Sukses


Saat Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Landing di Dunia yang Berbeda Menuju Senja

Bola.com, Jakarta - Dua superstar sepak bola, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, telah meninggalkan pangggung Eropa. 

Cristiano pindah ke klub Arab Saudi, Al-Nassr pada Januari 2023 setelah kontraknya di Manchester United diputus karena sejumlah masalah. Messi menyusul landing di Amerika Serikat dengan gabung Inter Miami, tahun 2023.

Ada sedikit kesamaan situasi ketika mereka meninggalkan Eropa. Ronaldo bermasalah dengan MU, Messi juga tak memiliki hubungan yang harmonis dengan fans PSG menjelang akhir tahun kontraknya.

Satu keanehan yang menarik tentang kedua transfer ini adalah status kedua tim yang mereka ikuti saat pindah.

Fakta ini seolah menjadi satu di antara hipotesis tujuan dua bintang itu menuju akhir karier mereka dan sangat berbeda.

Berikut Bola.com mengulasnya.

2 dari 4 halaman

Beda Tujuan?

Lionel Messi secara resmi bergabung dengan tim terburuk di liganya karena Inter Miami berada di dasar Wilayah Timur MLS 2023.

Mereka berada di urutan kelima belas dari lima belas dengan hanya 15 poin dari 16 pertandingan. Mereka menang lima kali dan kalah dalam 11 pertandingan, mencetak 15 gol dan kebobolan 21 kali.

Ronaldo, sementara itu, bergabung dengan tim Saudi peringkat terbaik setelah pindah ke Al-Nassr. Al-Nassr berada di puncak Liga Pro Saudi ketika Ronaldo tiba kembali pada bulan Januari lalu.

Namun, Ronaldo tidak mampu mempertahankan mereka di puncak klasemen hingga akhir musim karena mereka disusul oleh Al-Ittihad, tim yang musim depan diperkuat Karim Benzema dan N'Golo Kante. Al-Ittihad finis lima poin di atas Al-Nassr saat musim liga berakhir.

Messi dan Ronaldo seolah beda tujuan setelah masa keemasan mereka berakhir. Messi memilih kenyamanan, terutama untuk keluarga, sedangkan Ronaldo masih mengincar kejayaan meski di benua lain.

3 dari 4 halaman

Messi Mencari Ketenangan

Lionel Messi memilih ketenangan dengan pindah ke Amerika Serikat. Kabarnya, keputusan ini juga didorong oleh sang istri, Antonella. Messi, yang mendapat tawaran 400 juta euro semusim dari klub Arab Saudi, Al Hilal, seolah sudah tidak mau lagi 'perang' dengan Cristiano Ronaldo.

Ia memilih menikmati sepak bola pada ujung karier dengan santai dan tanpa sorotan besar.

"Presiden Laporta memahami dan menghormati keputusan Messi untuk ingin bersaing di liga dengan tuntutan yang lebih sedikit, jauh dari sorotan dan tekanan yang dialaminya dalam beberapa tahun terakhir," demikian pernyataan Barcelona.

“Setelah memenangkan Piala Dunia dan tidak bisa pergi ke Barca, saya harus pergi ke liga Amerika untuk mengalami sepak bola dengan cara yang berbeda dan menikmati hari demi hari," kata Lionel Messi dalam wawancara dengan Mundo Deportivo dan Sport, dalam kutipan yang dilansir Barcelona Universal.

4 dari 4 halaman

End of an Era

Akhir sebuah era. Ini juga ditegaskan oleh legenda Manchester United, Wayne Rooney. Eks Timnas Inggris itu menyebut era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo akhirnya telah berakhir. Tapi, merekalah pesepak bola yang dia yakini saat ini sebagai yang terbaik di dunia.

“Lionel Messi adalah yang terhebat tetapi, pada saat ini, tidak ada yang bermain lebih baik daripada seorang striker yang meskipun saya sendiri memecahkan rekor di posisi itu, membuat saya takjub dengan level yang dia capai," tulis Rooney dalam kolomnya di The Times.

“Dia yang terbaik di dunia karena jumlah yang dia posting, penampilan yang dia tampilkan, dan mentalitas yang dia tunjukkan," lanjutnya.

“Kami pernah mengalami era Messi dan Cristiano Ronaldo, sekarang waktunya dia, era Haaland dan Kylian Mbappe. Ketika ada bakat seperti dia di sekitar Anda, Anda hanya harus menikmatinya, bahkan jika dia mengenakan seragam Manchester City," lanjutnya.

 

Video Populer

Foto Populer