Sukses


4 Kerugian Besar Barcelona karena Gagal Pulangkan Lionel Messi: Bakal Melempem Lagi di Eropa?

Bola.com, Jakarta - Terjawab sudah klub baru Lionel Messi setelah cabut dari Paris Saint-Germain (PSG). Bintang Timnas Argentina itu akhirnya memutuskan berseragam klub MLS atau Liga Amerika Serikat, Inter Miami.

Sebelumnya ada beberapa opsi klub yang bisa menjadi pelabuhan barunya setelah pergi dari PSG. Al Hilal dan Barcelona sempat mewarnai rumor masa depan Lionel Messi.

Inter Miami juga sudah mengumumkan bergabungnya Lionel Messi sebagai rekrutan baru mereka dan mempersiapkan nomor punggung keramat untuk Messi yaitu angka 10. Kedatangan peraih tujuh kali Ballon d’Or bakal membawa dampak besar bagi Inter Miami.

Sementara keputusan Lionel Messi bergabung dengan Inter Miami, secara tidak langsung membuat harapan Barcelona sirna. Tim raksasa Catalan itu sebenarnya keukeuh untuk memulangkan La Pulga.

Beberapa kerugian bakal ditanggung Barcelona setelah gagal memulangkan kembali Lionel Messi. Yuk simak ulasan menarik dari Bola.com berikut ini.

2 dari 7 halaman

Bisa Loyo di Liga Champions

Barcelona akan kembali tampil di Liga Champions musim depan dengan status juara La Liga. Blaugrana di bawah naungan Xavi Hernandez bakal banyak belajar setelah menjadi bulan-bulanan di fase grup musim 2022/2023.

Barca akhirnya terlempar ke play-off Liga Europa dan tersingkir di tangan Manchester United. Berbicara Liga Champions, Lionel Messi adalah termasuk rajanya dengan punya torehan 129 gol sepanjang sejarah.

La Pulga sudah mengoleksi tiga trofi Liga Champions bersama Barcelona. Dua musim yang hampa bersama PSG, sebenarnya bisa menjadi obat kerinduan, namun apa daya, karena Messi lebih memilih bergabung dengan Inter Miami.

3 dari 7 halaman

Lewandowski Masih Belum Dapat Partner Ideal

Barcelona punya sosok striker haus gol, Robert Lewandowski. Ia baru bergabung dengan Blaugrana di musim 2022/2023, dan langsung mempersembahkan gelar juara La Liga. Total ia mencetak 23 gol dan tujuh assist dalam 34 penampilan di Liga Spanyol.

Ada fakta menarik, bahwa Robert Lewandowski pernah berbicara mengenai rencana masa depannya bersama Barcelona. Striker asal Polandia itu mengungkapkan bahwa ia berniat untuk tetap bersama klub hingga 2026 serta keinginannya bermain bersama Lionel Messi.

Lewandowski telah bergabung ke Barcelona dari Bayern Munchen pada musim panas ini, setelah berhasil meraih segala macam prestasi bersama The Bavarians dan mencetak 334 gol selama delapan tahun.

Sebenarnya kolaborasi Lewandowski dengan Messi bakal membuat lini depan Barcelona tampak mengerikan. Akan tetapi hal itu tidak terjadi setelah Messi memilih bergabung dengan Inter Miami.

4 dari 7 halaman

Sektor Komersial Terpengaruh

Meski sudah berusia 35 tahun, Messi masih menjadi magnet di sepak bola dunia. Trofi Piala Dunia 2022 lalu menjadi bukti sebagai goresan tinta emas yang dibuatnya pada usia mendekati pensiun.

Keputusan Barcelona melepas Lionel Messi pada tahun 2021, membuat klub raksasa Spanyol itu kehilangan potensi pendapatan sebesar 137 juta euro. Nilai yang setara dengan Rp2,3 triliun tersebut berasal dari pendapatan terkait merek dan kepentingan komersial.

Menurut analis keuangan Brand Finance, dilansir dari AS, Barcelona kehilangan sponsor hingga 77 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun, serta 43 juta euro atau Rp726 miliar dalam penjualan jersey dan barang dagangan lain.

Nominal tersebut sebenarnya akan sangat berharga bagi Barcelona yang juga sedang dalam kondisi keuangan kacau.

5 dari 7 halaman

Barcelona Kembali Kehilangan Ruh

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez jelas bakal kecewa melihat mantan rekannya itu justru bergabung dengan Inter Miami. Diakui Xavi bahwa Messi adalah ruh di Barcelona.

Beberapa waktu lalu ia mengakui bahwa Lionel Messi adalah pesepakbola yang diinginkan banyak tim, termasuk Barcelona yang sudah merajut banyak pencapaian selama ia berada di Camp Nou.

"Saya sama sekali tidak ragu dia bisa banyak membantu kami dalam hal sepak bola," tutur Xavi dilansir dari ESPN.

"Dia memiliki semua kepercayaan diri dan antusiasme dari staf kami. Saya melihat bahwa dia dapat banyak membantu lini depan kami. Leo Messi selalu memberikan itu."

"Leo juga seorang pemimpin alami. Dia akan beradaptasi dengan sempurna dengan keadaan. Dia telah menjadi kapten klub ini yang telah menjadi pemain terbaik dalam sejarah dan tentu saja klub ini,” tegas Xavi.

Sumber: Berbagai sumber

6 dari 7 halaman

Intip Posisi Barcelona Musim Ini

7 dari 7 halaman

Ayo Tebak Juara Liga Champions Musim Ini

https://www.newshub.id/interactive2/4425

Video Populer

Foto Populer