Sukses


5 Komentar dari Mulut Pedas Orang-Orang Dekat Cristiano Ronaldo : Dari Jose Mourinho sampai Zinedine Zidane

Bola.com, Jakarta - Ambyar! Setelah debutnya bersama Al-Nassr tertunda karena kudu menjalani sanksi dari Federasi Sepak Bola Inggris (FA) buntut dari kepergiannya dari Manchester United, kini Cristiano Ronaldo kembali terancam tak bisa tampil selama sebulan membela klub kaya raya Arab Saudi itu.

Ada apa lagi, Bang Dodo? Ada kabar tak sedap dari Italia. Seperti diketahui, PSSI-nya Italia menjatuhkan sanksi pemotongan 15 poin kepada Juventus. Kondisi itu terjadi karena Si Nyonya Tua terbukti melakukan pemalsuan laporan keuangan pada periode fiskal 2019, 2020 dan 2021.

Ada 23 pemain terkena imbas, termasuk penyerang asal Portugal tersebut. Jika nanti benar-benar terbukti, Ronaldo yang memperkuat Bianconeri dari 2018 hingga 2021, kemungkinan besar akan terkena larangan bertanding dari UEFA.

 

2 dari 7 halaman

Bisa Merugikan

Ini jelas sangat merugikan Al-Nassr, mengingat kontribusi Ronaldo sangat dibutuhkan dalam perburuan gelar Liga Arab Saudi 2022/2023. Terlebih lagi, pemilik lima Ballon d'Or itu baru saja melakoni debutnya kontra Al-Ettifaq beberapa waktu lalu.

Pada laga tersebut, Ronaldo hanya lato-lato alias lari-lari dan foto-foto tanpa gol sama sekali. Terlepas dari semua itu, Bang Dodo tetaplah pemain jempolan. Tentang kehebatannya, banyak yang sudah bersaksi.

Berikut ini 10 kesaksian sejumlah nama-nama besar terkait penyerang yang akan berulang tahun pada 5 Februari nanti :

 

3 dari 7 halaman

Jose Mourinho

Keduanya pernah sama-sama membela Real Madrid. Mourinho menukangi Los Blancos selama tiga tahun, dari 2010 sampai 2013. Selama berkuasa, Ronaldo merupakan satu di antara pemain kesayangan The Spesial One.

Tak jemu-jemu Mourinho memuji. "Dia yang terbaik di dunia, ya. Mungkin yang terbaik. Saya melihat Maradona beberapa kali. Saya tidak pernah melihat Pele. Tapi Cristiano luar biasa. Pria ini adalah yang terbaik. Cristiano adalah mesin gol. Dia adalah pemain yang luar biasa. Dia seperti Zidane; tidak akan pernah ada Ronaldo yang lain," kata Mourinho.

 

4 dari 7 halaman

Zinedine Zidane

Seperti Mourinho, legenda Prancis ini juga pernah dipercaya menukangi Real Madrid dan menjadikan CR7 sebagai andalannya. Nyaris tak tergantikan, Ronaldo sosok krusial bagi strategi Zidane guna memenangkan banyak gelar.

“Ketika Anda bermain dengan Ronaldo di tim Anda, Anda sudah unggul 1-0," sanjung Zidane.

 

5 dari 7 halaman

Ryan Giggs

Ketika Ronaldo mendarat di Old Trafford pada 2003, Giggs adalah bintang Manchester United. Kini, Ronaldo bermain dengan superstar asal Wales itu.

Sebagai anak baru, Ronaldo tentu saja senang dan berusaha semaksimal mungkin untuk tampil baik dan dia berhasil. Giggs kontan memuji. "Ketika Ronaldo mendapatkan bola, Anda bisa membiarkan dia melakukannya, sementara dia mengalahkan pemain demi pemain," ujarnya.

 

6 dari 7 halaman

Luis Figo

Sebelum nama Ronaldo berkibar, Figo sudah top di Portugal. Sang senior lebih dulu bermain di luar negeri bersama tim-tim keren seperti Barcelona dan Real Madrid.

Kemudian, waktu mempertemukan keduanya di Timnas Portugal. Di Piala Dunia 2006, senior junior itu saling bahu membahu.

"Ada beberapa hal yang bisa dilakukan Ronaldo dengan sepak bola yang membuat saya menyentuh kepala saya dan bertanya-tanya bagaimana dia melakukannya," kata Figo.

 

7 dari 7 halaman

Sir Bobby Charlton

Di Inggris dan Manchester United, nama Sir Bobby Charlton begitu sakral. Dia juga tipikal yang irit bicara, apalagi melayangkan pujian.

Namun, sang legenda tak kuasa ketika melihat sendiri permainan Ronaldo dalam balutan jersey kebanggaan Setan Merah. “Ronaldo melakukan hal-hal yang belum pernah saya lihat dari pemain lain, dan itu luar biasa untuk ditonton. Dibutuhkan pemain hebat untuk merebut tanduk banteng dan mewujudkan sesuatu, tetapi dia telah melakukannya berulang kali," kata Charlton.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer