Sukses


Nasib 10 Pemain Mahal Melebihi 100 Juta Poundsterling: Banyak Juga yang Flop

Bola.com, Jakarta - Tidak semua yang berkilau adalah emas. Pepatah itu bisa menjadi acuan untuk melihat kemampuan para pemain bintang yang nilainya lebih dari 100 juta poundsterling (Rp1,8 triliun).

Nama terakhir yang masuk dalam daftar ini adalah Enzo Fernandez. Pemain muda Argentina itu dibeli Chelsea dengan harga lebih dari 100 juta pounds dari Sporting Lisbon.

Banyak orang merasa harga yang diberikan Chelsea untuk Enzo Fernandez terlalu mahal. Di sisi lain, ada yang menyebut bahwa harga itu sudah wajar mengingat Enzo adalah pemain muda terbaik di Piala Dunia 2022.

Enzo bisa saja meniru sejumlah pemain seharga lebih dari 100 juta pounds yang mampu berbicara banyak dan tidak merugikan klubnya. Tetapi ada juga pemain mahal yang justru berharap transfer itu tidak pernah terjadi melihat penampilannya sekarang.

Berikut nasib 10 pemain seharga lebih dari 100 juta poundsterling. 

 

2 dari 11 halaman

10. Romelu Lukaku (100 Juta Pounds atau Rp1,8 Triliun)

Romelu Lukaku kembali ke Chelsea dengan biaya lebih dari 100 juta pounds dari Inter Milan. Namun, manajer Chelsea saat itu, Thomas Tuchel, justru memilih Kai Havertz di tim utama.

Chelsea akhirnya meminjamkannya lagi ke Inter Milan dan berharap klub Italia itu mengeluarkan uang setara 100 juta pounds. Namun hal itu tentu sangat mustahil lantaran Inter Milan pastinya tidak memiliki uang sebesar itu.

 

3 dari 11 halaman

9. Philippe Coutinho (147 Juta Pounds atau Rp2,67 Triliun)

Seseorang boleh mengaitkan serangkaian kejatuhan Barcelona karena merekrut Philippe Coutinho. Dia direkrut dengan harga fantastis oleh Barcelona dari Liverpool untuk menggantikan sosok Neymar, tepatnya 147 juta pounds. 

Penyerang Brasil ini justru tidak berkembang dan akhirnya dipinjamkan ke Bayern Munchen serta disebut sebagai pemborosan. Kala Munchen juara, Barcelona justru harus membayar ke Liverpool karena dalam kontrak disebutkan The Red akan mendapat bonus jika Coutinho juara Liga Champions.

4 dari 11 halaman

8. Eden Hazard (102 Juta Pounds atau Rp1,85 Triliun)

Zinedine Zidane pernah sekali salah menilai seorang pemain saat membesut Real Madrid. Kala itu, dia mendatangkan Eden Hazard yang dibeli sangat mahal meski usianya sudah menua.

Benar saja, Hazard lebih banyak melawan cedera hingga konsistensi saat berseragam Madrid. Inilah para pelatih Real Madrid lebih mempercayakan urusan bursa transfer kepada Florentino Perez.

 

5 dari 11 halaman

7. Antoine Griezmann (106 Juta Pounds atau Rp1,92 Triliun)

Antoine Griezmann seperti membuat film dokumenter tentang keputusannya untuk tetap di Atletico Madrid dan menolak pindah ke Barcelona. Tetapi uang lebih dari 100 juta pound akhirnya tidak bisa membendung kepindahannya ke Camp Nou.

Saat dia pindah ke Barcelona, Atletico Madrid justru menjadi juara La Liga Spanyol. Griezmann justru lebih banyak berdiplomasi supaya mendapatkan peran di posisi yang sama dengan Lionel Messi hingga kemudian kembali ke Atletico.

 

6 dari 11 halaman

6. Joao Felix

Saat berada di Benfica, Joao Felix memang layak menjadi pemain dengan nilai lebih dari 100 juta pounds. Dia bermain lugas di belakang striker dan sangat sulit menghentikannya.

Namun malapetaka terjadi kala dia pindah ke Atletico Madrid, karena posisi itu tidak lagi dia dapatkan. Kini, dia berharap dapat mengembalikan performanya saat dipinjamkan ke Chelsea.

 

7 dari 11 halaman

5. Cristiano Ronaldo (101 Juta Pounds atau Rp1,83 Triliun)

Cristiano Ronaldo membantu Juventus memenangkan gelar Liga Italia Serie A ketika di ada di Turin setelah didatangkan dengan banderol 101 juta pounds. Dia juga mampu menjadi mesin pencetak gol paling subur di Italia.

Itu yang membuat Manchester United tertarik memboyongnya kembali. Sang penyerang memang mampu menunjukan ketajamannya tetapi gagal membuat MU bersinar hingga akhirnya didepak dan pindah ke Arab Saudi.

 

8 dari 11 halaman

4. Jack Grealish (100 Juta Pounds atau Rp1,81 Triliun)

"Saya seharusnya mencetak lebih banyak gol, saya seharusnya mendapatkan lebih banyak assist," kata Jack Grealish setelah mengalahkan Wolves musim ini. "Anda tahu, saya akan selalu membuat orang membicarakan saya dengan jumlah yang saya dapatkan," lanjutnya.

Grealish banyak diperbincangkan orang dengan harganya yang mahal tetapi penampilannya yang biasa saja di Man City. Klub berjulukan The Citizen itu merekrut Grealish dengan harga 100 juta pounds. 

Seandainya Grealish datang secara gratis maka perdebatan itu tidak akan terjadi.

 

9 dari 11 halaman

3. Ousmane Dembele (120 Juta Pounds atau Rp2,18 Triliun)

Sungguh keterlaluan bahwa biaya Ousmane Dembele sangat mahal dan hal itu sama sekali bukan kesalahan sang pemain. Barcelona harus merogoh 120 juta pounds saat memboyongnya ke Camp Nou dari Borussia Dortmund. 

Pemain berusia 25 tahun ini memang sering dibandingkan dengan Kylian Mbappe yang tampil lebih ganas. 

Apakah dia perekrutan yang bagus? Secara keseluruhan, ya. Hanya butuh waktu untuk membuktikan. Seandainya dia bergabung dengan harga 50 juta pound, dia adalah pemain berharga.

 

10 dari 11 halaman

2. Neymar (197 Juta Pounds atau Rp3,57 Triliun)

Revolusi terjadi di Paris Saint Germain (PSG) saat Neymar datang dengan banderol 197 juta pounds dari Barcelona pada 2017. Striker Brasil ini membawa PSG berlaga di pertandingan sistem gugur dan menjadi ditakuti di Liga Champions.

Neymar juga mencetak 117 gol dalam 169 pertandingan. Nama PSG kini sudah setara dengan Real Madrid dan Liverpool untuk mampu melakukan banyak hal di Eropa.

 

11 dari 11 halaman

1. Kylian Mbappe (160 Juta Pounds atau Rp2,9 Triliun)

Kylian Mbappe mungkin sebenarnya telah melampaui ekspektasi. Dia datang ke PSG serupa dengan kedatangan Neymar ke Paris dan mengubah klub jadi sangat menakutkan.

PSG memang belum menaklukkan Eropa dan Mbappe harus berjuang lebih keras lagi. Di usianya yang ke 24 tahun, Mbappe sudah memiliki 196 gol dan memang layak mendapatkan harga 160 juta pounds lebih.

Sumber: Four Four Two

Video Populer

Foto Populer