Sukses


3 Eks Bintang Eropa yang Meredup Ketika Pindah ke Asia: Hilang dari Radar

Bola.com, Jakarta - Saudi Pro League belakangan terus menarik perhatian. Adanya investasi besar dari pemerintah setempat membuat klub-klub kontestan liga tersebut menjadi superior.

Kedatangan Cristiano Ronaldo ke Al-Nassr menjadi awal mula dari eksodus para bintang gaek Eropa menuju Arab Saudi. Terbaru ada N'Golo Kante dan Karim Benzema yang menerima tawaran dari klub besar Saudi Pro League yang lain, Al-Ittihad.

Dalam waktu dekat dua eks bintang Chelsea yang lain, Edouard Mendy dan Hakim Ziyech kabarnya akan segera menyusul. Juga nama-nama yang lain.

Formula yang diterapkan di Saudi Pro League sebenarnya tak asing lagi. Beberapa tahun silam, kita sempat dibuat takjub dengan keperkasaan Chinese Pro League.

Saat itu banyak juga bintang-bintang Eropa yang digaet ke Negeri Tirai Bambu. Sayangnya banyak dari bintang-bintang itu yang kemudian menghilang dari radar. Siapa saja mereka?

2 dari 4 halaman

Oscar

Salah satu playmaker terbaik yang dimiliki Brasil pada era 2010-an. Oscar punya teknik mumpuni. Ia pun tajam untuk urusan mencetak gol.

Oscar rela meninggalkan Chelsea dan sepak bola Eropa untuk bergabung dengan Shangai SIPG pada Januari 2017. Saat itu usianya masih cukup muda, yakni 26 tahun.

Menariknya sampai saat ini Oscar masih bermain untuk klub yang sama. Bahkan ia sudah mencatatkan lebih dari 180 penampilan di semua ajang untuk klub itu.

Namun, karier Oscar seakan habis. Sejak kepindahannya ke China, ia tak lagi mendapatkan panggilan untuk memperkuat Timnas Brasil.

 
3 dari 4 halaman

Jackson Martinez

Para penggemar FC Porto dan Atletico Madrid paham betul kualitas striker asal Kolombia ini. Jackson Martinez merupakan seorang predator yang garang di depan gawang lawan.

Martinez secara mengejutkan menerima tawaran untuk pindah ke Guangzhou Evergrande pada musim dingin 2016. Tawaran gaji yang besar jadi alasan saat itu.

Namun, karier Jackson Martinez di China gagal total. Ia kerap dilanda cedera dan mengalami proses adaptasi yang buruk. Sejak pindah ke China, namanya perlahan mulai menghilang dari peredaran.

 
4 dari 4 halaman

Carlos Tevez

Nama terakhir ini cukup menarik. Carlos Tevez tiba-tiba menerima tawaran untuk pindah dari Boca Juniors menuju Shanghai Shenhua pada Januari 2017.

Hal yang menjadi pemicu kepindahan Oscar ke Negeri Tirai Bambu adalah tawaran gaji fantastis dari Shenhua. Saat itu Tevez disebut menerima gaji hampir Rp12 miliar sepekan.

Ia sempat menjadi pemain dengan gaji termahal saat itu. Namun, Tevez tidak mampu menunjukkan penampilan terbaiknya di Shanghai.

Eks pemain Juventus, Manchester City, dan West Ham United itu hanya tampil 20 kali bersama Shanghai Shenhua. Tevez pun hanya mampu mencetak empat gol dan lima assist.

Video Populer

Foto Populer