Sukses


12 Pemain yang Buru-buru Tinggalkan Klubnya, Eh Malah Bersinar Terang

Bola.com, Jakarta - Ivan Fresneda laris manis. Sejumlah klub beken Eropa kini tengah saling sikut demi mendapatkan pemain muda Real Valladolid yang masih berusia 18 tahun itu.

Arsenal dan dua klub raksasa Spanyol, Real Madrid dan Barcelona, merupakan tiga dari sejumlah peminat yang tengah berjuang guna mengamankan tanda tangan Fresneda via jendela transfer musim panas 2023. 

Musim lalu, Fresneda sukses naik pangkat ke tim senior. Meski hanya mendapat kesempatan dalam 11 laga bersama tim berjuluk Pucela, Fresneda sudah membuat klub-klub pemantau klepek-klepek.

Sekarang semua berpulang kepada Fresneda. Bertahan atau membuka lembaran baru bersama klub anyar.

Pindah ke klub lain memang ngeri-ngeri sedap, terlebih bagi pemain muda macam Fresneda.

Namun, tak sedikit wonderkid yang justru bersinar kala memutuskan hengkang dari klub lamanya. Ini tentunya bisa menjadi acuan bagi Fresneda.

Berikut selusin eks pemain muda yang pernah meledak di klub barunya, dilansir Four Four Two.

 

2 dari 13 halaman

1. Marco Reus (Borussia Dortmund)

Marco Reus memang identik dengan Borussia Dortmund. Namun, dalam kariernya, bintang berusia 34 tahun ini pernah memutuskan hengkang dari klubnya itu sebelum kembali ke Signal Iduna Park pada 2011.

Soalnya, Dortmund merasa bersalah karena membiarkan gelandang yang kini berusia 34 tahun itu cabut ke Rot Weiss Ahlen dan kemudian Borussia Monchengladbach. Di dua klub tersebut, Reus tampil mengilap.

 

3 dari 13 halaman

2. Klaas-Jan Huntelaar (PSV)

Dia mungkin salah satu favorit fans Ajax. Tetapi, Huntelaar sebenarnya memulai karier dari klub rival, PSV.

Didatangkan pada 2000, sang striker membuat debut seniornya (dan satu-satunya penampilan) di bawah Guus Hiddink sebelum dipinjamkan ke De Graafschap dan AGOVV.

Penampilan ciamik Huntelaar membawanya ke Heerenveen secara permanen pada 2004. Ia sukses mengantongi 39 gol dalam 60 pertandingan. Dua tahun berselang, Ajax memilih menebusnya dengan nilai 9 juta euro.

 

4 dari 13 halaman

3. Juan Mata (Real Madrid)

Juan Mata paling sering dikaitkan dengan Valencia Spanyol, sehingga mudah untuk melupakan bahwa debut liga seniornya datang bersama Real Madrid Castilla pada 2006.

Sepuluh gol dalam 39 pertandingan memicu minat Los Che, yang merekrut playmaker tersebut dengan memicu klausul pelepasan dalam kontraknya.

Mata kemudian pindah dari Spanyol ke Inggris pada 2011, bergabung dengan Chelsea seharga 23,5 juta pounds.

 

5 dari 13 halaman

4. Ron-Robert Zieler (Manchester United)

Ada suatu masa ketika Manchester United mungkin menyesali keputusan untuk membiarkan Zieler meninggalkan Old Trafford pada 2010.

Kiper Jerman itu lalu bergabung dengan Hannover setelah gagal membuat terobosan di bawah Sir Alex Ferguson.

Zieler bermain hampir 200 kali di Bundesliga, sebelum bergabung dengan Leicester pada musim panas 2016. Namun, setelah gagal merebut kaus No.1 dari Kasper Schmeichel, dia kembali ke Bundesliga bersama Stuttgart dan sekali lagi menikmati momen terbaiknya.

 

6 dari 13 halaman

5. Loic Remy (Lyon)

Remy memang menjadi bagian tim yang memenangi Ligue 1 bersama Lyon pada 2007, tetapi perannya dalam kesuksesan tersebut sangat kecil.

Manajemen Lyon sama sekali tak menghalangi sang striker ketika Nice datang dengan tawaran rekor klub sebesar 8 juta euro pada 2008. Di klub barunya, Remy mencuri perhatian dengan torehan 26 gol liga dalam 68 penampilan.

Sang striker kemudian membela Marseille, QPR, dan Newcastle sebelum bergabung dengan Chelsea pada musim panas 2014. Setelah menjalani tugas di Las Palmas di Spanyol, ia kembali ke Prancis bersama Lille pada musim panas 2018.

