Sukses


Mantan Pelatih Lionel Messi Waktu di Barcelona dan Timnas Argentina Ikut Gabung Inter Miami, Reuni Nih Ceritanya

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi berpeluang kembali bekerjasama dengan Tata Martino di Inter Miami. Tata Martino merupakan pelatih yang pernah membesut Messi ketika di Barcelona dan Timnas Argentina.

Tata Martino kabarnya akan diperkenalkan sebagai pelatih baru Inter Miami, tim yang juga akan dibela Lionel Messi setelah hengkang dari PSG di akhir musim 2022/2023.

Fox Sports via Daily Mail melaporkan bahwa mantan manajer Barcelona dan Argentina itu akan menjadi pelatih kepala baru Inter Miami.

Tata Martino, yang juga pernah menjuarai Piala MLS 2018 bersama Atlanta United, kabarnya akan diperkenalkan pada hari ini, Rabu (28/6/2023) waktu setempat.

2 dari 4 halaman

Pernah Kerja Sama

Tata Martino dan Lionel Messi sudah kerap bekerjasama dalam satu tim. Keduanya berada di Barcelona pada musim 2013/2014. Kemudian Tata Martino memimpin Messi dkk. di Timnas Argentina pada periode tahun 2014-2016.

Martino memimpin La Albiceleste ke dua penampilan final Copa America berturut-turut. Pada Piala Dunia 2022 Qatar, ia membesut Timnas Meksiko dan berujung pada pemecatan setelah timnya gagal melewati babak penyisihan grup.

Kedatangannya ke Inter Miami adalah untuk mengisi jabatan pelatih yang lowong setelah pemecatan pelatih sebelumnya yaitu Phil Neville awal bulan ini saat performa tim yang buruk.

3 dari 4 halaman

Selesaikan Kepindahan

Di sisi lain, Lionel Messi belum menyelesaikan kepindahannya secara tuntas ke Inter Miami. Ia  telah mengumumkan niatnya untuk bergabung dengan klub awal bulan ini.

Reuni kecil Barcelona tidak hanya antara Messi dengan Tata Martino, sebab Sergio Busquets yang merupakan rekan saat di Barcelona juga ikut berseragam Inter Miami.

Selanjutnya, Miami berniat menampung rekan lain Messi di Barca, Jordi Alba, seperti yang dilaporkan Marca. Miami saat ini berada pada posisi terakhir di Wilayah Timur dengan hanya 15 poin dari 18 pertandingan.

Sumber: Daily Mail

4 dari 4 halaman

Karier Tata Martino

Gerardo Martino mengawali karier sebagai pelatih di klub divisi bawah, Brown de Arrecifes, pada 1998. Meski sebentar, pengalaman ini membuatnya semakin lancar sebagai pelatih.

Beberapa klub pernah ia tangani. Namun, kesuksesannya terlihat pada saat melatih Libertad. Berkat moncernya bersama klub tersebut, ia ditunjuk sebagai pelatih tim nasional Paraguay pada 2006. Ternyata, sentuhannya mengesankan. Ia membawa Paraguay tampil di Piala Dunia 2010.

Setelah itu, musim 2013/2014, dia dipilih menggantikan Tito Vilanova sebagai pelatih Barcelona. Hanya semusim bersama Blaugrana, Martino juga sempat menukangi Argentina. Pada 2015, dia memimpin Argentina ke final Copa America, tapi kalah oleh tuan rumah Chile melalui adu penalti.

Video Populer

Foto Populer