Sukses


Tim Termuda Manchester United di Panggung Liga Champions : Daftar Nama dan Nasib Terkini

Bola.com, Jakarta - Pada 18 Maret 2003, Manchester United menurunkan tim termuda di Liga Champions. Saat itu, mereka menghadapi wakil Spanyol, Deportivo La Coruna dalam laga terakhir fase Grup D.

Pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson sengaja menurunkan tim muda karena sudah mematikan diri lolos ke fase selanjutnya. Oleh karena itulah, dalam lawatan ke markas La Coruna, sang bos memilih menurunkan pemain-pemain muda.

Meski akhirnya kalah 0-2, Ferguson menyatakan kalau dia “puas dengan upaya” yang dilakukan tim mudanya. Sayang, langkah MU terhenti di babak perempat final setelah kalah aggregat 5-6 dari raksasa Spanyol, Real Madrid.

Sekarang mari kita lihat lagi siapa-siapa saja wonderkid yang dimainkan Ferguson kontra Deportivo La Coruna. Pada artikel di bawah ini, bakal muncul kiper serta deretan bek, seperti dilansir Planetfootball.

 

2 dari 6 halaman

Ricardo

Tak terasa, saat ini Ricardo sudah berusia 51 tahun. Kiper kelahiran 30 Desember 1971 ini datang dari Real Valladolid pada 2002 dan bertahan hingga 2005. Tak mudah baginya mendapat kesempatan, karena Ricardo berada di bawah bayang-bayang dua kiper lainnya, yakni Fabien Barthez dan Roy Carroll.

Dia mendapat kepercayaan penuh saat bentrok kontra Deportivo La Coruna, tapi gawangnya kebobolan dua kali. Selepas dari MU, Ricardo sempat mengembara ke Ossasuna dan menghabiskan satu tahun sebagai pelatih kiper Timnas Jepang.

Dia juga dipercaya sebagai pelatih Racing Ferrol di Segunda B pada 2018, pelatih kiper Inter Miami milik David Beckham, dan terakhir terlihat sebagai manajer tim liga bawah Spanyol SD Ejea.

 

3 dari 6 halaman

Lee Roche (Michael Stewart, ’46)

Pertandingan melawan Deportivo La Coruna pada 18 Maret 2003 menjadi penampilan terakhir Roche untuk MU. Ferguson menempatkannya sebagai bek kanan.

Pada babak kedua, dia ditarik keluar dan posisinya digantikan Michael Stewart. Dia bermain untuk Burnley, Wrexham dan Droylsden. Setelah itu gantung sepatu pada 2011 saat baru berusia 30 tahun.

Stewart juga tidak pernah bermain untuk MU lagi dan pensiun pada usia 30. Ia sempat mencalonkan diri sebagai parlemen pada 2015 tetapi, setelah kalah, fokus sebagai pakar.

 

4 dari 6 halaman

Laurent Blanc

Ketika merapat ke Old Trafford, Blanc sudah tak lagi muda yakni 36 tahun. Tapi Ferguson masih tertarik dan memboyongnya dari Inter Milan pada 2001. Blanc bertugas mengawasi pemain muda, tapi tak bisa berbuat banyak dalam kekalahan 0-2 dari Deportivo La Coruna.

Meninggalkan MU dua tahun berselang, Blanc laris manis sebagai pelatih. Legenda itu pernah menukangi Bordeaux, Timnas Prancis, Paris Saint-Germain, Al-Rayyan, dan sejak 2022 dipercaya melatih Lyon.

 

5 dari 6 halaman

John O’Shea

Satu di antara sedikit kisah sukses O'Shea, dia membuat 393 penampilan untuk MU sebelum bergabung dengan Sunderland pada 2011. Black Cats turun kasta ke League One pada 2018, ia tetap di Championship bersama Reading.

O’Shea mengakhiri kariernya di Republik Irlandia dengan hanya 118 caps. Saat ini dia bekerja sebagai pelatih di Timnas Irlandia U-21.

 

6 dari 6 halaman

Mark Lynch

Lynch, tanpa disadari membuat penampilan pertama dan terakhirnya dengan seragam MU. Ia mencetak gol bunuh diri pada babak kedua, yang memastikan kekalahan 0-2 Manchester United dari tuan rumah Deportivo La Coruna.

Dia melanjutkan karier nomaden yang tidak mengesankan. Puncaknya, ia membela Altrincham, lalu pensiun pada 2012 saat berusia 30 tahun.

Sumber: Planetfootbal

Video Populer

Foto Populer