Sukses


Deretan Nama-Nama Tenar yang Melanjutkan Karier di Liga Arab Saudi: Terbaru Steven Gerrard

Bola.com, Jakarta - Pada bursa transfer musim panas tahun ini, klub-klub Liga Arab Saudi banyak membuat kejutan. Memiliki dana melimpah, sejumlah tim di kompetisi kasta teratas Arab Saudi tersebut memboyong nama-nama tenar.

Satu di antara pemain bintang yang berhasil diboyong ke liga negeri Raja Salman tersebut adalah Karim Benzema. Seperti diketahui, durasi kerja Benzema bersama Real Madrid berakhir pada 30 Juni 2023.

Berstatus bebas transfer, Benzema diincar sejumlah klub Eropa, Arab Saudi, dan juga Amerika Serikat. Hingga akhirnya, Karim Benzema memutuskan bergabung ke klub papan atas Liga Arab Saudi, Al Ittihad.

Dengan bergabung ke Al Ittihad, Benzema menyusul mantan rekan setimnya di Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Namun berbeda dengan Karim Benzema, kapten Timnas Portugal itu hengkang ke Al Nassr.

Dua pemain Chelsea ikut menyusul ke Arab Saudi. Bek Kalidou Koulibaly merapat ke Al Hilal, sementara kiper Edouard Mendy resmi menjadi bagian dari klub promosi Al-Ahli.

Berikut ini adalah aktivitas transfer klub Liga Arab Saudi yang sukses menggaet pemain dan pelatih top dunia.

 

2 dari 8 halaman

Karim Benzema

Pemain berusia 35 tahun tersebut resmi bergabung dengan Al Ittihad pada 6 Juni 2023. Karim Benzema sepakat menandatangani kontrak berdurasi tiga musim, dan menerima bayaran Rp 3,1 triliun per tahun.

Kehadiran Benzema diprediksi bakal membuat lini serang Al Ittihad semakin tajam. Saat ini, juara Liga Arab Saudi musim lalu tersebut sudah memiliki empat striker, satu di antaranya adalah Romarinho.

 

3 dari 8 halaman

N'Golo Kante

Al Ittihad benar-benar aktif pada bursa transfer musim panas tahun ini dalam belanja pemain. Mendapat suntikan dana dari Public Investment Fund (PIF), Al Ittihad bisa menawarkan gaji selangit kepada pemain bintang Eropa.

Setelah Karim Benzema, klub yang dijuluki Nadi Al-Sha'ab tersebut meminang N'Golo Kante secara gratis, setelah durasi kerjanya di Chelsea berakhir pada 30 Juni 2023.

Al Ittihad memberikan kontrak berdurasi empat musim kepada Kante. Selain itu, mereka juga menggaji gelandang asal Prancis tersebut hingga Rp 1,2 triliun per tahun.

 

4 dari 8 halaman

Ruben Neves

Durasi kerja Neves bersama Wolverhampton Wanderers berakhir pada 30 Juni 2024. Namun, gelandang asal Portugal tersebut menolak memperpanjang kontraknya bersama The Wolves.

Situasi tersebut membuat Ruben Neves sempat dikaitkan dengan beberapa klub seperti Manchester United dan Barcelona. Namun, pemain berusia 26 tahun itu memilih untuk berkarier di luar Eropa.

Neves menerima tawaran untuk bergabung dengan Al Hilal pada 24 Juni 2023. Ruben Neves ditebus Al Hilal dari Wolverhampton dengan banderol 55 juta euro, dan mendapatkan kontrak hingga 2026.

 

5 dari 8 halaman

Kalidou Koulibaly

Pemain Timnas Senegal tersebut resmi meninggalkan Chelsea setelah hanya semusim di Stamford Bridge. Dia memutuskan hijrah ke klub Arab Saudi, Al Hilal, pada 25 Juni 2023 dengan banderol 23 juta euro.

Bek tengah berusia 32 tahun berkebangsaan Senegal itu telah resmi diperkenalkan Al Hilal. Koulibaly dikontrak selama tiga musim atau sampai 30 Juni 2026.

"Datang dari liga terkuat di dunia. Koulibaly, pemain Senegal ini adalah pemain Al Hilal," tulis akun media sosial resmi klub Saudi Pro League tersebut, Senin (26/6/2023).

 

6 dari 8 halaman

Edouard Mendy

Manajemen Chelsea dan Al-Ahli kompak mengumumkan secara resmi kepindahan Edouard Mendy ke Pro League Arab Saudi, Rabu (28/6/2023) malam WIB. Pengumuman tersiar melalui akun media sosial resmi klub.

Tidak disebutkan jumlah uang yang harus dikeluarkan Al-Ahli untuk mendapatkan penjaga gawang asal Senegal itu. Namun kabar menyebutkan klub promosi Pro League ini harus merogoh hingga £17 juta untuk mendapatkan tanda tangan Mendy.

 

7 dari 8 halaman

Marcelo Brozovic

Inter Milan resmi melepas Marcelo Brozovic ke Al Nassr pada Senin (3/7/2023). Inter menjual Brozovic ke Al Nassr dengan banderol yang mencapai 18 juta euro (Rp 300 miliar).

Bersama klub yang dijuluki Al-Alami tersebut, gelandang Timnas Kroasia tersebut mendapatkan bayaran 100 juta euro untuk tiga tahun. Selain itu, Marcelo Brozovic juga bakal menerima bonus 25 juta euro, tergantung performa sang pemain.

Kedatangan Brozovic tentu akan menjadi tambahan kekuatan yang menarik bagi Al Nassr. Bintang utama mereka, Cristiano Ronaldo akan mendapatkan teman baru sekaligus penyuplai bola yang jempolan.

 

8 dari 8 halaman

Steven Gerrard

Tak hanya pemain, klub Liga Arab Saudi juga mendatangkan nama tenar di posisi pelatih. Teranyar, Steven Gerrard digaet untuk duduk di kursi pelatih Al Ettifaq.

Padahal sebelumnya, Gerrard sempat menolak tawaran untuk mengasuh Al Ettifaq. Di sisi lain, tak disebutkan secara pasti durasi kontrak dan gaji yang diterima Gerrard dari Al Ettifaq.

"Di mana legenda ditemukan. Kami sangat senang mengumumkan Steven Gerrard sebagai pelatih kepala baru kami," tulis Al-Ettifaq di akun Twitter resmi klub.

"Dia tidak asing dengan trofi. Seorang Legenda yang membawa sejarah gemilang dan masa depan yang menarik bagi Ettifaq," lanjutnya.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer