Sukses


Masih Ingat Okocha? Gelandang Legendaris Nigeria yang Dianggap Pantas Menyandang GOAT Ketimbang Messi atau Ronaldo

Bola.com, Jakarta - Bagi para penikmat sepak bola dunia pada era 90-an, pasti tidak asing dengan sosok Augustine Jay-Jay Okocha. Pesepak bola Nigeria yang malang melintang di sejumlah klub Eropa.

Jay-Jay Okocha dikenal sebagai gelandang serang yang dibekali skill individu mumpuni. Aksi gocekan, penguasaan bola, mengelabui lawan, dan naluri mencetak golnya memang keren.

Okocha tercatat pernah berseragam Paris Saint-Germain (PSG) dan juga Bolton Wanderes. Mantan pemain Ia kerap memukau penonton dengan bakat dan keanggunannya menari-nari dengan bola.

Siapa sangka, Jay-Jay Okocha diakui oleh seorang mantan pemain Liverpool, John Barnes sebagai pemain dengan skill tinggi, bahkan jauh melebihi kemampuan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

2 dari 4 halaman

Lebih Hebat

Okocha, kapten legendaris Super Eagles (julukan Timnas Nigeria), mendapat pujian dari mantan striker Liverpool John Barnes. Selain Okocha, ada nama Ronaldinho yang punya skill istimewa.

Okocha juga pernah merumput di Eintracht Frankfurt dikenal sebagai penghibur sepak bola pertama dan terhebat di Afrika. Menurut Barnes, kemampuan dari Messi atau Ronaldo masih kalah dari Okocha.

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah menjadi subjek pertentangan mengenai siapa pemain terhebat sepanjang masa selama lebih dari satu dekade. Tapi bagi Barnes Okocha dan Ronaldinho sebagai GOAT.

3 dari 4 halaman

Bakat Alami

Saat mengomentari Okocha, Barnes menyebutnya sebagai salah satu dari dua pemain paling terampil dalam sejarah sepak bola, sembari mengabaikan Messi dan Ronaldo.

“Ketika berbicara tentang dua pemain terampil yang paling berbakat secara alami dan individu, bukan soal yang bermain dalam tim besar. Ronaldinho dan Jay-Jay Okocha adalah orangnya,” ujar John Barnes seperti dilansir dari Soccernet.

“Dua pemain tersebut adalah pemain paling terampil karena hal-hal yang dia lakukan. Dia melakukannya lebih baik daripada Messi, Ronaldo, dan semua orang dalam hal keterampilan murni.”

4 dari 4 halaman

Kiprah Jay-Jay Okocha

Jay-Jay Okocha adalah mantan pemain sepak bola profesional Nigeria yang berposisi sebagai gelandang serang. Dia bermain 73 kali untuk Timnas Nigeria antara 1993 dan 2006, mencetak 14 gol, serta tampil di tiga edisi Piala Dunia.

Okocha memulai karirnya di Enugu Rangers di kompetisi sepak bola profesional Nigeria sebelum pindah ke Borussia Neunkirchen (klub divisi ketiga Jerman) pada Juli 1990.

Kemudian kariernya menanjak dengan pernah bermain Eintracht Frankfurt, Fenerbahce, Paris Saint-Germain, Bolton Wanderes, Qatar SC, dan Hull City sebelum pensiun pada tahun 2008.

Sumber: Soccernet

Video Populer

Foto Populer