Sukses


5 Tim yang Bikin Gempar Eropa di Musim 2022 / 2023: Kejutan Lens! Hanya Tertinggal Satu Poin dari PSG

Bola.com, Jakarta - Musim kompetisi 2022/2023 sudah berakhir. Liga-liga top di Eropa pun sudah menghasilkan tim-tim juara. Mereka yang akan berlaga di kompetisi Eropa musim depan seperti Liga Champions, Liga Europa, dan Conference League juga sudah dipastikan. 

Ada Manchester City di Premier League. Kemudian ada Napoli yang menjadi juara Serie A. Barcelona juga menjadi juara di La Liga Spanyol.

Paris Saint-Germain di Prancis dan Bayern Munchen di Jerman melengkapi daftar juara liga-liga top Eropa di musim 2022/2023.

Dari lim juara itu, mungkin hanya Napoli yang mengejutkan penampilannya. Mereka bisa kembali menjadi juara setelah terakhir kali melakukannya 32 tahun lalu.

Selain Napoli, ada lima klub lain di Eropa yang tampil mengejutkan di musim 2022/2023. Bola.com memiliki ulasan mengenai penampilan mereka di musim ini.

Simak ulasan khas kami di bawah ini.

2 dari 6 halaman

RC Lens

RC Lens tampil luar biasa di musim ini. Di luar dugaan, klub berjulukan Les Sang et Or itu mampu menjadi pesaing Paris Saint-Germain di Ligue 1 2022/2023.

Hebatnya, di akhir musim, RC Lens hanya tertinggal satu poin saja dari PSG yang menjadi juara Ligue 1 2022/2023. PSG memiliki 85 poin, sementara Lens mengumpulkan 84 poin.

Lois Openda menjadi bintang utama RC Lens di sepanjang musim 2022/2023. Penyerang muda asal Belgia itu mampu mencetak 21 gol dan empat assist.

Keberhsilan mengunci posisi runner-up Ligue 1 2022/2023, RC Lens berhak berlaga di Liga Champions musim depan. Sudah puluhan tahun Lens absen dari kompetisi antarklub paling bergengsi di Eropa itu.

3 dari 6 halaman

Union Berlin

Union Berlin mendapatkan tiket promosi ke Bundesliga pada musim 2020/2021. Menjalani musim ketiga di liga sepak bola level tertinggi di Jerman, Union langsung tampil hebat.

Mereka semoat berada pada jalur persaingan juara pada awal musim 2022/2023. Hebatnya, mereka tampil konsisten dan bisa meraih satu tiket ke Liga Champions 2023/2024.

Union Berlin tampil dengan kekuatan kolektif. Tidak ada pemain yang benar-benar menonjol di skuad asuhan Urs Fischer di musim ini.

Prestasi Union Berlin di musim ini terasa sangat manis. Apalagi setelah rival sekotanya, Hertha Berlin dipastikan terdegradasi dari Bundesliga.

4 dari 6 halaman

Aston Villa

Aston Villa masih berjuang di zona degradasi pada November 2022. Saat itu manajemen The Villans memutuskan mendepak Steven Gerrrard dan menggantikannya dengan Unai Emery.

Kedatangan Unai Emery mampu memberikan perubahan hebat bagi Aston Villa. Bukan hanya lepas dari zona degradasi, Villa bahkan mampu mengakhiri musim di zona Eropa.

Aston Villa menempati posisi ketujuh klasemen akhir Premier League 2022/2023 dengan 61 poin. Posisi itu membuat Olie Watkins dan kolega berlaga di UEFA Conference League musim depan.

Aston Villa sudah lama tak berlaga di kompetisi antarklub Eropa. Terakhir kali mereka melakukannya pada musim 2008/2009 dengan berlaga di Liga Europa.

5 dari 6 halaman

Newcastle United

Angin segar dirasakan oleh fans Newcastle United pada 2021. Saat itu konsorsium pengusaha dari Arab Saudi resmi menjadi pemilik baru klub berjulukan The Toon Army itu.

Menariknya, Newcastle United tak langusng jor-joran di bursa transfer. Mereka mendatangkan pemain dan pelatih sesuai dengen kebutuhan.

Kebijakan itu menuai hasil pada musim 2022/2023. Tim yang kini ditukangi Eddie Howe itu berhasil mengakhiri musim di posisi keempat Premier League.

Posisi itu sudah cukup membawa Newcastle United berlaga ke Liga Champions musim depan. Sudah 20 tahun, The Magpies tak berlaga di kompetisi bergengsi itu.

6 dari 6 halaman

Real Sociedad

Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid menjadi langganan penghuni zona Liga Champions dalam beberapa musim terakhir di La Liga Spanyol.

Di musim ini, ketiganya pun kembali mendapatkan predikat itu. Barcelona berhasil mengunci posisi pertama. Real Madrid di posisi kedua, dan Atletico ada di posisi ketiga.

Menariknya, satu tiket Liga Champions yang lain didapatkan oleh Real Sociedad. Tim yang berkandang di Reale Arena itu mengunci posisi keempat dengan 68 poin.

Real Sociedad sudah sangat lama absen dari Liga Champions. Terakhir kali mereka merasakannya pada musim 2013/2014.

Video Populer

Foto Populer