Sukses


4 Wakil Kalah di Final Hingga Meninggalnya Silvio Berlusconi: 2023, Tahun Kelam Sepak Bola Italia!

Bola.com, Jakarta - Sepak bola Italia sempat mendominasi Eropa dan dunia. Pada era 1990-an, Serie A sempat menjadi liga paling populer dan paling kompetitf di dunia.

Timnas Italia juga sempat menjadi langganan lolos ke partai-partai penting di turnamen besar. Puncaknya, mereka berhasil menjadi juara pada Piala 2006.

Setelah itu sepak bola Italia perlahan mengalami pernurunan. Prestasi mereka baik di level klub mau pun Timnas jauh dari apa yang mereka capai pada era sebelumnya.

Harapan untuk bangkit muncul pada musim 2022/2023. Di mana ada tiga klub Italia yang berhasil melaju ke partai final tiga kompetisi Eropa.

Namun, harapan itu tak terwujud. Selain itu, ada beberapa kejadian tak mengenakkan lain yang terjadi di sepak bola Italia sepanjang 2023.

2 dari 4 halaman

Keok di Final

Fiorentina, AS Roma, dan Inter Milan berhasil lolos ke partai final tiga kompetisi Eropa. La Viola berlaga di final Europa Conference League.

Sementara AS Roma berlaga di final Liga Europa. Inter Milan mencatatkan rekor apik dengan lolos ke babak final Liga Champions.

Namun, ketiganya kalah pada tiga partai final itu. Fiorentina kalah 1-2 dari West Ham. Kemudian AS Roma kalah lewat babak adu penalti dari Sevilla.

Kemudian Inter Milan tak berdaya saat menghadapi Manchester City. La Beneamata kalah dengan skor tipis 0-1 dari City dalam laga final di Istabnul, Turki.

3 dari 4 halaman

Timnas Italia U-20 Gagal Juara

Timnas Italia U-20 berpeluang memberikan hiburan untuk publik Negeri Pizza. Skuad muda Azzurri berhasil melaju ke babak final Piala Dunia U-20 2023.

Timnas Italia U-20 menghadapi Timnas Uruguay U-20 pada babak final yang berlangsung di Argentina. Sayangnya, mereka kalah 0-1 dari Uruguay pada laga itu.

Meski demikian, Timnas Italia U-20 tetap pulang dengan membawa hiburan. Penyerang andalan mereka, Cesare Casadei mendapatkan gelar pemain terbaik.

4 dari 4 halaman

Silvio Berlusconi Meninggal Dunia

Meninggalnya Silvio Berlusconi menjadi kabar buruk terkini dari sepak bola Italia di sepanjang 2023. Berluscono meninggal dunia pada Senin (12/6/2023) waktu setempat.

Silvio Berlusconi bukan sosok yang sembarangan. Ia pernah lama menjabat sebagai perdana menteri Italia.

Selain itu, Silvio Berlusconi juga pernah lama menjadi presiden AC Milan. Kesuksesan Rossoneri kebanyakan diraih ketika era kepemimpinan Berlusconi.

 

Video Populer

Foto Populer