 

7 dari 13 halaman

6. Samuel Eto'o (Real Madrid)

Eto'o memenangi tiga gelar La Liga dan dua Liga Champions di Barcelona. Tetapi, kariernya justru dimulai dari rival Barcelona, Real Madrid. Pemain Kamerun itu hanya tiga kali tampil untuk Real Madrid di La Liga, menghabiskan waktu dengan status pinjaman di Leganes, Espanyol, dan Mallorca sebelum bergabung secara permanen pada 2000.

Barca membawa Eto'o ke Catalonia empat tahun kemudian seharga 24 juta euro. Dia kemudian menjadi pemain kunci di bawah Frank Rijkaard dan Pep Guardiola, dengan dua gelar Liga Champions dan tiga gelar La Liga.

 

8 dari 13 halaman

7. Paul Pogba (Manchester United)

Agustus 2016 bukan pertama kalinya Pogba menandatangani kontrak dengan Manchester United.

Prancis itu awalnya bergabung dengan Setan Merah pada 2009, tetapi keinginannya untuk bermain bersama tim senior tak pernah terwujud.

Sang gelandang lalu memilih berkarier di Juventus setelah Inter dan Roma menolak kesempatan untuk mengontraknya. Di Turin, Pogba menghabiskan empat tahun sebelum Manchester United menghabiskan 89,3 juta pounds untuk membawanya kembali ke Old Trafford menjelang musim 2016/17.

 

9 dari 13 halaman

8. Cesc Fabregas (Barcelona)

Fabregas yang lahir di Barcelona melakukan hal yang tidak terpikirkan pada 2003. Ia meninggalkan klub masa kecilnya untuk bergabung dengan Arsenal.

Fabregas menjelma menjadi pemain penting bagi warga London utara, melakukan debutnya pada usia 16 tahun pada 2003. Ia kemudian diangkat menjadi kapten pada 2009.

Kesempatan untuk bergabung kembali dengan Barcelona dua tahun kemudian terlalu bagus untuk ditolak, tetapi pada akhirnya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan: setelah tiga tahun yang relatif tidak menyenangkan di kampung halaman, dia kembali ke Liga Premier bersama Chelsea pada 2014.

 

10 dari 13 halaman

9. Serge Gnabry (Arsenal)

Penyerang kelahiran Stuttgart itu bergabung dengan akademi Arsenal Hale End saat berusia 16 tahun dan tampaknya ditakdirkan untuk tim utama suatu hari nanti.

Gnabry kembali ke Arsenal dan memutuskan ingin pulang, meninggalkan Inggris terlebih dahulu ke Hoffenheim pergi ke Bayern Munchen.

 

11 dari 13 halaman

10. Alvaro Morata (Real Madrid)

Florentino Perez menyukai klausul pembelian kembali dan Presiden Real Madrid dengan bijak bersikeras ketika Morata pindah ke Juventus pada 2014.

Meskipun penyerang muda berbakat itu tidak dapat menggeser Karim Benzema di starting XI Madrid untuk pertama kalinya, dia menunjukkan kualitasnya dengan mencetak gol.

Perez mengaktifkan pembelian kembali pada Juni 2016. Morata mencetak 20 gol di semua kompetisi dan Chelsea membayar 60 juta pounds untuk jasanya.

 

12 dari 13 halaman

11. Adrien Rabiot (Manchester City)

Rabiot tampaknya tidak terlalu tertarik untuk bertahan di Manchester City pada 2008.

Gelandang itu hanya menghabiskan enam bulan di akademi Manchester City sebelum pulang ke Prancis.

Rabiot mengira akan bangkit ketika mencetak gol melawan The Citizens dalam pertandingan Liga Champions yang sulit pada April 2016.

Sayangnya bagi pria PSG itu, tim asuhan Manuel Pellegrini menang dan melaju ke semifinal. Dia bergabung dengan Juventus secara gratis setelah mengakhiri karirnya di PSG.

 

13 dari 13 halaman

12. Gerard Pique (Manchester United)

Pada 2008, Sir Alex Ferguson harus membuat keputusan: Jonny Evans atau Gerard Pique?

Melihat ke belakang berarti itu adalah keputusan yang mudah, tetapi pada saat itu Pique bukanlah yang terbaik.

Terjebak di belakang duet Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic yang tak tergoyahkan, bek kelahiran Barcelona itu memilih kembali bergabung dengan klub masa kecilnya pada 2008.

Dengan hanya 5 juta pounds, ia membuktikan perolehan yang brilian untuk Barça dan mengumpulkan hampir semua penghargaan utama yang tersedia, termasuk banyak gelar liga Spanyol dan tiga medali di Liga Champions.

Sumber: Four Four Two

Video Populer

Foto Populer