Sukses


Faktor-Faktor yang Bisa Membuat AC Milan Gagal ke Liga Champions Musim Depan

Bola.com, Jakarta - AC Milan terpuruk menjelang berakhirnya musim 2022/2023. Setelah babak belur di leg pertama semifinal Liga Champions dari Inter Milan, Rossoneri kembali bapuk di kompetisi domestik.

AC Milan baru saja remuk di kandang Spezia pada pekan ke-35 Serie A. Theo Hernandez dan kolega kalah dua gol tanpa balas, Minggu (14/5/2023) dini hari WIB.

Hasil itu membuat mereka berkutat di urutan lima klasemen dengan nilai 61. Milan tertinggal empat angka dari Lazio di posisi empat atau batas aman untuk tampil di Liga Champions musim depan.

AC Milan secara matematika masih bisa finis di posisi empat besar klasemen akhir Liga Italia. Kuncinya adalah mereka wajib menyapu bersih sisa kompetisi dengan kemenangan dan berharap tim seperti Inter Milan atau Lazio tergelincir.

Tapi hal itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada sejumlah hal yang bisa membuat AC Milan gagal total musim ini.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang bisa membuat AC Milan gagal tampil di Liga Champions musim depan.

2 dari 5 halaman

Masih Jeblok di Sisa Musim

AC Milan masih punya tiga pertandingan sisa di Serie A musim ini. Tiga pertandingan ke depan akan sangat menentukan bagi Rossoneri di posisi klasemen akhir.

Rafael Leao Cs akan menjamu rumah Sampdoria pada 21 Mei 2023 atau akhir pekan nanti untuk pertandingan ke-36. Di atas kertas AC Milan jelas lebih diunggulkan, mengingat Sampdoria sudah dipastikan turun kasta.

Jika menang, maka Milan masih bisa bernapas lega untuk kembali bersaing di zona Liga Champions. Tapi akan beda ceritanya jika kalah dari Sampdoria yang membuat langkah Milan bakal jauh makin berat.

Satu pekan kemudian, tepatnya 28 Mei 2023, AC Milan harus melawat ke markas Juventus untuk laga ke-37. Inilah yang akan menjadi batu sandungan terberat Milan di sisa musim ini, karena Juventus juga ngotot mengunci posisi kedua di bawah Napoli.

Pekan terakhir atau ke-38, Milan akan menjamu tim lemah Verona pada 4 Juni 2023. Verona juga berkutat di jurang degradasi, tentu punya ambisi besar untuk mencuri poin di markas Milan demi bertahan di Serie A.

3 dari 5 halaman

Juventus, Inter, dan Lazio Dapat Poin Maksimal

Ada tiga tim yang saat ini menjadi pesaing AC Milan dalam memburu tiket Liga Champions. Mereka adalah Juventus, Inter Milan, dan Lazio.

Juventus punya 66 poin disusul Inter Milan dengan nilai sama, tapi Bianconeri masih punya satu laga dini hari nanti kontra Cremonese. Sementara Lazio yang baru saja ditahan Lecce tadi malam, punya nilai 65.

Ketiga tim itu bisa menjadi penjegal AC Milan jika mereka mendapat poin maksimal di tiga laga tersisa. Juventus punya tiga laga tersisa selain melawan Cremonese (Vs Empoli, AC Milan, dan Udinese).

Inter Milan akan melawan Napoli, Atalanta, dan Torino di tiga laga tersisa. Sementara Lazio bersua Udinese, Cremonese, dan Empoli. Melihat jadwal pertandingan para pesaingnya, AC Milan memang dalam situasi terjepit.

4 dari 5 halaman

Gagal Juara Liga Champions Musim Ini

Satu-satunya jalan bagi AC Milan untuk tetap bisa bermain di Liga Champions musim depan adalah dengan menjuarai turnamen tersebut musim ini. Sebab tim juara Liga Champions berhak mendapat tiket otomatis untuk kembali berpartisipasi musim berikutnya.

Rossoneri sudah berada di semifinal. Tapi persoalannya adalah AC Milan sedang tertinggal 0-2 dari Inter Milan di leg pertama.

Tentu pasukan Stefano Pioli membutuhkan keajaiban untuk lolos dari lubang jarum. AC Milan minimal harus menang dengan selisih tiga gol atas Inter pada leg kedua tengah pekan ini.

Lagi-lagi perjalanan maha berat masih harus dilalui jika berhasil mendepak Inter. Sebab dua raksasa Manchester City atau Real Madrid sudah akan menunggunya di final.

5 dari 5 halaman

Intip Peta Persaingan di Serie A Musim Ini

Video Populer

Foto Populer