Sukses


Transfer Gila-gilaan Klub Arab Saudi Bikin Legenda Liverpool Kesal

Bola.com, Jakarta - Pundit sekaligus legenda Liverpool, Jamie Carragher, mengecam langkah transfer klub-klub Arab Saudi yang terus menarik bintang-bintang Eropa, terutama Premier League.

Setelah Cristiano Ronaldo sudah bermain di Arab Saudi sejak Januari 2023, Karim Benzema, N'Golo Kante, dan Hakim Ziyech, kini akan menyusul. Selain itu, masih ada beberapa bintang lain yang juga disinyalir akan merapat ke Arab Saudi.

Liga Pro Arab Saudi tengah menjadi pembicaraan akhir-akhir ini karena langkah gila-gilaan yang mereka lakukan untuk memboyong banyak bintang sepak bola di Eropa.

Karim Benzema dan N'Golo Kante memutuskan pindah ke Al Ittihad, Ruben Neves dikabarkan bakal meninggalkan Wolves untuk bergabung besama Al Hilal.

Sementara trio Chelsea, Edouard Mendy, Hakim Ziyech, dan Kalidou Koulibaly, masing-masing bergabung bersama Al Ahli, Al Nassr, dan Al Hilal di Liga Arab Saudi.

2 dari 4 halaman

Carragher Kesal

Menanggapi transfer tersebut, Jamie Carragher yang kini menjadi pundit menyampaikan pendapat pribadinya tentang klub Arab Saudi yang mendatangkan pemain dari klub top Eropa. Carragher menilai langkah itu harus segera dihentikan.

Menurutnya para pemain perlu mendapatkan ultimatum, terutama mereka yang sebenarnya masih memiliki karier yang panjang di Eropa agar tidak tergiur bermain di Timur Tengah karena uang.

Carragher merasa nama seperti Neves tak seharusnya pindah ke Arab Saudi saat ini karena usianya yang masih berkepala dua. Kariernya pun cukup cemerlang di Inggris, dan masih diminati banyak klub besar Eropa.

Carragher juga ingin Bernardo Silva melakukan hal yang sama seperti apa yang dilaukan rekan setimnya di Timnas Portugal itu.

3 dari 4 halaman

Mengecam Minat Klub Arab Saudi Terhadap Bernardo Silva

Seperti dikutip dari Twitter pribadinya, Carragher menuliskan pernyataan menohok tentang saga transfer untuk gelandang serang berusia 28 tahun itu. Carragher menganggap Bernardo Silva sedang beada di puncak kariernya.

Carragher khawatir sang pemain tergiur tawaran fantastis dari klub-klub Liga Pro Arab Saudi.

"Bernardo Silva sedang berada pada tahun-tahun puncaknya dan telah menjadi salah satu pemain terbaik di Eropa selama lima tahun terakhir!" ujar Carragher.

"Saya tidak khawatir mengenai Liga Saudi yang mengambil pemain berusia 30-an tahun, sedikit cemas dengan pemain di bawah elite, tetapi jika ini terjadi, itu akan mengubah permainan," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Jangan Dirusak dengan Uang

Carragher menganggap Arab Saudi telah merusak beberapa cabang olahraga karena keikutsertaannya yang menjadikan olahraga tidak lagi seimbang.

Ia tidak ingin sepak bola mengalami hal yang sama, dan tidak ingin para pemain memilih untuk memprioritaskan uang ketimbang hasrat bermain sepak bola itu sendiri.

"Saudi telah mengambil alih golf, pertarungan tinju besar, dan sekarang mereka ingin mengambil alih sepak bola! Pencucian olahraga ini harus dihentikan!" tegasnya.

Sumber: Goal, Twitter

Disadur dari: Bola.net (Vieri Firdausy Akhlaq/Gia Yuda Pradana, published 22/6/2023)

Video Populer

Foto Populer