Sukses


8 Suporter Klub Sepak Bola Paling Ciamik di Dunia: Bukan Fans MU di Nomor Satu

Bola.com, Jakarta - Manchester United merupakan satu di antara klub top yang memiliki basis penggemar hampir diseluruh negara. Namun ternyata, fans MU bukanlah yang paling ciamik di dunia.

Kehadiran suporter di dunia olahraga, terutama sepak bola mampu mendongkrak semangat pemain yang bertanding di lapangan. Selain menyemangati pemain, sorak sorai suporter juga bisa membuat ciut nyali tim lawan.

Setiap klub sepak bola memiliki sebutan bagi fansnya masing-masing. Di Eropa misalnya, pendukung Liverpool disebut Kopites atau The Kop, AC Milan disebut Milanisti, Inter Milan disebut Interisti, atau Arsenal yang kerap dipanggil The Gooners.

Tak hanya Eropa, suporter klub di Indonesia juga memiliki panggilan atau julukan masing-masing. Mulai dari The Jakmania untuk Persija Jakarta, Bobotoh untuk Persib Bandung, Aremania untuk Arema FC, serta Bonek untuk Persebaya Surabaya.

Lantas, klub mana yang suporternya paling ciamik di dunia? Apakah fans Manchester United layak mendapat label nomor satu di dunia? Berikut ini delapan suporter klub sepak bola paling ciamik di dunia versi Sportsbrief.

 

 

 

 

 

 

 

 

2 dari 9 halaman

8. Borussia Monchengladbach fans - The Foals

Fans Monchengladbach kerap memberikan dukungan langsung kepada klub kesayangannya saat bertanding di Borussia-Park. Klub asal Jerman itu memiliki basis penggemar yang disebut The Foals.

Mereka tak hanya mendukung Borussia Monchengladbach, tetapi juga kerap melakukan kegiatan amal.

Ketika pandemi COVID-19 melanda Jerman pada 2020 sampai 2022 lalu, The Foals mengumpulkan dana hingga 40 ribu euro. Dana tersebut disumbangkan kepada badan amal yang membantu masyarakat terdapak pandemi.

3 dari 9 halaman

7. Arsenal - The Gooners

Tim Meriam London merupakan satu di antara klub elite di Eropa dan dunia. Tak heran jika Arsenal memiliki basis penggemar hampir di seluruh negara.

Tercatat saat ini ada 25 juta orang di seluruh dunia yang mendukung Arsenal. Fans mereka kerap disebut sebagai The Gooners, mirip dengan julukan klub The Gunners.

4 dari 9 halaman

6. Schalke 04 - The Leidenschaft

Didirikan pada 1904, Schalke 04 telah berkembang pesat menjadi tim terbesar di Jerman dalam jumlah anggota. Schalke memiliki asosiasi klub penggemar resmi hampir di seluruh dunia.

Tercatat ada 1.500 organisasi fans Schalke 04 secara global. Pendukung klub yang dijuluki Die Knappen tersebut menyebut diri mereka, The Leidenschaft.

Nama tersebut memiliki arti "gairah", tetapi juga disebut sebagai "Leiden", yang berarti menderita.

5 dari 9 halaman

5. Bayern Munchen - The Bavarians

Die Bayern adalah tim sepak bola paling terkenal di Jerman dan di antara yang paling sukses di dunia. Basis penggemarnya yang bersemangat menempati urutan dalam daftar penggemar sepak bola terbaik di seluruh dunia.

Fanbase Bayern Munchen memiliki lebih dari 200 ribu anggota resmi di seluruh dunia. Penggemar Bayern pun disebut sebagai Tha Bavarians. Dukungan penuh dari suporternya turut membantu Die Roten meraih 80 trofi juara di berbagai ajang.

6 dari 9 halaman

4. Real Madrid supporters - The Madridistas

Los Blancos merupakan klub dengan segudang prestasi di Spanyol, Eropa, dan dunia. Mengoleksi 122 trofi juara di berbagai ajang membuat Real Madrid digemari para pencinta sepak bola di seantero negara.

Saat ini, Madrid memiliki lebih dari 1.800 organisasi suporter dengan lebih dari 170 juta anggota di seluruh dunia. Mereka juga memiliki kurang lebih 242 juta pengikut di media sosial.

Penggemar Madrid dikenal sebagai Madridistas yang selalu mampu mendongkrak semangat bertanding pemain, serta memberi tekanan ke tim lawan.

7 dari 9 halaman

3. Barcelona - The Culers

Sama seperti Real Madrid, Barcelona juga memiliki basis penggemar hingga ratusan juta di seluruh dunia. Disebut sebagai The Culers, pendukung Barca adalah satu di atara yang paling bersemangat memberikan suport kepada tim kesayangannya.

Mereka melindungi budaya dan warisan Catalan dan percaya pada moto Barcelona, 'Mes Que Un Club' (lebih dari sekedar klub). Barca termasuk di antara tim paling sukses di dunia dan telah melahirkan beberapa pemain terhebat dunia, seperti Lionel Messi dan Ronaldinho.

Los Cules memiliki lebih dari 250 juta pengikut di media sosial. Anda juga dapat melakukan pendaftaran keanggotaan The Culers secara online.

8 dari 9 halaman

2. Manchester United - The Red Devils

Di posisi kedua suporter terbaik di dunia ditempati fans Manchester United. Klub yang dijuluki The Red Devils itu memiliki lebih dari 350 juta penggemar di seluruh dunia.

Klub ini memiliki lebih dari 200 organisasi suporter resmi di 24 negara, dan lebih dari 160 juta pengikut di media sosial. MU memiliki sejarah yang kaya dan merupakan satu di antara tim paling sukses di Inggris.

Lantas, klub mana yang berada di posisi teratas yang dianggap sebagai suporter terbaik di dunia? Simak di bawah ini.

9 dari 9 halaman

1. Borussia Dortmund - BVB

Urutan teratas ternyata diisi klub asal Jerman, Borussia Dortmund. Fans Die Borussen dianggap sebagai yang terbaik di dunia.

Penggemar Dortmund yang bersemangat menyebut diri mereka Ultras atau BVB dan mengasosiasikan diri dengan 'Yellow Wall' yang tradisional di Signal Iduna Park.

Tercatat, basis penggemar Borussia Dortmund memiliki lebih dari 40 juta penggemar berat hampir di seluruh dunia. Meski tak sebesar fansbase Manchester United, Barcelona, atau Real Madrid, suporter Dortmund memiliki saham klub kesayangan mereka.

Hal tersebut sesuai dengan regulasi 50+1, yakni skema kepemilikan yang menjadikan suporter sebagai pemegang saham mayoritas di klub-klub Bundesliga dan Bundesliga 2.

Video Populer

Foto Populer