Sukses


Jadi Pemain Terbaik FIFA 2022, Lionel Messi: Tanpa Rekan Setim, Saya Tidak akan Ada di Sini

Bola.com, Jakarta - Bintang Timnas Argentina dan Paris Saint-Germain (PSG), Lionel Messi, dinobatkan sebagai pemain terbaik FIFA 2022. Pemain yang membawa Argentina menjuarai Piala Dunia 2022 itu mendedikasikan penghargaan itu untuk rekan setimnya.

Pemain berusia 35 tahun itu mengungguli rekan setimnya di PSG, Kylian Mbappe, dan striker veteran Real Madrid, Karim Benzema, untuk bisa menjadi pemain terbaik FIFA 2022 yang diberikan pada Senin (27/2/2023) malam waktu setempat.

Lionel Messi tak bisa menutupi rasa gembiranya dengan satu lagi penghargaan yang diperolehnya. Ia mengakui bahwa 2022 menjadi tahun yang istimewa baginya.

"Sungguh menakjubkan. Ini merupakan tahun yang luar biasa dan sebuah kehormatan bagi saya bisa berada di sini dan memenangkan penghargaan ini," ujar Lionel Messi seperti dilansir dari BBC.

"Tanpa rekan setim, saya tentu tidak akan bisa berada di sini. Saya mencapai impian yang sudah lama saya harapkan. Sangat sedikit orang yang bisa mencapainya dan saya beruntung bisa melakukannya," lanjut bintang PSG asal Argentina itu.

 

2 dari 4 halaman

Lionel Scaloni dan Emiliano Martinez juga Jadi yang Terbaik

Dalam seremoni penghargaan FIFA 2022 yang digelar di Paris, Prancis, Lionel Scaloni terpilih menjadi pelatih terbaik setelah berhasil mengantarkan Argentina menjadi juara Piala dunia 2022.

Sementara itu, rekan setim Lionel Messi di Timnas Argentina, Emiliano Martinez, juga terpilih menjadi kiper terbaik 2022.

Martinez tak hanya membawa Argentina menjuarai Piala Dunia 2022, tetapi juga melakukan empat penyelamatan penalti, termasuk saat menghadapi Prancis di pertandingan final.

Sumber: BBC

3 dari 4 halaman

Daftar Penghargaan FIFA 2022

  • Pemain Wanita Terbaik FIFA: Alexia Putellas (Spanyol/FC Barcelona Femení)
  • Pemain Pria Terbaik FIFA: Lionel Messi (Argentina/Paris Saint-Germain FC)
  • Kiper Wanita Terbaik FIFA: Mary Earps (Inggris/Manchester United WFC)
  • Kiper Pria Terbaik FIFA: Emiliano Martínez (Argentina/Aston Villa FC)
  • Pelatih Wanita Terbaik FIFA: Sarina Wiegman (Timnas Wanita Inggris)
  • Pelatih Pria Terbaik FIFA: Lionel Scaloni (Timnas Pria Argentina)
  • Penghargaan FIFA Puskás: Marcin Oleksy (Polandia/Warta Poznań)
  • Penghargaan FIFA Fair Play: Luka Lochoshvili (Georgia/Wolfsberger AC/U.S. Cremonese)
  • Penghargaan Penggemar FIFA: Suporter Argentina
4 dari 4 halaman

FIFPro World XI

Sementara itu, Lionel Messi juga masuk dalam FIFPro men's WORLD XI atau tim pilihan terbaik dunia. Menariknya, tim ini menggunakan formasi 3-3-4 karena lebih banyak pemain dengan performa luar biasa di lini serang.

Lionel Messi ada di depan bersama dua pemain yang dikalahkannya dalam perebutan penghargaan FIFA 2022, Karim Benzema dan Kylian Mbappe, serta bomber muda yang cemerlang bersama Borussia Dortmund dan kemudian bersama Man City, Erling Haaland.

Sementara itu, di lini tengah ada Kevin de Bruyne, Luka Modric, dan Casemiro. Luka Modric dan Casemiro merupakan pemain yang membantu Real Madrid menjuarai Liga Champions 2021/2022, sementara Kevin de Bruyne adalah jenderal lini tengah Man City yang mendominasi di Premier League.

Sementara di lini pertahanan ada trio Achraf Hakimi, Virgil van Dijk, dan Joao Cancelo. Ketiganya merupakan pemain yang menjadi andalan di lini pertahanan klubnya masing-masing, yaitu PSG, Liverpool, dan Man City.

Khusus Achraf Hakimi, ia sukses mengantarkan Maroko hingga ke semifinal dan menjadi tim peringkat keempat di Piala Dunia 2022.

 

FIFPro Men's World XI:

  • Kiper: Thibaut Courtois
  • Bek: Achraf Hakimi, Virgil van Dijk, Joao Cancelo
  • Gelandang: Kevin de Bruyne, Luka Modric, Casemiro
  • Penyerang: Lionel Messi, Erling Haaland, Karim Benzema, Kylian Mbappe

Video Populer

Foto Populer