Sukses


Juventus Vs AS Roma Bisa Jadi Final Ideal di Liga Europa, Ini Syaratnya

Bola.com, Jakarta - Dua klub Italia, Juventus dan AS Roma, baru saja melewati leg pertama semifinal Liga Europa, Jumat (12/5/2023) dini hari WIB. Menariknya, kedua klub Liga Italia ini didukung untuk sama-sama lolos ke partai puncak dan menjadi All Italian Final.

Selain Juventus dan AS Roma, dua klub lain yang kini masih berlaga di Liga Europa adalah Sevilla dan Bayer Leverkusen.

Pada leg pertama semifinal, Juventus dan AS Roma mendapatkan hasil berbeda. AS Roma berhasil menang 1-0 atas Bayer Leverkusen.

Giallorossi berhasil menang berkat gol tunggal pemain muda Edoardo Bove pada menit ke-62. Bove memaksimalkan bola rebound setelah upaya Tammy Abraham menjebol gawang Bayer Leverkusen digagalkan.

Sementara itu, Juventus mengalami hal berbeda. Bianconeri nyaris kalah di depan para pendukungnya setelah lebih dulu kebobolan lewat gol Youssef En-Nesyri pada menit ke-26.

Juventus kesulitan untuk membalas hingga pada akhirnya kemelut di depan gawang yang terjadi pada menit ketujuh masa injury time berbuah gol tandukan dari Federico Gatti.

Dari hasil leg pertama semifinal Liga Europa itu, AS Roma dan Juventus sama-sama punya peluang untuk melangkah ke partai puncak dan mewujudkan All Italian Final di Puskas Arena, Budapest, Hungaria. Apa saja syaratnya agar final itu terwujud?

2 dari 4 halaman

AS Roma Hanya Perlu Main Imbang di Jerman, Menang Lebih Baik

Kemenangan 1-0 yang diraih AS Roma di depan para pendukungnya yang memadati Stadion Olimpico pada leg pertama semifinal Liga Europa, Jumat (12/5/2023) membuat tim asuhan Jose Mourinho itu punya modal yang bagus.

Bertandang ke BayArena pada Jumat (19/5/2023) dini hari WIB, AS Roma hanya perlu memastikan tidak kalah di kandang Bayer Leverkusen itu.

Hasil imbang saja sudah cukup bagi AS Roma untuk melangkah ke final Liga Europa. Tentu akan sangat bagus jika Il Lupi bisa meraih kemenangan di Jerman.

Jikapun kalah, AS Roma tetap bisa menghidupkan asa melangkah ke partai puncak selama hanya kalah dengan defisit satu gol yang memaksa pertandingan dilanjutkan dengan babak extra time hingga adu penalti. AS Roma wajib menang dalam fase itu.

3 dari 4 halaman

Juventus Wajib Menang di Spanyol

Setelah hanya bermain imbang di Allianz Stadium pada leg pertama semifinal Liga Europa, Jumat (12/5/2023) dini hari WIB, Juventus perlu performa yang lebih baik ketika bertandang ke Ramon Sanchez Pizjuan, markas Sevilla.

Meski tidak ada lagi aturan gol tandang, Juventus lebih baik untuk keluar menyerang dan meraih kemenangan di markas Sevilla. Walau harus diakui hal itu bukan perkara mudah, di mana Sevilla selalu kuat ketika bermain di kandang.

Kalah bukan pilihan bagi Juventus, sementara hasil imbang hanya akan membuat jantung para pemain dan penggemar berdetak lebih keras dan lebih lama.

Extra time dan adu penalti lebih baik tidak menjadi opsi utama ketika Juventus datang ke markas Sevilla. Bermain menyerang dan meraih gol lebih dulu akan menjadi hal yang lebih baik untuk lolos ke final dan mewujudkan all Italian final dengan AS Roma.

4 dari 4 halaman

Hasil dan Jadwal Semifinal Liga Europa

Leg pertama

Jumat, 12 Mei 2023

  • Juventus 1-1 Sevilla
  • AS Roma 1-0 Bayer Leverkusen

Leg kedua

Jumat, 19 Mei 2023

  • 02:00 WIB - Sevilla vs Juventus
  • 02:00 WIB - Byer Leverkusen vs AS Roma

Video Populer

Foto Populer