Sukses


5 Catatan Menarik Setelah Real Madrid Raih Trofi Kelima di Piala Dunia Antarklub

Bola.com, Jakarta Real Madrid berhasil meraih trofi Piala Dunia Antarklub 2022, setelah membungkam Al Hilal dengan skor 5-2 pada partai final di Prince Moulay Abdellah Stadium, Rabat, Minggu (12/2/2023) dini hari WIB.

Lini depan Real Madrid tampil sangat impresif pada pertandingan tersebut. Federico Valverde dan Vinicius Junior masing-masing memborong dua gol, sedangkan Karim Benzema turut menyumbang satu gol.

Sementara itu, dua dari tiga gol Al Hilal ke gawang Real Madrid yang dikawal Andriy Lunin dicetak oleh Luciano Vietto, sedangkan satu gol lainnya disumbang Moussa Marega.

Sejumlah catatan menarik terjadi selepas duel Real Madrid versus Al Hilal di Piala Dunia Antarklub 2022. Berikut ini ulasan selengkapnya.

 

 

2 dari 6 halaman

Trofi Ke-100 Real Madrid

Bagi Real Madrid, ini merupakan gelar juara Piala Dunia Antarklub yang kelima sepanjang sejarah berdirinya klub.

Sebelumnya, Madrid sukses menyabet trofi juara pada edisi 2014, 2016, 2017, dan 2018. Los Blancos pun semakin mempertegas status sebagai klub dengan gelar Piala Dunia Antarklub terbanyak.

Sebelum itu, Real Madrid pernah tiga kali menjadi juara Piala Interkontinental (turnamen sebelum adanya Piala Dunia Antarklub), yakni pada 1960, 1998, dan 2002.

Secara keseluruhan, Real Madrid kini telah 100 kali menjadi juara di berbagai ajang, mulai domestik, Eropa, hingga dunia. Torehan itu menjadi bukti jika El Real merupakan klub tersukses di dunia.

 

3 dari 6 halaman

Performa Moncer Vinicius dan Valverde

Vinicius tampil luar biasa pada laga ini. Tak cuma memborong dua gol, bintang asal Brasil tersebut juga menyumbang satu assist untuk gol Benzema.

Vinicius Junior tercatat melepas empat tembakan, tiga di antaranya tepat sasaran. Dia juga mengirim dua operan kuncci, tiga kali melakukan dribble sukses, dan lima kali memenangi duel.

Sementara itu, Valverde juga tampil luar biasa. Tak cuma mencetak dua gol, gelandang asal Uruguay itu juga terlibat dalam proses gol pertama.

Vinicius dan Valverde masing-masing menyabet penghargaan Golden Ball dan Silver Ball alias pemain terbaik Piala Dunia Antarklub 2022.

4 dari 6 halaman

Perlawanan Sengit Al Hilal

Al Hilal menjadi tim kejutan luar biasa di Piala Dunia Antarklub 2022 kali ini. Klub asal Arab Saudi itu sudah tampil mengejutkan sejak babak kedua.

Setelah menyingkirkan Wydad Casablanca lewat adu penalti pada babak kedua, Al Hilal juga mengeliminasi Flamengo (juara Copa Libertadores 2022) dengan skor 3-2 di semifinal.

Melawan Real Madrid di final, Al Hilal tampil tanpa beban. Pasukan Ramon Diaz itu kerap bisa merepotkan pertahanan tim lawan.

Tiga gol yang dicetak Al Hilal menjadi bukti betapa sengitnya perlawanan mereka, sekaligus menepis prediksi yang menyebut laga final ini akan berjalan tidak seimbang.

 

5 dari 6 halaman

Rapuhnya Pertahanan Real Madrid

Terlepas dari kemenangan ini, Carlo Ancelotti tetap memiliki PR besar, terutama untuk lini pertahanan. Pasalnya, gawang timnya kebobolan sampai tiga kali.

Duet David Alaba dan Antonio Rudiger di jantung pertahanan Real Madrid cukup mudah ditembus oleh Vietto, Marega, hingga Salem Al Dawsari.

Tak hanya itu, Michael yang masuk sejak pertengahan babak kedua beberapa kali mampu mengobrak-abrik pertahanan Madrid, terutama dari sisi kanan yang ditempati Dani Carvajal.

 

6 dari 6 halaman

Pendongkrak Mental Real Madrid

Bagi Real Madrid, kemenangan ini jelas menjadi sesuatu yang sangat mereka idamkan. Pasalnya, kondisi klub saat ini sebenarnya tidak sedang baik-baik saja.

Sebelum tampil di Piala Dunia Antarklub, Real Madrid sempat mengalami krisis kemenangan. Jika pun menang, performa Los Blancos tetap jauh dari impresif.

Sejak pergantian tahun, Real Madrid seperti belum kembali ke penampilan terbaiknya. Madrid juga kalah di final Piala Super Spanyol dan disalip Barcelona di klasemen La Liga.

Dengan kesuksesan di Maroko ini, Real Madrid tentu berharap ke depannya bisa bangkit dan memperpendek jarak dengan Barcelona di La Liga serta mengalahkan Liverpool pada 16 besar Liga Champions.

Disadur dari: Bola.net (Ari Prayoga/Published: 12/02/2023)

Video Populer

Foto Populer