mykhailo Mudryk masih menjadi pembelian termahal klub Premier League pada bursa transfer Januari 2023. Dia mendapat kontrak jangka panjang hingga 30 Juni 2031.

9 dari 12 halaman

Pablo Sarabia

Pablo Sarabia didatangkan Wolverhampton Wanderers pada bursa transfer musim dingin 2023. Pemain yang bisa bertugas sebagai winger maupun gelandang serang itu dibeli dari Paris Saint-Germain.

Wolves menebus Pablo Sarabia sebesar 5 juta euro dari raksasa Liga Prancis tersebut. Namun, pemain kelahiran Madrid, Spanyol hanya dikontrak hingga 30 Juni 2025.

Pablo Sarabia berpotensi menjalani debut dalam pertandingan melawan Manchester City akhir pekan ini. Mengingat dia baru meneken kontrak pada 17 Januari kemarin.

10 dari 12 halaman

Cody Gakpo

Cody Gakpo masih menjadi satu-satunya rekrutan Liverpool pada bursa transfer Januari 2023. The Reds membelinya dari PSV Eindhoven sebesar 42 juta euro.

Winger Timnas Belanda tersebut dikontrak selama 5 setengah musim oleh klub yang bermarkas di Anfield tersebut. Mengingat usianya baru 23 tahun.

Cody Gakpo sudah 3 kali dimainkan oleh Liverpool di Premier League maupun Piala FA. Akan tetapi, pemain berdarah Togo itu belum mencetak gol atau assist.

11 dari 12 halaman

Joao Felix

Joao Felix didatangkan Chelsea dengan status pinjaman dari Atletico Madrid. Akan tetapi, The Blues harus mengeluarkan biaya sebesar 11 juta euro.

Meski harus membayar mahal, peminjaman Joao Felix berlangsung cukup singkat. Setelah 30 Juni 2023, dia harus kembali ke pangkuan Atletico Madrid.

Winger asal Portugal tersebut sudah dimainkan Chelsea dalam laga melawan Fulham. Sayangnya, dia langsung mendapat kartu merah pada partai debutnya.

12 dari 12 halaman

Wout Weghorst

Manchester United juga ikut bergerak pada bursa transfer musim dingin Januari 2023. Setan Merah mendatangkan penyerang asal Belanda, Wout Weghorst.

Wout Weghorst dipinjam dari Burnley. Akan tetapi, prosesnya melibatkan Besiktas karena dia berstatus pinjaman di klub Turki tersebut.

Mantan pemain VfL Wolfsburg tersebut akan berada di Old Trafford selama setengah musim. Durasi peminjamannya berakhir 30 Juni 2023.

Disadur dari: Bola.net (Mustopa El Abdy, published 20/01/2023)

Video Populer

Foto Populer