Sukses


5 Pemain Termahal dalam Bursa Transfer Januari 2023: Dominasi Pemain Muda di Premier League

Bola.com, Jakarta - Bursa transfer musim dingin atau Januari 2023 telah ditutup. Banyak pemain berganti klub pada jendela transfer tengah musim ini untuk bisa melanjutkan karier dengan sangat baik. Menariknya, tak sedikit klub rela keluar kocek cukup dalam, terutama klub Premier League.

Dari laman Transfermarkt, tercatat ada 2.000 transaksi transfer pemain di seluruh dunia pada Januari 2023 ini. Namun, menariknya, klub-klub Inggris mendominasi papan atas daftar transfer dalam hal nilai transfer pemain.

Dari 20 transfer termahal pada Januari 2023 ini saja, Chelsea punya lima pemain anyar baru yang masuk dalam daftar tersebut.

Diikuti oleh Arsenal, Bournemouth, dan Southampton yang masing-masing memiliki dua pemain baru dalam daftar 20 transfer termahal itu.

Boleh dibilang hanya Vitinha yang yang bergabung dengan Marseille sebagai satu-satunya pemain yang tidak datang ke Premier League tapi nangkring di daftar 20 transfer termahal Januari 2023.

Menariknya, lima pemain dengan transfer termahal pada bursa musim dingin 2023 ini datang hanya dari tiga klub berbeda saja. Siapa saja pemain termahal dalam bursa transfer Januari 2023? Berikut ulasannya menurut data di Transfermarkt.

2 dari 6 halaman

5. Benoit Badiashile (Chelsea - 38 Juta Euro)

 

Pemain muda asal Prancis ini direkrut oleh Chelsea dari klub profesional pertama dalam kariernya, AS Monaco. Benoit Badiashile memang merupakan jebolan akademi sepak bola Monaco dan berhasil menembus tim utama AS Monaco pada 2018, di mana saat itu usianya baru 17 tahun.

Kini Benoit Badiashile direkrut oleh Chelsea untuk memperkuat lini pertahanan The Blues di sisa musim ini. Menariknya, dana yang harus dikeluarkan oleh Chelsea cukup besar, yaitu 38 juta euro atau sekitar Rp619 miliar.

Namun memang harus diakui bahwa nilai besaran transfer Chelsea kepada AS Monaco masih di bawah nilai pasar sang pemain. Benoit Badiashile tercatat memiliki nilai pasar di angka 40 juta euro menurut Transfermarkt.

3 dari 6 halaman

4. Cody Gakpo (Liverpool - 42 Juta Euro)

 

Sementara di posisi keempat ada bintang baru Liverpool, Cody Gakpo. Pemain asal Belanda ini direkrut oleh The Reds setelah tampil cukup cemerlang bersama Timnas Belanda di Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar.

Sejumlah klub Premier League yang mengincarnya dibuat terkejut oleh Liverpool yang membuat pergerakan cepat untuk mendatangkan pemain berusia 23 tahun itu.

Liverpool langsung mengamankan transfernya bahkan jelang bursa transfer Januari 2023 baru akan dibuka.

Liverpool merekrut Cody Gakpo dari PSV Eindhoven dengan biaya transfer sebesar 42 juta euro atau sekitar Rp684 miliar. Seperti halnya Benoit Badiashile, nilai transfer Cody Gakpo juga berada di bawah nilai pasarnya yang kini ada di angka 60 juta euro.

4 dari 6 halaman

3. Anthony Gordon (Newcastle United - 45,6 Juta Euro)

 

Jika Liverpool merekrut Cody Gakpo dari PSV Eindhoven, Newcastle United juga merekrut seorang sayap kiri dari klub rival sekota Liverpool, Everton. Pemain itu adalah Anthony Gordon, seorang pemain muda berusia 21 tahun yang memang jebolan akademi Everton.

Meski masih terbilang muda, Newcastle United cukup berani untuk mengeluarkan dana hingga 45,6 juta euro atau sekitar Rp743 miliar demi mendapatkan jasa sang pemain.

Pemain yang pernah dipinjamkan oleh Everton ke Preston itu mendapatkan nilai transfer yang sedikit di atas nilai pasarnya. Saat ini Anthony Gordon memiliki nilai pasar sebesar 40 juta euro.

5 dari 6 halaman

2. Mykhaylo Mudryk (Chelsea - 70 Juta Euro)

 

Pemain muda yang juga berposisi sebagai bek sayap ini direkrut oleh Chelsea dari Shakhtar Donetsk. Pemain yang sebelumnya menjadi target transfer Arsenal itu akhirnya mendarat di Stamford Bridge.

Dengan nilai pasarnya yang berkisar di angka 40 juta euro, keputusan sang pemain dan klubnya, Shakhtar Donetsk, untuk menerima pinangan Chelsea jelas tepat. Tidak tanggung-tanggung, The Blues merekrutnya dengan biaya transfer sebesar 70 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun.

Menurut Transfermarkt, Chelsea pun mengikat sang pemain dengan kontrak yang cukup panjang, yaitu sampai Juni 2031. Maklum, baru beusia 22 tahun, jelas Mudryk akan menjadi aset masa depan yang bagus bagi Chelsea.

6 dari 6 halaman

1. Enzo Fernandez (Chelsea - 121 juta euro)

 

Tiba saatnya di puncak daftar pemain dengan transfer termahal pada bursa Januari 2023. Enzo Fernandez yang baru direkrut Chelsea dari Benfica ada di posisi tersebut.

Gelandang tengah asal Argentina berusia 22 tahun yang terpilih jadi pemain muda terbaik di Piala Dunia 2022 itu memang langsung menjadi properti panas di bursa transfer musim dingin kali ini. Banyak klub menginginkannya.

Pada akhirnya Chelsea tidak ragu untuk menggelontorkan dana hingga 121 juta euro atau sekitar Rp1,9 triliun untuk merekrutnya dari Benfica. Nilai transfer ini dua kali lipat nilai pasarnya yang ada di angka 55 juta euro.

Sumber: Transfermrkt

Video Populer

Foto Populer