Sukses


Hasil Lengkap Leg 1 Semifinal Liga Europa: AS Roma Menang, Juventus Selamat dari Kekalahan

Bola.com, Jakarta - Dua klub Italia, Juventus dan AS Roma, mendapatkan hasil berbeda pada leg pertama semifinal Liga Europa, Jumat (12/5/2023) dini hari WIB. Juventus hampir kalah dari Sevilla, sementara AS Roma menang tipis atas Bayer Leverkusen.

Keberadaan Juventus dan AS Roma di semifinal Liga Europa membuat banyak yang mengharapkan adanya All Italian Final pada musim ini. Upaya untuk bisa mewujudkannya pun dimulai pada tadi malam.

Kedua klub Italia memulai semifinal Liga Europa dengan menjadi tim tuan rumah. Juventus menjamu Sevilla di Allianz Stadium, sementara AS Roma menjamu Bayer Leverkusen di Stadion Olimpico.

Hasil berbeda justru dialami oleh dua klub Italia itu. Juventus puas bermain imbang 1-1 dari Sevilla, sementara AS Roma meraih kemenangan 1-0 atas Bayer Leverkusen.

Berikut jalannya pertandingan leg pertama semifinal Liga Europa tersebut:

2 dari 4 halaman

Juventus Nyaris Kalah

Juventus dan Sevilla terlibat dalam pertarungan yang sangat sengit. Kedua tim sama-sama enggan mengalah dalam pertandingan leg pertama semifinal Liga Europa ini.

Namun, gawang Juventus bobol cukup cepat. Pada menit ke-26, Youssef En-Nesyri berhasil memaksimalkan umpan yang diberikan oleh Lucas Ocampos untuk membawa Sevilla unggul.

Tertinggal lebih dulu membuat Juventus melakukan tekanan yang lebih besar. Namun, tim asuhan Massimiliano Allegri itu tetap tertinggal 0-1 hingga paruh pertama pertandingan berakhir.

Sejumlah pergantian coba dilakukan oleh Massimiliano Allegri pada babak kedua, mulai dari Samuel Iling-Junior dan Federico Chiesa masuk menggantikan Filip Kostic dan Fabio Miretti pada awal babak kedua, hingga Federico Gatti dan Arkadiusz Milik yang masuk menggantikan Leonardo Bonucci dan Dusan Vlahovic pada menit ke-60.

Hingga akhirnya Paul Pogba masuk menggantikan Angel Di Maria pada menit ke-70, Juventus tetap kesulitan untuk bisa mendapatkan peluang guna menyamakan kedudukan.

Upaya Juventus untuk tidak kalah di depan pendukungnya begitu kuat. Hingga akhirnya Bianconeri berhasil mencetak gol penyeimbang kedudukan menjadi 1-1 pada masa injury time.

Federico Gatti mencetak gol yang menyelamatkan Juventus dari kekalahan lewat tandukan di depan gawang Sevilla setelah menerima umpan sundulan kepala dari Paul Pogba dalam kemelut di depan gawang. Gol tersebut menyelamatkan Juventus dari kekalahan di depan para pendukungnya.

 

 
3 dari 4 halaman

AS Roma Punya Modal Kemenangan untuk ke Final

Sementara itu, di pertandingan semifinal Liga Europa lain yang digelar di Olimpico Stadium, AS Roma juga menjalani laga ketat dengan Bayer Leverkusen.

Bahkan duel antara tim asuhan Jose Mourinho dan Xabi Alonso itu begitu ketat hingga tak ada gol tercipta pada babak pertama.

Baru pada babak kedua, AS Roma akhirnya bisa memecah kebuntuan. Tepatnya pada menit ke-62, Edoardo Bove mencetak gol untuk tim tuan rumah setelah memaksimalkan bola rebound setelah upaya Tammy Abraham mencetak gol masih bisa dihalau pertahanan Bayer Leverkusen.

AS Roma pun mencoba untuk langsung mempertahankan keunggulannya itu. Tim asuhan Jose Mourinho itu membuat para pemain Bayer Leverkusen kesulitan untuk melakukan serangan dalam sisa pertandingan.

 

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Juventus vs Sevilla

  • Juventus (3-5-1-1): Wojciech Szczesny; Danilo, Leonardo Bonucci, Alex Sandro; Juan Cuadrado, Fabio Miretti, Manuel Locatelli, Adrien Rabiot, Filip Kostic; Angel Di Maria; Dusan Vlahovic
  • Pelatih: Massimiliano Allegri
  • Sevilla (4-2-3-1): Yassine Bounoue; Jesus Navas; Loic Bade, Nemanja Gudelj, Marcos Acuna; Fernando, Ivan Rakitic; Lucas Ariel Ocampos, Oliver Torres, Bryan Gil; Youssef En-Nesyri
  • Pelatih: Jose Mendilibar

AS Roma vs Bayer Leverkusen

  • AS Roma (3-4-1-2): Rui Patricio; Gianluca Mancini, Bryan Cristante, Ibanez; Mehmet Zeki Celik, Edoardo Bove, Nemanja Matic, Leonardo Spinazzola; Lorenzo Pellegrini; Andrea Belotti, Tammy Abraham
  • Pelatih: Jose Mourinho
  • Bayer Leverkusen (3-4-2-1): Lucas Hradecky; Kouakou Odilon, Jonathan Tah, Edmon Tapsoba; Jeremie Frimpong, Exequiel Palacios, Robert Andrich, Piero Martin Hincapie; Moussa Diaby, Florian Wirtz; Adam Hloek
  • Pelatih: Xabi Alonso

Video Populer

Foto Populer