Sukses


Hasil Liga Europa: Drama 4 Gol, Barcelona Vs MU Berakhir Imbang

Bola.com, Jakarta - Duel antara Barcelona kontra Manchester United (MU) pada leg pertama play-off babak gugur Liga Europa 2022/2023 berakhir tanpa pemenang. Pertandingan yang berlangsung di Camp Nou itu berakhir dengan skor sama kuat 2-2, Jumat (17/2/2023) WIB.

Seluruh gol tercipta di babak kedua, setelah di babak pertama sejumlah peluang emas digagalkan masing-masing kiper.

Barcelona mencetak gol pembuka lewat sundulan Marcos Alonso (50') dan gol penutup di pertandingan ini via Raphinha (76'). Man United sendiri mencetak dua gol di antaranya, masing-masing lewat Marcus Rashford (53') dan bunuh diri Jules Kounde (59').

Hasil ini membuat pertemuan di leg kedua yang berlangsung di markas MU yaitu Old Trafford akan sangat menentukan. Masing-masing tim masih harus memenangi laga tanpa syarat apapun.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Babak Pertama

Permainan berlangsung lambat dalam 15 menit pertama. Namun, Barcelona punya peluang lebih menjanjikan di menit ke-9. Robert Lewandowski nyaris membawa Barcelona unggul andaikan kiper De Gea tidak cekatan melakukan penyelamatan.

Man United baru punya peluang emas di menit ke-28. Wout Weghorst sangat terbuka untuk mengubah skor, tetapi kali ini giliran kiper Ter Stegen yang beraksi menggagalkannya.

Ter Stegen kembali berhasil menunda gol pembuka Man United di menit ke-34. Marcus Rashford yang menerima umpan terobosan dari Jadon Sancho coba mengincar tiang jauh yang ternyata bisa dibaca dengan baik oleh Ter Stegen.

Di menit ke-38, giliran Barcelona yang punya peluang. Jordi Alba memanfaatkan kesalahan Aaron Wan-Bissaka untuk penetrasi dan melepas tembakan yang membentur pemain Man United. Akan tetapi, reaksi De Gea masih sempat menyelamatkan gawang Man United dari kebobolan.

Secara keseluruhan, penampilan kiper kedua tim sangat jadi pembeda. Dua peluang emas dari masing-masing tim mampu diselamatkan.

3 dari 4 halaman

Babak Kedua

Baru di babak kedua, kehebatan masing-masing kiper tak bertahan. Gawang mereka kebobolan dua kali, di samping terus melakukan penyelamatan krusial.

Menit ke-50 pendukung tuan rumah bergemuruh. Sepak pojok Raphinha sukses menjangkau kepala Marcos Alonso. Ia lantas menyundulnya ke tiang dekat yang gagal dijangkau oleh De Gea.

Keunggulan Barcelona hanya bertahan hingga menit ke-53. Rashford akhirnya menjawab rasa penasarannya dengan menaklukkan Ter Stegen lewat tembakan mendatar ke tiang dekat usai mendapatkan umpan dari Fred.

Man United berbalik unggul di menit ke-59. Kali ini dari situasi sepak pojok. Kemelut yang terjadi di depan gawang Barcelona, secara tidak sengaja membentur badan Jules Kounde dan mengarah masuk ke gawang sendiri.

Man United kehilangan keunggulannya di menit ke-76. Kesalahan umpan dari Casemiro membuat Barcelona langsung menyerang. Umpan silang dari Kounde berhasil dituntaskan oleh Raphinha menjadi gol kedua Barcelona.

Dalam sepuluh menit terakhir, Barcelona punya setidaknya dua peluang emas lagi untuk membalikkan keadaan. Sayangnya, De Gea masih sigap untuk menghalau setiap peluang tersebut.

4 dari 4 halaman

Daftar Susunan Pemain

  • Barcelona (4-3-3): Marc-Ander ter Stegen; Jules Kounde, Ronald Araujo, Marcos Alonso (Andreas Christensen 66'), Jordi Alba (Alejandro Balde 66'); Pedri (Sergi Roberto 41'), Frenkie de Jong, Franck Kessie (Ansu Fati 66'); Raphinha (Ferran Torres 83'), Robert Lewandowski, Pablo Gavi.
  • Pelatih: Xavi Hernandez
  • Manchester United (4-2-3-1): David de Gea; Aaron Wan-Bissaka, Raphael Varane, Luke Shaw, Tyrell Malacia; Casemiro, Fred; Jadon Sancho, Bruno Fernandes, Marcus Rashford (Alejandro Garnacho 81'); Wout Weghorst.
  • Pelatih: Erik ten Hag

 

Disadur dari: Bola.net (Abdi Rafi Akmal, published 17/2/2023)

Video Populer

Foto Populer