Sukses


10 Rivalitas Sepak Bola Terpanas di Dunia: Real Madrid Bukan yang Paling Ganas

Bola.com, Jakarta - Simak 10 rivalitas terhebat dalam dunia sepak bola yang persaingan antara kedua tim sangat panas dan mendarah daging. Laga tersebut biasanya selalu menjadi sorotan, beberapa di antaranya derbi, alias duel tim sekota. 

Laga derbi bukan sekadar pertandingan biasa. Ada intensitas, gairah, dan dalam beberapa kasus diwarnai kebencian mendalam.

Suporter biasanya tidak peduli kalah melawan tim manapun asalkan tidak keok saat derbi. Persaingan itu akan memanas beberapa hari sebelum bahkan sesudah laga derby.

Berikut 10 rivalitas sepak bola terpanas seluruh dunia. Langsung saja simak daftarnya dari peringkat ke-10 hingga pertama.

 

2 dari 11 halaman

10. Ah Ahly Vs Zamalek

Lebih dari 50 juta orang menonton pertandingan derby di Liga Mesir ini. Al Ahly datang untuk mewakili kemerdekaan nasional dan Zamalek merayakan perpaduan antara orang Mesir dan Eropa yang bermain bersama.

 

3 dari 11 halaman

9. Borussia Dortmund Vs Schalke

Bayangkan menghadiri pertandingan untuk mendukung Schalke di Yellow Wall Dortmund yang terkenal. Yang paling sengit pada era 1970-an, masalah ekonomi di wilayah Ruhr membuat para penggemar semakin beralih ke sepak bola sebagai pelarian.

 

4 dari 11 halaman

8. Gremio Vs Internacional

Di Brasil, Gremio awalnya adalah klub anggota yang hanya menyambut orang-orang keturunan Jerman. Hal itu menyebabkan sekelompok orang keturunan Italia membentuk Internacional dan persaingan sengit keduanya terjadi.

 

5 dari 11 halaman

7. Liverpool Vs Manchester United

Manhester United dan Liverpool adalah dua rumah kekuatan terbesar sepak bola Inggris. Meskipun bukan berasal dari kota yang sama tetapi pertemuan kedua tim ini akan lebih panas dibandingkan ketika menghadapi rival sesama tim sekotanya.

 

6 dari 11 halaman

6. Fenerbahce Vs Galatasaray

Fenerbahce dan Galatasaray mungkin menjadi terkenal karena atmosfer stadion mereka di Liga Champions yang begitu bergemuruh. Secara teknis, ini adalah persaingan antar benua, dengan Galatasaray di Eropa dan Fenerbahce di Asia.

 

7 dari 11 halaman

5. Lazio Vs AS Roma

Paolo Di Canio pernah mengklaim  penggemar Lazio lebih peduli untuk memenangi pertandingan ini daripada di posisi berapakah nantinya pada klasemen Serie A. Penampilan menjelang kick-off jika keduanya bersua benar-benar sesuatu yang harus dilihat.

 

8 dari 11 halaman

4. Nacional Vs Penarol

Ini adalah rival klub tertua di luar Inggris, tepatnya di Uruguay,. Kedua klub telah menampilkan derbi yang penuh warna selama lebih dari satu abad.

 

9 dari 11 halaman

3. Celtic Vs Rangers

Urusan lain tentang agama dan politik bercampur dalam sepak bola ketika Celtic dan Rangers saling berhadapan. Rivalitas panas itu kembali mencuat karena Rangers telah kembali untuk mulai menantang Celtic untuk menjadi penguasa Skotlandia.

 

10 dari 11 halaman

2. Barcelona Vs Real Madrid

El Clasico sering berarti taruhan besar kala Barcelona dan Real Madrid bersua. Permusuhan di antara keduanya bisa terlihat ketika Luis Figo mendapat lemparan kepala babi ke arahnya setelah pindah ke tim rival.

 

11 dari 11 halaman

1. Boca Juniors Vs River Plate

Rivalitas Boca Juniors versus River Plate di Argentina selalu tentang kelas sosial. Sekarang, lebih dari sebelumnya, ini juga murni, kebencian terhadap sepak bola itu sendiri dan harus diawasi oleh lebih dari 2.000 petugas.

Sumber: Planet Football

Video Populer

Foto Populer