Sukses


Resmi Pensiun, Inilah Deretan Rekor Mesut Ozil yang Sulit Dipecahkan oleh Siapapun

Bola.com, Jakarta - Mesut Ozil telah mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola profesional. Sepanjang kariernya, pesepak bola yang pernah mampir ke Istiqlal itu mencatatkan tiga rekor yang hingga kini tak terpecahkan, dan mungkin bakal sulit dipecahkan oleh siapapun.

Pemain berusia 34 tahun itu meninggalkan Arsenal dengan cara yang sengit pada Januari 2021 dan sejak itu Mesut Ozil bermain di Turki, pertama untuk Fenerbahce dan baru-baru ini untuk Istanbul Basaksehir.

Namun, Ozil telah mengonfirmasi bahwa dia sekarang meninggalkan olahraga tersebut, hanya delapan bulan setelah bergabung dengan Basaksehir karena kepindahannya yang ternyata dirusak oleh cedera.

"Halo semuanya, setelah mempertimbangkan dengan matang, saya mengumumkan pengunduran diri saya segera dari sepak bola profesional."

"Saya mendapat hak istimewa untuk menjadi pemain sepak bola profesional selama hampir 17 tahun sekarang dan saya merasa sangat berterima kasih atas kesempatan itu. Tetapi dalam beberapa minggu dan bulan terakhir, setelah menderita beberapa cedera, semakin jelas bahwa sudah waktunya untuk meninggalkan panggung besar sepak bola," tulis Mesut Ozil.

2 dari 5 halaman

Terima Kasih Arsenal

Kepindahan Mesut Ozil ke Arsenal dari Real Madrid pada musim panas 2013 disambut oleh kegembiraan besar di London utara, dan di tahun pertamanya di klub membantu mengakhiri paceklik trofi selama sembilan tahun saat The Gunners mengangkat Piala FA.

Pada musim 2015/2016 dia memberikan 19 assist Liga Inggris, hanya satu di belakang rekor yang dibuat oleh Thierry Henry, dan dia berkomitmen untuk masa depannya ke klub pada Januari 2018 ketika menandatangani kontrak baru £350.000 per minggu untuk mengakhiri spekulasi atas masa depannya.

Frustrasi mulai tumbuh meskipun di bawah Unai Emery, yang mengkritik sikap Ozil selama memimpin The Gunners, dan kedatangan mantan rekan setimnya Mikel Arteta sebagai bos tidak terbukti bersih seperti yang diharapkan semula.

Ozil dikeluarkan dari skuad 25 pemain Liga Premier Arsenal pada tahun 2020, dengan sangat jelas bahwa dia tidak termasuk dalam rencana Arteta, dan kontraknya diakhiri pada Januari 2021 dengan sisa kontrak enam bulan.

Kendati begitu, Ozil berterima kasih kepada seluruh klub yang pernah dibelanya, termasuk Arsenal.

"Merupakan perjalanan luar biasa yang dipenuhi dengan momen dan emosi yang tak terlupakan. Saya ingin berterima kasih kepada klub saya, Schalke 04, Werder Bremen, Real Madrid, Arsenal FC, Fenerbahce, Basaksehir dan para pelatih yang mendukung saya, ditambah rekan satu tim yang telah menjadi teman."

 

3 dari 5 halaman

Rekor Istimewa

Mesut Ozil memegang rekor sebagai berikut:

  • ◉ Peluang terbanyak tercipta dalam satu musim di lima besar liga Eropa
  • ◉ Peluang terbanyak tercipta dalam satu pertandingan Premier League
  • ◉ Peluang terbanyak tercipta dalam 90 menit pertandingan Liga Champions
4 dari 5 halaman

Raja Assist

Tidak ada pemain yang memberikan assist lebih banyak dari Mesut Özil selama kompetisi berikut:

  • ◉ Bundesliga 2009/10
  • ◉ Piala Dunia 2010
  • ◉ Liga 2011/12
  • ◉ Euro 2012
  • ◉ Liga Inggris 2015/16
5 dari 5 halaman

Pemain Berbahaya

Video Populer

Foto Populer