Sukses


Freiburg Punya 3 Alasan Kuat untuk Bisa Singkirkan Juventus dari Liga Europa

Bola.com, Jakarta - Hasil undian babak 16 besar Liga Europa 2022/2023 telah dilakukan Jumat (24/2/2023). Satu di antara hasil undiannya adalah mempertemukan Juventus dengan SC Freiburg asal Jerman.

Juventus bersua wakil Bundesliga itu untuk saling sikut dan meraih tiket ke babak berikutnya atau perempat final Liga Europa. Juventus akan bertindak sebagai tuan rumahnya terlebih dulu pada 10 Maret 2023, kemudian giliran bertandang seminggu kemudian.

Kiprah Juventus di kompetisi antarklub Eropa musim ini cukup tragis. Si Nyonya Tua tersingkir dari babak penyisihan grup Liga Champions setelah kalah bersaing dengan Benfica dan PSG.

Finis di posisi ketiga penyisihan grup Liga Champions, memuat Juventus terlempar ke Liga Europa dan harus melewati babak play-off lebih dulu. Juventus kemudian menyingkirkan Nantes untuk maju ke fase gugur.

Freiburg, lawan Juventus, tidak boleh dianggap remeh. Berikut ini lima alasan kenapa wakil Bundesliga itu bisa menciptakan kejutan.

2 dari 4 halaman

Grifo Paham Sepak Bola Italia

Freiburg dikenal sebagai tim papan tengah, namun Vincenzo Grifo membuat nama tim tersebut menjadi satu di antara tim Jerman paling ditakuti saat ini.

Sembilan gol dalam sembilan pertandingan liga terakhirnya telah membuat pemain sayap itu muncul sebagai salah satu pemain paling berbahaya di Bundesliga. Dia sekarang menjadi kandidat peraih gelar top scorer.

Tidak ada pemain Juventus yang dapat menandingi 12 gol Grifo di liga musim ini. Bahkan Dusan Vlahovic baru mencetak delapan gol.

Grifo berkesempatan menunjukkan performa apiknya melawan wajah-wajah familier di pertandingan Liga Europa. Dia memiliki total delapan caps internasional untuk Timnas Italia, dan mencetak dua gol dalam kemenangan melawan Albania November lalu, dengan Leonardo Bonucci dan Nicolo Fagioli dari Juventus di skuad yang sama.

3 dari 4 halaman

Momentum

Hasil imbang 1-1 di Qarabag pada November memastikan Freiburg menjadi satu dari hanya empat tim yang menyelesaikan babak grup Liga Europa tanpa terkalahkan. Sukses ini juga menempatkan mereka di babak sistem gugur kompetisi kontinental untuk pertama kalinya.

Sebaliknya, Juventus saat ini berada di urutan ketujuh di Serie A setelah kalah 0-1 dari Roma pada akhir pekan lalu. Momentum jelas ada di kubu Freiburg.

 

4 dari 4 halaman

Spesialis Turnamen

Sementara Freiburg akan senang digambarkan sebagai underdog melawan Juventus, rekor mereka di kompetisi sistem gugur diam-diam cukup luar biasa.

Freiburg berada di perempat final Piala DFB musim ini, di mana mereka akan menghadapi Bayern Munchen, dan musim lalu kalah di final lewat adu penalti melawan Leipzig.

Data itu membuat Freiburg menjadi lawan yang tangguh dalam turnamen dengan skema sistem gugur.

Video Populer

Foto Populer