Sukses


11 Statistik Mencengangkan Lionel Messi di Level Klub, Memang GOAT Sejati

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi semakin menguatkan status sebagai salah satu atau bahkan yang terhebat sepanjang masa. La Pulga baru saja mengguratkan rekor baru dengan catatan 300 assist sepanjang karier klub. 

Pemain berusia 35 tahun itu baru-baru ini juga bergabung dengan daftar pemain elite yang telah mencetak 700 gol di level klub. Dia mencapainya setelah mencetak 18 gol untuk PSG musim ini, dan melampaui total golnya musim sebelumnya.

Tahun terbaik Lionel Messi dalam urusan mencetak gol terjadi pada 2012. Saat itu, kapten Timnas Argentina ini mengemas 91 gol sepanjang tahun kalender. Rekor ini sulit disamai oleh pemain lainnya.

Lionel Messi pertama kali mencetak lebih dari 20 gol dalam satu musim kala memperkuat Barcelona era 2008/2009. Saat itu, dia juga turut mengantarkan Blaugrana meraih treble winners.

Ada banyak rekor yang diciptakan Lionel Messi yang membuatnya layak menjadi seorang greatest of all time (GOAT). Simak lebih lanjut 11 statistik hebat Lionel Messi.

 

2 dari 3 halaman

Bersanding dengan Maradona dan Pele

Sebelum melihat 11 statistik hebat Lionel Messi,  Pep Guardiola pernah menyebut La Pulga sebagai yang terbaik, bahkan melebihi Pele, Diego Maradona, dan Alfredo Di Stefano.

"Setiap orang memiliki pendapat, tetapi tidak ada yang bisa meragukan bahwa Messi ada di sana dengan yang terbaik sepanjang masa," kata Guardiola.

"Andaikan dia Messi tidak menjuarai Piala Dunia, pendapat saya tentang dia di sepak bola tidak akan berubah sama sekali," tambah Guardiola. "Baginya, Piala Dunia adalah ceri terakhir dalam karier yang luar biasa," tandasnya.

 

3 dari 3 halaman

Statistik Gemilang Lionel Messi

Berikut 11 statistik hebat Lionel Messi sepanjang karier profesionalnya hingga kini. Catatannya, gol dan assist Messi bersama Barcelona B dan Barcelona C tentu saja tidak masuk hitungan.

  • 1. Sepanjang karier klubnya, Messi mencetak rata-rata gol setiap 98 menit. Dia memainkan 843 pertandingan di level klub dan rata-rata mencetak 0,83 gol per pertandingan.
  • 2. Messi juga rata-rata mencetak 0,36 assist per pertandingan, serta mencatatkan 300 assist di level klub. 
  • 3. Messi mengoleksi lebih dari 10 gol di level klub selama 17 musim berturut-turut. Antara musim 2009/2010 dan 2018/2019, Messi mencetak lebih dari 40 gol klub selama 10 musim berturut-turut.
  • 4. La Pulga menceploskan 75 gol dari luar kotak penalti dalam permainan terbuka dan mencetak 52 gol lagi dari tendangan bebas. Di liga saja, dia telah mengonversi 9,1 persen dari tendangan bebas yang diambilnya. 
  • 5. Dari 701 golnya, 84 di antaranya berasal dari titik penalti. Artinya, 617 golnya di level klub berasal dari permainan terbuka atau tendangan bebas.
  • 6. Messi menjadi pemain kedua dalam sejarah yang mencetak 700 gol klub dalam kariernya. Ini menurut International Federation of Football History and Statistics.
  • 7. La Pulga menjadi pemain pertama yang mencapai 300 assist selama karier profesional di klub.
  • 8. Messi berhasil mencetak 700 gol di level dalam 103 pertandingan lebih sedikit daripada yang dicetak Cristiano Ronaldo untuk mencapai penghitungan yang sama.
  • 9. Dengan penghitungan gol dan assistnya yang mencengangkan, Messi memiliki rata-rata kontribusi gol setiap 68,9 menit.
  • 10. Dia total telah mencetak 48 hattrick di level klub, yang semuanya tercipta saat berseragam Barcelona.
  • 11. Lima klub yang paling sering jadi korban untuk dibobol Lionel Messi adalah Sevilla, Atletico Madrid, Valencia, Athletic Bilbao, dan Real Madrid. Sebanyak 156 golnya terjadi melawan lima klub ini.

Sumber: Planet Football

Video Populer

Foto Populer