Sukses


6 Transfer Pemain yang Heboh pada Musim Dingin 2023: Bang Dodo Curi Start, Sisanya Diborong Chelsea!

Bola.com, Jakarta - Bursa transfer pemain musim dingin atau Januari 2023 telah tuntas. Banyak kehebohan selama periode ini. 

Termasuk menjelang menit akhir, beberapa klub mengamankan pemain incaran dengan status pembelian permanen atau pinjaman. 

Chelsea, menjadi klub yang paling dibicarakan pada musim dingin kali ini. Bagaimana tidak, The Blues di bawah kepemilikan Todd Boehly dkk., telah merekrut delapan pemain!

Ada yang berstatus pinjaman seperti Joao Felix, hingga yang paling menghebohkan di pengujung batas waktu, Enzo Fernandez.

Berikut ini enam transfer yang menghebohkan pada Januari 2023.

2 dari 7 halaman

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo secara resmi bergabung dengan klub raksasa Arab Saudi, Al-Nassr. Pihak klub mengumumkan transfer bintang asal Portugal itu melalui akun resmi Instagram mereka, Sabtu (31/12/2022) dini hari WIB.

Al Nassr mendapatkan CR7 secara gratis dari Manchester United. Situasi saat itu, kontrak Ronaldo diputus di tengah jalan, enam bulan sebelum kontrak aslinya tuntas.

Ronaldo menjadi pemain dengan gaji terbesar di dunia, Rp3,3 triliun dalam setahun, termasuk nilai komersial.

3 dari 7 halaman

Cody Gakpo

Liverpool resmi mengumumkan perekrutan striker Cody Gakpo dari PSV Eindhoven, Kamis (29/12/2022). Ini menjadi pembelian pertama The Reds pada bursa transfer Januari 2023. 

PSV sudah mengumumkan bahwa mereka sepakat melepas Gakpo ke Liverpool sejak Selasa (27/12/2022). Gakpo kabarnya direkrut Liverpool dengan biaya 37 juta poundsterling plus tambahan 13 juta poundsterling.

Transfer ini cukup heboh karena sang pemain juga dikaitkan dengan Manchester United.

4 dari 7 halaman

Joao Felix

Chelsea resmi mendatangkan Joao Felix dengan status pinjaman dari Atletico Madrid untuk sisa musim 2022/2023.

The Blues membayar biaya pinjaman sebesar 11 juta euro untuk merekrut pemain berusia 23 tahun itu. Tidak ada opsi atau kewajiban untuk membeli mantan pemain Benfica itu.

Pada saat itu, Felix menjadi rekrutan keempat Chelsea pada jendela transfer Januari, setelah Benoit Badiashile, Andrey Santos, dan David Datro Fofana ke Stamford Bridge.

5 dari 7 halaman

Mykhaylo Mudryk

Chelsea resmi mengumumkan perekrutan bintang muda Ukraina, Mykhaylo Mudryk dari klub Shakhtar Donetsk pada Minggu (15/1/2023) malam WIB.

Chelsea tak menyebut secara rinci nominal biaya transfer Mudryk. Namun, sejak beberapa hari lalu media-media mengklaim bahwa mahar kepindahan Mudryk bernilai sekitar 100 juta euro.

Chelsea mengikat Mudryk dengan kontrak jangka panjang. Bintang Timnas Ukraina itu meneken kontrak berdurasi delapan setengah tahun atau hingga 2031.

Chelsea menikung Arsenal dalam transfer ini.

6 dari 7 halaman

Jorginho

Jorginho menyeberang dari Chelsea ke Arsenal pada deadline day bursa transfer Januari 2023. Mikel Arteta menjadi satu di antara alasan pemain berdarah Brasil itu memilih The Gunners.

“Dia memiliki pengaruh besar. Dia mencoba beberapa kali untuk mendapatkan saya sebelumnya dan itu tidak terjadi karena alasan lain, bukan karena keinginan saya. Jadi tentu saja, dia punya pengaruh besar," kata Jorginho di situs resmi Arsenal.

Gaya bermain Jorginho disebut sangat disukai oleh Arteta. Untuk transfer ini, Arsenal harus membayar 12 juta poundsterling.

7 dari 7 halaman

Enzo Fernandez

Chelsea merampungkan transfer Enzo Fernandez dari Benfica pada deadline day bursa musim dingin 2023, Rabu (1/2/2023) pagi WIB.

Negosiasi Chelsea dengan Benfica terbilang cukup alot. The Blues maju mundur karena Benfica juga bermain-main dengan harga.

Pakar transfer Fabrizio Romano mengunggah semuah dokumen pelepasan Enzo ke Chelsea dari Benfica.

"Pernyataan klub mengonfirmasi kesepakatan 121 juta euro plus biaya tambahan. River Plate akan menerima 25% dari transfer ini. Enzo telah menandatangani kontrak yang berlaku hingga Juni 2031," tulis Fabrizio di Twitter.

Transfer Enzo Fernandez ke Chelsea memecahkan rekor biaya termahal perekrutan pemain di Liga Inggris.

Video Populer

Foto Populer